rikoarizky
TS
rikoarizky
Setahun Runtuhnya Jembatan Mahakam II (Jembatan Kukar)

Maaf sebelumnya agan-agan, ini thread pertama ane pas gabung di kaskus. Ane nulis ulang thread ini karena thread ini nggak ikutan termigrasi ke new kaskus sekaligus mengenang sudah setahun runtuhnya jembatan yg disebut-sebut Golden Gate-nya Indonesia.

Mungkin berita ini udah cukup lama (hampir satu tahun yang lalu). Tapi nggak tau kenapa, apa yang ane liat di depan mata ane itu nggak bisa ilang-ilang dari memori ane sampe sekarang. Bahkan ane selalu parno kalo ngelintasi jembatan yg lumayan panjang.

Menjelang tutup tahun 2011 kemaren, kita dikagetin sama kejadian runtuhnya Jembatan Mahakam II di tenggarong, kutai kartanegara.
Spoiler for Penampakkan sesaat setelah jembatan kukar runtuh:

sebelum ambruk, jembatannya keren gan. Modelnya semacam jembatan gantung gitu. Ane juga lumayan sering lah jalan-jalan ke tenggarong, karena jarak dari kota ane ke tenggarong juga lumayan deket. Kalo pake sepeda motor, paling 30 menitan nyampe atau paling lama 45 menit lah. Salah satu tempat yang cukup enak buat dikunjungin itu di BJ gan, bawah jembatan. Selain tatanan disana rapi, anginnya juga sepoi-sepoi, terus jajanan disitu terbilang juga oke. Nggak kerasa aja nongkrong duduk-duduk disana, sejam dua jam berlalu. At least, ane ngerekomendasiin kota ini sebagai salah satu kota yang patut dikunjungin karena juga banyak objek wisata yang bagus seperti museum mulawarman, pulau kumala, museum kayu, dll deh.
Spoiler for Golden Gate SF (USA) dan IND:

Waktu itu jadi ceritanya hari sabtu gan. Ane sama someone ane, emang udah ada rencana pengen jalan-jalan ke tenggarong. Ane start dari rumah jam 2 siang dan sampai di daerah jembatan kira-kira jam 3 an kurang. Nah begitu naik di atas jembatan, ane sempat bingung karena ada semacam spanduk pemberitahuan gitu kalo di jembatan pada saat itu sedang ada proses pemeliharaan, terus kecepatan maksimum yang diperbolehkan 10 km/jam.

Pas ane melintas hampir di tengah jembatan, emang ada beberapa orang pekerja gitu gan. Mereka pake rompi orange hampir menyerupai rompi yang dipakai orang-orang yang kerja di pertambangan batubara. Pekerja-pekerja ini, ane nggak ngerti gan mereka itu persisnya lagi ngapain tapi yang pasti mereka kerja di jalur sebelah kanan (arah tenggarong kota ke tenggarong seberang). Dan itu artinya hanya satu jalur yang dipakai. Waktu ane melintas sih, volume kendaraan belom padat-padat banget sehingga nggak sampe terjadi kemacetan di atas jembatan. Dari situlah ane sempat mikir, "kenapa kalo ada proses pemeliharaan gitu, arus lalu lintas nggak dialihkan? Atau jembatan ditutup aja untuk sementara dulu gitu, kan riskan juga".

Singkat cerita, sampailah ane di tenggarong kota gan dan langsung ke penyebrangan pulau kumala. Pulau kumala itu pulau yang dibangun di atas sungai mahakam. Jadi untuk mengakses kesana, kita perlu nyebrang sungainya dulu. Kalo orang sini sih biasa manggil alat penyebrangannya itu dengan sebutan kapal ketinting atau kelotok.

Setelah nyampe di pulau kumala, akhirnya ane sama someone ane itu mutusin untuk keliling pulau dengan sepeda gan, sekedar info disana ada penyewaan sepeda gitu. Soalnya pulaunya terbilang cukup gede' lah, ya gempor juga kaki kalo jalan muter-muter. Ada juga semacam mobil wisata gitu, cuman ane lupa apa namanya emoticon-Malu (S)

Buat agan yg penasaran seperti apa sih Pulau Kumala itu, nih ane dah sempet posting disini gan. Dan akhirnya kami nyampe di ujung depan pulau. Disitu ada patung lembuswana. Lembuswana ini dalam mitologi masyarakat kutai dipercaya sebagai kendaraan spiritual raja mulawarman yang merupakan raja yang memegang kekuasaan pada saat kerajaan kutai kartanegara mencapai zaman keemasannya gan.
Spoiler for Patung Lembuswana:

Tanpa ane sadarin, ternyata someone ane ngabadi'in momen-momen disana dengan cara merekam video dari handphone emoticon-Malu (S)

dan kejadian itu pun terjadi gan emoticon-Berduka (S)
tiba-tiba aja kami denger suara gemuruh yang bener-bener keras, bukannya lebay gan tapi emang ngeri suaranya. Ane dengernya aja merinding dan ternyata suara gemuruh itu berasal dari jembatan yang ambruk. Bisa dibayangin gan, ngeliat kejadian begitu secara langsung? Mungkin sebagian dari agan bakal ada yang berpendapat "ah, biasa aja" tapi bagi ane kejadian itu bener-bener nakutin. Ane bener-bener ngerasa kalo maut itu deket banget sama ane emoticon-Takut.

bisa diliat gan, di gambar pertama itu kabel di atas jembatan sampe mengalami getaran. Terus di gambar yang kedua, keliatan di bawah pilar-pilar penyangga jembatan ada hempasan air gitu. Ane nggak mampu menganalisa secara lebih detail gan kenapa sebabnya, karena ilmu ane nggak nyampe kesitu.
Spoiler for Jembatannya masih ada nih gan:
Spoiler for Gambar yg sempet ane ambil:
Spoiler for video unggahan ane:


Akhir kata, ane nggak pengen nyari sensasi atau apa gan. Ane mau coba ngelepas phobia sama ketakutan ane karena kejadian itu dan salah satunya dengan menulis. Sampai sekarang pun, tiap kali ane ngelintas di Jembatan Mahakam I yang ngehubungin samarinda dengan samarinda seberang aja kadang suka parno sendiri. Makasih gan udah baca curhatan ane.
Spoiler for sumber:
0
4.6K
50
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThread80.2KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.