Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jpmi.infoAvatar border
TS
jpmi.info
Strategi Pemasaran Low Budget High Impact


Tempat menjual salah satu elemen penting bagi pemasaran. Inilah yang menjadi kanal pemasaran. Di era lawas, kanal pemasaran ini meliputi saluran perdana dari rantai distribusi alias wholesaler dan peritel. Jejaring distribusi ini mengenal istilah agen, distributor, diler, reseller, dan sebagainya.

Namun, kehadiran internet telah mengubahnya. Internet telah menjangkau banyak orang. Internet telah menghubungkan secara langsung antara produsen dan konsumen. Internet telah menyatukan konsumen dengan konsumen lainnya dalam wadah komunitas.

Masih mengacu pada buku “Connect, Surfing New Wave Marketing”, praktik kanalisasi distribusi ini berubah ke arah komunal baik di ranah online maupun offline. Apalagi produk yang dipasarkan di sini adalah produk hasil kreasi bersama pelanggan alias co-creation. Sebab itu, yang perlu dilakukan adalah aktivasi komunal. Anggota komunitaslah yang menjadi pelaku-pelaku pemasaran tersebut.

Kunci perusahaan agar sukses dalam melakukan aktivas komunal adalah membiarkan kebebasan bagi para anggota komunitas untuk merasakan dan memiliki pengalaman pada merek. Selain itu, untuk melakukan aktivasi komunal ini dibutuhkan konektor yang mampu menghubungkan merek dengan anggota komunitas serta menjadi pemicu dalam aktivitas pemasaran anggota komunitas baik secara online maupun offline. Dengan kata lain, seperti yang pernah dibahas dalam komunitisasi, pelanggan ini tidak diperlakukan sekadar sebagai database.

Biasanya, aktivasi komunal ini dengan gampang terjadi di merek-merek yang tergolong mahal serta mengusung eksklusivitas. Contoh gamblangnya Harley-Davidson. Tapi, beberapa produk massal pun sukses melakukan aktivasi komunal ini. Agen Seribu Sunlight, misalnya, menjadi satu kisah sukses bagaimana aktivasi komunal ini berujung pada pemasaran oleh anggota komunitas.

Di era saat ini, aktivasi komunal ini boleh dibilang sebagai strategi pemasaran yang low budget high impact. Kuncinya ada pada pengelolaan komunitas itu sendiri. Di komunitas ini, proses branding bisa dilakukan, termasuk dengan meminta testimoni dari anggota komunitas tentang produknya.




Jika berkenan, emoticon-Blue Guy Cendol (L)nya ya gan,,hehe


Lebih lengkap, lihat JPMI
0
2.1K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.