Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • 2009 : TNI AU membawa pulang kembali warga papua dari PNG.

betanoAvatar border
TS
betano
2009 : TNI AU membawa pulang kembali warga papua dari PNG.

No. 97/PR/XI/2009/53

Sebagai bentuk perlindungan WNI di luar negeri dan salah satu upaya untuk memenuhi tugas Departemen Luar Negeri dalam rangka program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu II, bekerjasama dengan instansi terkait di Indonesia akan merepatriasi 278 (dua ratus tujuh puluh delapan) warga Papua dari Papua New Guinea (PNG) yang menurut rencana akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI/AU.

Repatriasi warga Papua tersebut akan terbagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama berjumlah 124 (seratus dua puluh empat) repatrian direncanakan berangkat melalui Wewak pada tanggal 19 Nopember 2009, sementara kelompok kedua sejumlah 154 (seratus lima puluh empat) repatrian akan berangkat melalui Port Moresby pada 22 Nopember 2009.

Dubes RI untuk Port Moresby bersama dengan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Deplu serta Direktur Doklanvisfaskim Dephukham akan mendampingi repatrian tahap pertama melalui Wewak, PNG, dengan menggunakan pesawat Hercules untuk selanjutnya diserahkan kepada Wakil Gubernur Papua menuju ke penampungan sementara untuk seterusnya dibawa ke daerah yang telah dipersiapkan.

Repatriasi tahap kedua direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Nopember 2009 melalui Port Moresby dengan jumlah repatrian 154 orang yang didampingi oleh Duta Besar RI. Direktur Keamanan Diplomatik serta Kasubdit Bantuan Sosial dan Repatriasi WNI, Dit. Perlindungan WNI dan BHI akan melepas repatrian di Port Moresby yang direncanakan akan menuju Jayapura dengan menggunakan pesawat Hercules.

Bagi warga Papua yang saat ini masih berada di wilayah PNG, Deplu menghimbau dan mengajak untuk kembali ke wilayah Indonesia dan membangun Papua di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Deplu juga mengharapkan instansi-instansi terkait di dalam negeri dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing terhadap 278 repatrian.

 

Jakarta, 16 Nopember 2009

=================================
deplu


warga repatriasi
=====================

TNI AU ikut andil dalam pemulangan ini, operasi apakah ini.
mohon di share gan.
semoga warga papua yg ada di LN (yg terkatung katung) kembalilah ke pangkuan NKRI

[URL="https://[youtube]YK3YPx4OOJs"]ndang balio sri[/URL]
mirip beginilah ceritanya[/youtube]
Diubah oleh betano 03-01-2013 05:29
0
1.4K
0
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.2KAnggota
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.