Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

duditransformAvatar border
TS
duditransform
Ngatasin Stress di Tempat Kerja.
Bagaimana pengalaman Agan2 semuanya Ngatasin Stress di tempat Kerja.

Ini Tips dari Ane, ditunggu masukannya.

Sumber: [url]http://motivatortransformasi.com/manajemen-stress-di-tempat-kerja/[/URL]

Setiap kita melakukan aktifitas, apa yang kita hadapi di rumah, di jalan di kantor, terkadang membuat kita stress.

Stress di tempat kerja dipicu oleh beberapa hal, diantaranya, ide yang di tolak, rekan kerja tidak konsisten, peralatan kantor yang sebentar-sebentar rusak, jaringan internet yang lelet, terlalu banyak atau terlalu sedikit pekerjaan, tidak menyukai pekerjaan, kekhawatiran bakal dipecat, atau tidak bisa akur dengan atasan, hal tersebut dapat mengakibatkan perasaan tidak bahagia bahkan penurunan kinerja dan produktifitas.

Manajemen stress yang baik dapat merangsang orang untuk menjadi kreatif dan banyak akal, namun bila tidak dimanaje dengan baik, bukan hanya berdampak pada psikis namun juga pada fisik yang cukup parah.



Kadang kita tidak sadar bahwa diri kita sedang mengalami stress, Berikut ini tanda-tanda kita mengalami stress di tempat kerja:

  • Kecemasan berlebihan
  • Mudah Tersinggung
  • Bingung
  • Frustasi, marah dan benci
  • Kebosanan & Ketidakpuasan
  • Kehilangan fokus dan konsentrasi
  • Penurunan kepercayaan diri
  • Cenderung menarik diri & Perasaan dikucilkan
  • Kehilangan kreatifitas
  • Gangguan psikosomatis (Sakit lambung, sering pusing, migrain, tekanan darah)
  • Bad Mood & Mudah lelah
  • Insomnia


Sumber utama pemicu stress di kantor adalah:

Masalah Fisik & Kondisi Lapangan

Kelelahan, kebisingan, suhu dan kelembaban di ruangan kerja.

Masalah diluar Kerja.

Masalah di luar pekerjaan, seperti macet sepanjang perjalanan, rumah tangga kurang harmonis, perceraian dan masalah keuangan.

Beban Kerja tidak Seimbang.

Beban kerja yang tidak seimbang, di mana beban kerja terlalu banyak dapat menyebabkan ketegangan, sedangkan beban kerja yang terlalu sedikit dapat mengakibatkan kebosanan. Dua hal tersebut dapat menimbulkan stres.

Kewenangan.

Ketidakseimbangan antara Tugas/Tanggung jawab dan kewenangan dalam pengambilan keputusan.

Kompetensi

Kurangnya skill, knowledge, kompetensi membuat kita bekerja lebih lambat dan tidak produktif.

Ketidakjelasan

Ketidakjelasan tugas dan tanggung jawab, ketidakpastian aktifitas kerja, perubahan mendadak, situasi yang tidak dapat diprediksi atau ketidakjelasan tujuan perusahaan dapat memicu ketegangan.

Komunikasi & Kerjasama

Komunikasi yang tidak efektif dan kerjasama yang kurang baik mengakibatkan kerenggangan hubungan di tempat kerja yang bisa memicu permusuhan.

Kurang Dukungan

Kurangnya dukungan atasan, rekan kerja, akan mempersulit upaya mengatasi masalah-masalah dalam pekerjaan.

Merasa Tidak Punya Nilai Tambah

Bila kita merasa yang kita lakukan tidak berharga lagi di perusahaan, ada dan tidak nya kita tidak berpengaruh bagi perusahaan, rasa memiliki sudah hilang, kita akan lebih mudah tertekan.

Manajemen Stress

Setiap orang di dunia kerja tidak bisa lepas dari salah satu atau beberapa hal di atas, kita tidak bisa menghindar dari stress yang bisa kita lakukan adalah manajemen stress. Stress bisa dikelola dengan cara:

Relaksasi
Sediakan waktu untuk melakukan aktifitas sesuai hobi dan kesenangan, misalkan jalan-jalan, olahraga, musik, memasak dan hal lainnya yang dapat membuat kita rilex.

  • Berdiskusi dengan atasan atau HRD
  • Bersikap asertif.
  • Coaching & Mentoring
  • Bekerja dengan lebih efisien
  • Istrirahat yang cukup
  • Atur pola makan (Hindari lemak berlebihan, perbanyak protein)
  • Minum air putih
  • Tingkatkan kompetensi
  • Silaturahmi dengan orang-orang berenergi positif
  • Tonton film yang bisa memotivasi
  • Dengarkan lagu motivasi
  • Lupakan pekerjaan saat libur


Bila kita sudah melakukan berbagai cara namun stress masih mendera, bisa jadi suatu tanda profesi yang sedang kita geluti saat ini tidak cocok. Saatnya alih profesi atau bahkan menjadi wirausaha. Namun kita pastikan dulu bahwa masalahnya bukan pada diri kita. Berdiskusilah dengan orang-orang yang kita percayai dapat membantu kita menganalisis permasalahan sesungguhnya dan memotivasi kita untuk memecahkan nya.
Diubah oleh duditransform 21-06-2013 13:31
0
3.4K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)KASKUS Official
1.7KThread854Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.