Amoebi14Avatar border
TS
Amoebi14
Sepeda Motor Sport Menggeliat
Jakarta, KompasOtomotif - Pasar sepeda motor nasional mulai dewasa! Tren tersebut terlihat dari peralihan segmen selama Januari-Oktober 2012. Setelah puluhan tahun jenis bebek atau underbone terus mendominasi pasar, kini beralih ke skutik. Sementara itu, jenis motor sport juga semakin banyak.


Urban Street Fighter, petarung jalanan yang parlente dari Honda CB150R (Teralis). Kombinasi warna dan pengaplikasian aksesori moge membuatnya lebih garang


Sosok V-Ixion Lightning ditawarkan dalam empat pilihan warna, Putih, Hitam, Silver dan Merah.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dari 6,025 juta unit yang sudah terjual, 10,7 persen atau jumlahnya 646.056 unit. Dibanding periode yang sama dengan tahun lalu, 559.524 unit, naik sekitar 100.000 unit atau 8,08 persen.

Jenis sport di Indonesia menyasar ke konsumen dengan penghasilan menengah ke atas. Sedangkan skutik dan bebek masih tetap mereka yang pertama kali membeli sepeda motor, konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Thomas Wijaya, Wakil GM Divisi Penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, makin besarnya penjualan sepeda motor sport di Indonesia menunjukkan membaiknya daya beli masyarakat Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat menjadi salah satu indikator makro, pendapatan penduduk Indonesia terus meningkat.

"Tren kenaikan penjualan sepeda motor dipengaruhi oleh kalangan menengah (middle class) yang terus bertambah meningkat," komentar Thomas kepada KompasOtomotif, semalam (7/11/2012). Ditambahkan, peluncuran model sport baru juga ikut mendorong pembelian.

"Terjadi pergeseran konsumen. Kalau sebelum sudah punya skutik atau bebek, untuk sepeda motor kedua mereka memilih jenis sport sebagai tunggangan pertamanya," beber Thomas. Sesuai tingkatan, sepeda motor sport akan tetap menjadi impian setiap biker.

Menengah
Penjualan sepeda motor sport di tanah air didominasi oleh segmen menengah, bermesin 150 cc. Beberapa model yang mengisi segmen ini adalah, Honda New Mega Pro, CBR 150R, Yamaha Byson, V-ixion, Kawasaki Ninja 150R, Ninja 150RR, KLX 150 dan D-Traker 150. Sedangkan bebek bermesin 150 cc juga terkadang dimasukkan ke segmen sport yakni, Suzuki Satria FU dan TVS Tormax.

Sepeda motor sport bermesin 150 cc, sepanjang 10 bulan pertama 2012 menguasai 90 persen lebih di segmennya. Faktor ini pula yang membuat produsen, seperti Honda dan Yamaha terus bersaing ketat di segmen ini. Di kala Yamaha memperkenalkan V-Ixion Lightning, Honda langsung menantang dengan CB150R Street Fire.

Ketua Umum AISI Gunadi Shinduwinata mengomentari tren tersebut. "Semakin sejahtera seseorang, ia akan membeli sepeda motor yang lebih bagus. Logikanya seperti itu saja," jelasnya. Gunadi meyakini, meski terus menyusut, jenis bebek tetap memiliki penggemar loyal dan tidak akan kehilangan pasar.

Pasar Sepeda Motor Sport Jan-Oktober 2012
Honda
New Mega Pro^ 107.929
CBR 150R 11.444
Tiger 17.932
CBR 250R 3.871
Yamaha Byson 100.266
V-ixion 274.229
Scorpio 11.111
SuzukiThunder 9.209
KawasakiNinja 150 ^ 26.836
Ninja 150RR 24.402
Ninja 250R * 14.851
TVSApache 160 2.282
Apache 180 673
Total 605.035
Ket:
^ (semua tipe)
*(model lawas dan baru)
Editor : Zulkifli BJ

www.kompas.com
0
1.8K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.