Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alanf1f1Avatar border
TS
alanf1f1
Etika Berinternet
SEBELUMNYA SAYA DISINI INGIN BERKATA TERIMA KASIH JIKA ANDA MEMBACA INI KARENA ANDA TELAH BERPARTISIPASI DALAM BERETIKA BAIK DI KEHIDUPAN NYATA MAUPUN DUNIA MAYA



AWAL KATA

Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.Tapi juga internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:



1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif

2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif

3. Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.



APA SAJA HAL YANG MEMPENGARUHI NETTIQUETE (ETIKA BERINTERNET) ?



1. Jangan Gunakan Huruf Kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.



2. Kutip Seperlunya

Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.



3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi

Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.



4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax

Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.



5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)

Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.



6. Hindari Personal Attack

Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.



7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)

Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.



8. Dilarang menghina Agama

Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara agama tertentu sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.



9. Cara bertanya yang baik

1. Gunakan bahasa yang sopan.

2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.

3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.

4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.

5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.



10. Ejaan yang benar

Komunikasi kita di internet mayoritas adalah komunikasi tertulis. Maka usahakan jangan banyak typo alias salah ketik atau salah ejaan, agar user lain mudah menangkap maksud kita.



11. Katakan yang sebenarnya

Berbohong di dunia maya itu bisa fatal akibatnya. Sebab informasi yang kita ketik dan kirim ke email atau posting di web akan tersimpan. Jika kelak kita mengatakan hal yang berbeda atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya, maka ada bukti sahih bahwa kita berbohong. Sebaiknya jangan berbohong, tapi juga tidak perlu mengumbar semua hal.



12. Jadilah dirimu sendiri

Tidak perlu memalsukan identitas dengan mengaku sebagai orang lain. Ini akan merugikan diri sendiri. Jadilah dirimu sendiri, tanpa perlu membuka semua informasi pribadimu.



13. Berbelanja di situs yang aman

Jika berminat melakukan e-shopping, yakinkan bahwa situs yang bersangkutan cukup aman. Setidaknya penjualnya bisa dipercaya. Sebab di situ kamu akan membagi informasi pribadi yang cukup penting, seperti nomor rekening dan nomor ponsel, bahkan alamat rumah.



14. Bersikap bijak

Cobalah untuk bersikap sebijak mungkin, dalam mengunggah profil diri, berbagi informasi, dan bersikap kepada sesama user internet. Pahami apa yang kira-kira layak atau tidak. Jangan terburu emosi saat kita memosting sesuatu. Tidak perlu terburu-buru dalam memutuskan apa yang layak di-share atau tidak.



15. Jangan kirim email tengah malam

Hormatilah user lain, sebab mengirim email itu sama dengan menelepon. Tentu kamu tidak suka kan jika tengah malam diganggu dering telepon atau notifikasi tanda email masuk? Kesannya tidak menghormati privasi orang.



16. Berbagi info akurat

Berbagi info artinya bukan asal info yang tidak jelas dan tak dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya saja kamu mendengar suatu berita yang belum pasti, dan kamu menyebarkannya, itu sama saja dengan kamu menyebarkan info yang tidak akurat. Jika ini dilakukan, orang akan menganggap kamu sebagai penyebar hoax atau berita bohong.



17. Hormati privasi

Jangan mengumbar cerita tentang temanmu di social media. Apalagi membocorkan rahasianya di timeline. Hormatilah privasi orang lain, maka kamu juga akan dihormati.



18. Pertimbangkan dulu

Pikirkan lebih dulu semua yang akan kamu posting, unggah, atau twit di social media. Jangan terlalu spontan. Sebab penyesalan datang belakangan.



19. Perbaiki kesalahan

Namanya juga manusia, selalu berpotensi berbuat salah. Jika itu terjadi, segera minta maaf dan perbaiki. Usahakan jangan mengulang kesalahan serupa. Ini akan membuat orang menilaimu sebagai orang yang bertanggungjawab, dan kamu akan dihormati.



20. Jangan mengutuk

Kalau kamu tidak suka dengan isi postingan seseorang atau twitnya, jangan kamu serang dia dengan kata-kata makian atau kutukan. Artinya kamu sudah memulai cyberbully, dan akan mendapatkan balasannya.













TERIMA KASIH JIKA ANDA MEMBACA DAN MEMAHAMI INI

KURANG LEBIHNYA SAYA MOHON MAAF

DAN SEGALA PERATURAN DARI SETIAP FORUM YANG PASTI ADALAH DIBUAT BUKAN UNTUK DITAKUTI TAPI UNTUK DIHORMAT



Sumber :

http://www.sarapanpagi.org/netiket-e...usi-vt721.html

http://networketiquette.net/index.html

http://netsains.net/2012/06/10-poin-...a-di-internet/

http://ictwatch.com/internetsehat/20...-social-media/
0
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.