Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • JK Soal 'Hinaan' ke Habibie: Balas Artikelnya, Kalau Perlu Lebih Keras

The_jimAvatar border
TS
The_jim
JK Soal 'Hinaan' ke Habibie: Balas Artikelnya, Kalau Perlu Lebih Keras
JK Soal 'Hinaan' ke Habibie: Balas Artikelnya, Kalau Perlu Lebih Keras


Yogyakarta - Hinaan mantan Menteri Penerangan Malaysia kepada mantan Presiden Habibie di Utusan Malaysia sangat disayangkan. Tidak perlu menarik duta besar, cukup membalas dengan tulisan. Kalau perlu lebih keras.

Demikian disampaikan mantan Wapres Jusuf Kalla usai meresmikan Student Entrepreneurship and Business Incubator (SEBI) di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jl Ring Road Selatan, Bantul, Yogyakarta, Kamis (13/12/2012).

JK menilai artikel di Utusan Malaysia merupakan dinamika pertarungan oposisi dengan pemerintah di Malaysia. Konteksnya tentu untuk menyerang tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim. Tidak seharusnya, pertarungan politik tersebut membawa-bawa nama pemimpin negara lain.

"Inikan pertarungan politik domestik Malaysia, sayangnya melibatkan mantan pimpinan nasional kita. Dan ini sangat tidak etis sama sekali," kata JK.

Artikel tersebut, menurut JK merupkan risiko dari demokrasi. Setiap orang bisa menulis sesuai pandangannya selama bertanggung jawab. Meski demikian, JK mengangggp perlu adanya bantahan. Tulisan harus dibalas dengan tulisan. Bantahan ini bisa dilakukan oleh Habibie sendiri atau juga melalui timnya.

"Sekarang ini kita tidak bisa lagi menyensor yang begini-beginian. Jadi caranya ya harus dibalas dengan tulisan pula secara terbuka. Kalau perlu tulisan itu harus lebih keras," kata JK.

Lebih lanjut, JK menyatakan tidak perlu berlebihan menanggapi artikel tersebut. Apalagi sampai menarik duta besar. "Berlebihan kalau harus menarik Dubes. Ini soalnya terbuka, jadi harus dibantah. Kalau perlu dengan kasar juga bantahnya," katanya.

Di rubrik Tajuk Rencana (editorial) koran Utusan Malaysia edisi Senin, 10 Desember 2012, mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainuddin Maidin menulis dengan judul "Persamaan BJ Habibie dengan Anwar Ibrahim". Di media yang dikontrol langsung pemerintah itu, Zainuddin menggambarkan Habibie sebagai sosok egois, memualkan, serta pengkhianat bangsa.

Habibie telah membaca artikel Zainuddin di koran yang merupakan corong pemerintah tersebut dan hanya tertawa saja. Kini Utusan Malaysia memblokir link kolom yang dipandang 'menghina Habibie' tersebut.

(try/try)

Ini ni, Muka yang menghina Mantan Presiden Kita
JK Soal 'Hinaan' ke Habibie: Balas Artikelnya, Kalau Perlu Lebih Keras

JK Soal 'Hinaan' ke Habibie: Balas Artikelnya, Kalau Perlu Lebih Keras

Jawaban Pak Habibie...
JK Soal 'Hinaan' ke Habibie: Balas Artikelnya, Kalau Perlu Lebih Keras
Emang enak dicuekin emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Kalo gak keberatan bagi emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)



Sumber : [URL="http://news.detik..com/read/2012/12/13/161051/2117816/10/jk-soal-hinaan-ke-habibie-balas-artikelnya-kalau-perlu-lebih-keras?9922022"]Klik aja[/URL]
0
2.1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.7KThread85.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.