• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fakta-Fakta menarik seputar SEIKAN TUNNEL [ terowongan terpanjang di dunia]

e3dakAvatar border
TS
e3dak
Fakta-Fakta menarik seputar SEIKAN TUNNEL [ terowongan terpanjang di dunia]
mudah2 an bukan repost emoticon-Malu (S)



begini pengertian tunnel atau terowongan kalau di cari di google

tembusan dl tanah atau gunung (untuk jalan kereta api dsb);
-- jalan jalan yg dibuat dng cara menembus gunung (bukit) atau yg berada di bawah permukaan tanah atau air yg kedua ujungnya berhubungan langsung dng udara luar

nah jepang nih gan memank jago nya konstruksi..dari jembatan suspensi terpanjang di dunia ampe terowongan terpanjang di dunia ada di jepang..

alesan jepang membangun seikan tunnel dikarenakan butuhnya transportasi alternatif selain kapan ferry yang sering menghadapi bahaya sewaktu menyebrang..terutama setelah tahun 1954 angin topan menenggelamkan 5 kapal ferry..sejak itu dibangunlah SEIKAN TUNNEL..


berikut fakta-fakta mengenai SEIKAN TUNNEL

1. waktu pembangunan memerlukan waktu 24 tahun dimulai dari tahun 1964-1988 dengan sebanyak 3000 pekerja untuk menggali dan total korban jiwa 34

2. seikan tunnel memiliki panjang 53.85 kilometer dengan panjang dibawah laut nya adalah 23.3 kilometer dan 30.55 kilometer di tanah yang menghubungkan pulau Honshu dengan pulau hokkaido





3. radius kurva maksimum dari terowongan adalah 6.500 meter

4. kedalaman maksimum di bawah laut adalah 140 meter

5. terowongan di lewati 2 jalur shinkansen

6. pembangunan menghabiskan lebih kurang 85,000 tons semen

7. material baja yang digunakan adalah 17,000 tons

8. jumlah tanah yang diuruk lebih kurang mencapai 630 ribu meter persegi

9. lebih kurang 2,900 ton bahan peledak yang digunakan

10. 14 juta pekerja bekerja pada saat puncak konstruksi

11. terdapat 2 stasiun di bawah laut yaitu stasiun yoshika dan stasiun tappi masing2 berada 149.5m dan 135.0m di bawah laut.

Tappi station



Yoshioka station




12. total biaya yang habis adalah538.4 milyar yen atau 3.6 milyar US dollar

13. suhu di terowongan dijaga pada temperatur 20 derajat celcius dan kelembapan 80-90 percen.

14. pusat maintenance dibangun di dalam terowongan. dimana yang paling besar memiliki lebar 16m, tinggi 10m dan panjang 91m

update an lg gan..

15. tahun 1976 pada saat pembangunan pekerja mengenai batu karang yg lunak menyebabkan air menyembur masuk ke dalam terowongan dengan kecepatan 80 ton per menit. dibutuhkan wkt 2 bulan untuk mengendalikan banjir dlm terowongan..namun untung tidak ada korban jiwa..

sekian kata dari TS mohon maaf bila ada yg salah atau ada yg tersinggung emoticon-Malu (S)

mohon jgn emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh e3dak 27-08-2013 10:28
tien212700Avatar border
tien212700 memberi reputasi
1
6.7K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.