Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

crownabelleAvatar border
TS
crownabelle
Pengalaman belanja yg sangat tdk menyenangkan di "Raksasa"


Mumpung memory ttg belanja yg tdk menyenangkan di salah satu supermarket merk "raksasa" msh terekam dgn baik, ane mau share. supaya bs jd pengalaman atau bs jadi "referensi". Atau mungkin bs djadikan kritik atau masukan yg membangun bagi pihak YBS.

Tengah bulan, hari minggu malam, ane belanja elektronik dan rencananya mau belanja kbtuhan bulanan juga. langsung aja ya critanya...

ane beli suatu barang di lorong elektronik. setelah jadiin, si pelayan ngarahin ane utk bayar di "KASIR ELEKTRONIK". langsung ane jalan ke arah yg dimaksud. sampai disana, ane nemuin loket kasir elektronik dgn keadaan kosong, tanpa si kasir. beberapa pegawai yg sudah santai lg sender2 di meja kasir itu (ada 3 orang gan). ane tanya "Mas, saya mau bayar ini." . salah 1 dr mereka blg "wah, kasirnya lg belanja. bayar di kasir sana aja" (nunjuk ke kasir yg umum). baru bakal dorong trolly ane utk lanjut belanja lg, eh ada yg nyeletuk lg "itu dia kasirmya."

ane lgsg liat ke arah si org td ngmg. Salah 1 dr mereka teriak "woi, ada yg beli nih!". dan si kasir yg dtg smbl bawa belanjaanya berjalan dgn sangaaaat santai kya peragawati smbl sempet2nya nengok setiap lorong yg ada. (Ane msh bs sabar, udah mau jam setengah 9, mungkin dia cape kl jalan tergesa2). tmen2nya yg td sender2 ketawa kecil ngomongin sikap tuh kasir. Ohya perawakannya ibu2, mungkin umur 30 tahunan gt, dgn badannya agak isi, pakai jilbab, dan mukanya ketus.

begitu smpai ke meja kasir, dengan nada datar doi ngmg "emang ada yg beli yah?" dengan muka datar. HELLO, lo pikir gw lg matung di sini??? kesel krn doi bukannya mnt maaf kek udh bikin customer menunggu dan ngga ada senyummmm sedikitpun. ditambah dengan komennya yg ketus dan ga lucu SAMA SEKALI. gw rasa doi bukan cape, tp memang karakternya menyebalkan sperti itu. krn setelah berjalan seolah2 model di lorong td, doi ngga ada say sorry/basa-basinya. Buruk deh servicenya.
Percakapan singkat nan menyebalkan dimulai…..

ANE (G) : meletakkan barang di mejanya. Ane males bgt utk basa-basi abis digituin td. Biasanya kl kita belanja kan pelayanannya hangat ye macem “malam, ini ya belanjaanya…” atau minimal bgt senyummm man!

Dia (Dia = kasir) : (diam)…. “nanti ambil kartu garansinya di bagian informasi”.

Ane : masih diam, karena barang belanjaan ane kaga dibungkus (Cuma dikasih mcm stiker), sementara ane takut disangka belum bayar n di uber2 sm petugas. Tuh kasir ngga ngasih tau ane. Ane msh diem. Pacar ane stand by di samping agak jauh dr ane.

D : “ngapain lagi???!!” hardiknya dgn tatapan kecut asem kya ketek wktu doi ngmg bgtu ke ane. Asli deh, servicenya NOL besar. Gue heran, apa nih orang cabut mulu pas briefing atau pas ngelamar diganti sm orang lain??? Karena sikapnya buruk bgt.

A : “kok ngga dibungkus?” Tanya ane, bingung.

D : dengan muka SOK LELAH kaya udh ngmg sm gue ratusan kali, ngebales “Kan tadi sudah saya bilang, ambilnmya di bagian informasi!” You bastard, lo Cuma ngasih tau ambil kartu garansi tanpa jelasin nasib dus besar hasil belanjaan gue harus diapain!!

