Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edy tansilAvatar border
TS
edy tansil
2013 indonesia dinobatkan sebagai pemimpin negara2 APEC
Jakarta - Rusia akan mendukung penuh kepemimpinan Indonesia pada Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC tahun 2013. Salah satunya melalui transfer of knowledge kepada Indonesia mengenai penyelenggaraan APEC Rusia 2012.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergei Lavrov dalam pertemuan dengan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia Djauhari Oratmangun di Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia, Jumat (2/11) lalu.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Indonesia yang telah mendukung kami sebagai Ketua APEC Russia 2012," kata Menlu Lavrov, seperti siaran pers yang diterima detikcom dari KBRI Moskow, Senin (5/11/2012).

Menurut Menlu Lavrov, Indonesia merupakan mitra penting bagi Rusia, seiring dengan meningkatnya kerjasama bilateral dan peran keduanya dalam berbagai kerjasama regional, seperti East Asia Summit (EAS), ASEAN Regional Forum (ARF) dan forum G-20. Pada tahun 2013 Rusia akan menjadi ketua G-20 dan mengharapkan mengharapkan dukungan penuh Indonesia.

Sementara itu, menyinggung hubungan bilateral, Menlu Lavov mencatat adanya peningkatan kerjasama yang signifikan di berbagai bidang, terutama ekonomi, perdagangan dan investasi. Berbagai proyek telah dipersiapkan untuk dimonitor dan diimplementasikan, seperti pertambangan nikel dan pembangunan jalur kereta api di Indonesia.

Kerjasama di bidang pendidikan, Menlu Lavrov berharap agar jumlah mahasiswa Indonesia yang studi di Rusia semakin meningkat di masa mendatang, termasuk kemungkinan Kemlu RI mengirimkan diplomat-diplomat juniornya untuk studi di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Rusia.

Pertemuan antara Dubes Djauhari dan Menlu Lavrov ini merupakan fenomena menarik. Jarang sekali Duta Besar negara sahabat diterima Menlu Rusia ini karena begitu padatnya agenda Menlu. Biasanya pertemuan-pertemuan dilakukan dengan Wakil Menlu.

"Hal ini menunjukkan indikasi positif dalam meningkatkan berbagai bentuk kerjasama dan menempatkan Indonesia ke posisi yang lebih penting bagi Rusia," kata Djauhari.

Pertemuan Dubes Djauhari dengan Menlu Lavrov dihadiri pula oleh Wakil Menlu Igor Morgulov dan Duta Besar yang baru Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Mikhail Galuzin. Pertemuan tersebut sekaligus melepas Mikhail Galuzin yang akan bertugas di Indonesia dalam waktu dekat.

(van/sip)

[url]http://news.detik..com/read/2012/11/05/235115/2082470/10/rusia-dukung-penuh-kepemimpinan-indonesia-pada-apec-2013?n991102605[/url]


Not bad indo not bad
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.