Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

YmoedAvatar border
TS
Ymoed
Memperjelas Maksud Klien
Gan ane mau sharing sedikit tips dari Sandler yang ane dapet dari sini dan sini

Kira-kira gini yang dia tulis:

Setelah kita mempresentasikan produk, terkadang klien mengatakan, “terima kasih atas presentasinya ya pak, presentasinya bagus sekali. Kami tertarik sekali dengan produk Anda.”

Pertanyaannya adalah, sebenarnya maksud klien apa dengan tertarik sekali? Kita harus menanyakan kembali, “terima kasih, bapak sudah menyukai presentasi kami. Saya ingin menanyakan, sebenarnya ketika bapak berkata tertarik sekali dengan presentasi saya, sebenarnya maksudnya apa ya pak? Apakah bapak akan segera order produk kami? Ataukah kami harus menawarkan lebih lanjut? Ataukah kami harus menunggu sampai bapak ada keputusan apapun tentang hal ini?” Ketika kita tanyakan, pelanggan akan memperjelas, bahwa maksudnya adalah begini atau begitu.

Anda perlu menanyakan lebih jelas lagi, misalnya “Kalau bapak mengatakan bahwa kami harus memberikan presentasi lebih lanjut, sebaiknya kapan kami datang lagi ke tempat bapak?”

Dalam proses selling, terjadi banyak sekali kesalahan komunikasi, dimana kedua belah pihak saling berasumsi. Kita menganggap karena klien berkata bahwa harga kita terlalu mahal, berarti kalau harga diturunkan dia akan membeli. Tidak selalu begitu. Kadang orang hanya sekedar bicara saja, mengatakan harganya terlalu mahal. Maka kita harus menanyakan, “maaf pak, apa maksud bapak mengatakan terlalu mahal? Kalau harga dapat kami turunkan, apakah bapak akan segera order produk kami atau tidak?” Kita harus memperjelas maksud klien dan maksud kita sendiri supaya terjadi kesamaan paham yang tepat.

Pada titik dimana Anda mengalami jalan buntu dan tidak bisa menjawab kemauan klien, maka Anda mempunyai satu metode lain yaitu mengembalikan kepada klien tentang hal itu. Misalnya dengan berkata “baiklah pak, karena bapak menginginkan harga yang murah, dan kami hanya mempunyai produk yang harganya setaraf ini, dan kami tidak mungkin turun ke harga yang murah, bagaimana menurut pendapat bapak?” Kalau kita dapat memperjelas situasi, maka dengan lebih cepat dan tegas kita dapat menghemat waktu kita dan mencari solusi yang paling baik dan paling cepat.

Gimana menurut agan-agan? ada benernya juga ya.. kenapa gak kita coba aje ye?
0
559
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.