A : darah mendidih sampe meletup2 di dada gw. Rasanya pengen maki2 balik, tapi gue akan kelihatan sama buruknya dengan dia! Apalagi ane msh muda, ngga mau juga dilihat orang perangai ngga sopan walau ane benci bgt diperlakukan kya rendahan. Padahal ane customer gan! Hak konsumen utk dpt pelayanan hangat, sopan, dan baik!

Saat itu ane ngeleos tanpa lihat ke dia lagi. Ane langsung cabut.. Gue pun seumur-umur NGGA pernah diperlakukan pake bahasa “NGAPAIN???” dan “KAN” sm CS ataupun kasir. Gila!!

Cowok ane bengong setengah mati lihat ane diperlakukan seperti itu. Dan minta gue utk balik ke sana dan maki balik dia. Kalo cowo ane yg maju, bisa rame gan dan bisa jadi dia disangka banci beraninya sm ibu2. Cowok ane mukanya serem kya orang timur dan badan gede. Ane lakuin cara yg lebih berkelas, tanpa perlu maki balik. Ane Tanya nama tuh kasir bagian elktronik ke pegawai di counter bayi. Ane dikasih nama “X” dan ane Tanya dimana SPV-nya, karena ane mau laporin kejadian td. Doi aga takut ksh tau SPV dan nyuruh gw lapor sm org berjas di bagian luar (yg belakangan gw tau, dia hanya security).

Ngga puas bertanya sama dia, ane cabut. Dan sempat belanja keperluan yang lain sembari pikiran masih nuntut utk lapor. Ane balik lagi ke bagian elektronik, dan nemuin org yg td ane tanyain lg ngbrol serius sm si kasir monkey td. Ha, Mampus deh dia jd tau kejadian apa yg bakal dia dapat! Ane foto tuh orang dr kerjauhan sebagai bukti. Dan ane siap bertanggungjawab atas pelaporan dan bukti ini.

Selanjutnya, Ane bayar belanjaan ane di kasir umum. Dan ane Tanya ke kasir tsb dimana ane bs ngadep SPV atau manajer? Dan asyukurrrr bgt….. SPV utk bagian kasir berada ngga jauh dan ane akhirnya sampaiin complain ane ke dia.

Ane tunjukin fotonya dan cerita dari awal perlakuannya yg lamban dengan sengaja, menganggap ane si pembeli ngga ada, tanpa senyum dan tanpa maaf krn sudah dibuat menunggu, dan menghardik ane yg sangat ngga sopan.

SPV dengan wajah menyesal dan malu, doi meminta maaf dan berjanji akan menindak tegas si terlapor. Doi bilang persaingan supermarket makin tinggi dan hal-hal macam laporan kaya ane ini yg bisa nunjukin keengganan customer utk berbelanja kembali. sorry to say, ane rasa masih lebih baik pelayanan minimarket deket rumah drpda belanja super komplit di “raksasa” tadi. Kalau beli elektronik, ketahuan mending beli di pusat elektronik di Mall-nya deh… selain ramah dan hangat, ane dapat info yang lebih jelas ttg produk yang di mau-in. atauuuuu ane milih belanja di supermarket yang bergaransi senyum, pelayanan yang ramah dan sopan.

Berhubung ane lega bisa berbagi pengalaman ini dengan kaskuser, ane selesaikan ceritanya di sini. Hanya utk berbagi cerita. Dan kalau ada masalah serupa, hindarin pertengkaran atau membalas dengan perlakuan yang sama buruknya. Orang akan menilai sendiri posisi kita. Lebih baik sampaikan langsung ke atasan. Tapi kl keadaan memaksa, yaudah ributin aja skalian hahahhaa. Peaceee ^.^
Diubah oleh crownabelle 18-01-2013 07:08
0
3.9K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.