Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Strategi untuk UKM yang Bergerak di Jejaring Sosial

jpmi.infoAvatar border
TS
jpmi.info
Strategi untuk UKM yang Bergerak di Jejaring Sosial


Agan/sist merupakan pebisnis UKM dan ingin menggunakan jejaring sosial sebagai alat untuk berbisnis? Kami akan memberikan beberapa strategi sebagai paduan Agan/sist untuk mulai memanfaatkan Jejaring social. Berikut langkah-langkahnya:

1.Cobalah untuk secara aktif mendapatkan pelanggan melalui jejaring sosial

Pantaulah kegiatan di jejaring sosial dan pilihlah tren yang ada. Twitter dan LinkedIn merupakan alat-alat pengembangan yang sangat berguna saat entrepreneur harus mencari pelanggan baru. Dengan jejaring sosial, kita juga dimungkinkan untuk dapat mengetahui pasang surut hubungan dengan pelanggan. Dengan mencari konsumen potensial, akan lebih mudah untuk menghadapi mereka di event-event atau konferensi tanpa harus merasa menjadi pengganggu kesibukan mereka. Sebelum ada email dan ponsel, percakapan menjadi senjata utama namun kini berbagi artikel atau sesuatu yang berguna dan menarik. Dari sana percakapan yang lebih berisi dapat dimulai.

2.Dengar dan tanggapi

Dengarkan kata-kata orang di sekitar Agan/sist dan amatilah perkembangan statistik kemudian berikan tanggapan dalam berbagai bentuk yang sesuai sebagai garis pertahanan pertama Agan/sist jika krisis terjadi dan cara yang terbaik untuk membangun sebuah hubungan dengan pemberi komentar positif. Kegiatan digital seharusnya menjadi suatu kondisi konstan evolusi, sehingga jangan sampai Agan/sist menyepelekannya.

3.Miliki alasan yang kuat dalam eksistensi

Jangann merasa harus hadir dalam setiap platform jejaring sosial yang ada. Perusahaan Agan/sist perlu memiliki alasan yang jelas mengapa harus hadir di sana. Jangan hanya membuat pengikut dan fans bosan dengan interaksi satu arah. Buat mereka aktif terlibat dan berinteraksilah dengan mereka jika kondisi dan situasinya memungkinkan.

4.Belajar dari orang lain

Jadilah konsumen. Bicaralah dengan seseorang yang memiliki pemahaman dan kompetensi untuk melakukan kampanye digital melalui jejaring sosial. Belajarlah dari perusahaan dan orang-orang yang memiliki kepribadian menarik dan lihatlah apa yang mereka kerjakan. Berikan perhatian pada timeline (linimasa), bagaimana mereka menanggapi dan berpartisipasi dalam percakapan di jejaring sosial. Dengan alami, komunikasi akan terjalin dan tumbuh.

5.Storytelling penting

Jadilah orang yang piawai dalam mengisahkan pengalaman dan pengetahuan. Setiap orang memiliki pesan untuk disampaikan. Bahkan topik yang paling aneh dapat menarik perhatian orang.

6.Gunakan jejaring sosial untuk SEO

Search Engine Optimisation (SEO) berarti upaya yang dilakukan untuk dapat menduduki peringkat dan halaman pertama dalam hasil pencarian di Internet dan menjadi salah satu pihak yang diperhitungkan dalam bidang industri Agan/sist. Masukkan konten yang berkualitas, bangunlah interaksi dengan para pengikut dan fans, dan fokuslah pada apa yang Agan/sist dapat lakukan dengan baik dan jadilah pakar dalam bidang industri Agan/sist.

7.Bangkitkan minat sebelum beriklan

Gunakan jejaring sosial untuk menghasilkan percakapan ramai dalam komunitas yang relevan mengenai produk dan jasa Agan/sist. Para konsumen sering dipukau dengan cara perusahaan bekerja, dan jejaring sosial merupakan tempat yang tepat untuk mewujudkannya dan menciptakan basisi pengikut yang signifikan. Tanyakan pertanyaan yang akan menarik reaksi pengikut atau fans. Unggah gambar dan kisah lucu dan inspiratif atau semua hal yang masih berhubungan dengan tema besar Agan/sist untuk memicu interaksi.

8.Jangkau konsumen dengan mindset yang tepat

Mayoritas orang umumnya tidak bekerja dari pukul 9 pagi sampai 5 sore dan cobalah memberikan kesempatan untuk pengujian (testing) agar orang tertarik dengan produk Agan/sist. Buatlah sesuatu yang menarik, apakah itu berupa video, gambar, dan sebagainya. Lakukan sesuatu yang menarik pagan/sistngan dan mudah diingat orang.

9.Hindari layanan pelanggan di jejaring sosial

Saat hadir di jejaring sosial, jangan sampai Agan/sist biarkan ia sebagai tempat untuk para konsumen melayangkan keluhan tanpa terkendali. Pilihlah dan terapkan strategi menghadapi konsumen di social media, entah itu pujian atau cacian. Pastikan kritik disampaikan dengan jalur yang sesuai dan disampaikan lebih lanjut melalui suatu alamat surat elektronik tertentu atau nomor telepon tertentu.

10.Gunakan blog di dalam situs sebagai penarik pengunjung

Suatu blog yang menarik dan diperbarui secara teratur akan menjadi sumber informasi yang jelas dan menerangkan agenda Agan/sist. Gunakan blog dengan bijak dan pastikan di bawah artikel blog Agan/sist ada tombol berbagi konten yang memudahkan orang untuk berbagi konten blog Agan/sist ke jejaring sosial. Jika memang dibutuhkan suatu tindakan dari pembaca, berikan instruksi “Call to Actions” yang jelas.


Jika berkenan emoticon-Blue Guy Cendol (L)gan, tapi jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya..hehe

Lebih lanjut, lihat JPMI
0
911
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.