Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nova_fernandezAvatar border
TS
nova_fernandez
Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Banyak klien TS (a.k.a Kaskuser) yang menanyakan tentang bunga mawar biru. TS berprofesi sebagai seorang florist atau pedagang bunga emoticon-rose Karena langka penampakannya, mawar biru menjadi simbol sesuatu yang unik, misterius, atau kesungguhan dalam mencapai sesuatu yang impossible dalam berbagai kebudayaan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas sedikit-sedikit, sekalian membagi ilmu buat Agan-agan dan Sista-sista lainnya yaaa emoticon-Kiss

Bunga mawar telah dibudidayakan selama lebih dari 5000 tahun, dengan hampir 25000 jenis yang berbeda, meskipun warna yang secara umum sering muncul adalah merah, pink, orange, kuning, dan putih.

Mawar biru, yang sering digambarkan dalam berbagai literatur dan benda seni sebagai simbol cinta dan kemakmuran bagi siapa pun yang dapat menemukannya, pada dasarnya tidak tumbuh secara alami di bumi ini. Hal ini dikarenakan mawar kekurangan sebuah gen spesifik yang memiliki kemampuan menghasilkan pigmen biru. Umumnya, untuk menghasilkan warna biru yang diinginkan, florist (pedagang bunga) di seluruh dunia menggunakan berbagai macam teknik pewarnaan bunga pada mawar putih.


Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Mawar Biru yang Diwarnai dari Akar.
Photo Courtesy of Wikipedia


Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Bouquet Mawar Biru.
Photo Coutesy of Sentra Bunga Florist


Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Zubair Ibnu Al-Awam, yang ditulis pada abad ke 12 dan diterjemahkan ke bahasa Perancis oleh J.J Clement, dengan judul Le livre de l'agriculture, disebutkan bahwa mawar biru langit telah dikenal di daerah timur tengah. Mawar biru ini didapat dengan menyiramkan pewarna khusus ke akar tanaman bunga mawar putih. Proses ini dijelaskan dalam buku tersebut dan hasilnya sudah diduplikasikan oleh Joret, seorang ilmuwan terkemuka di Perancis pada masa itu.

Bunga mawar biru yang diberi pewarna dari akarnya memiliki batang dan daun yang juga kebiruan. Di Indonesia, bunga mawar biru jenis ini masih diimpor dari Holland, harga yang dibanderol berkisar Rp 70.000 - Rp 100.000 per batang.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan pewarna khusus bunga (Floral Spray) yang disemprotkan langsung ke kelopak bunga. Tampak tidak alami dan kurang classy, tapi mawar biru jenis ini harganya sangat murah dibanding yang diimpor dari Holland, karena dapat menggunakan mawar putih jenis lokal atau pun semi-holland (bibit impor, dibudidayakan di Indonesia).

Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Mawar Biru yang Disemprot Floral Spray.
Photo Courtesy of Wikipedia


Jadi apakah benar-benar tidak memungkinkan sebuah mawar tumbuh dengan warna biru secara alami?

Setelah hampir 20 tahun melakukan riset, sebuah perusahaan Australia - Florigene yang berkolaborasi dengan perusahaan Jepang - Suntory, akhirnya berhasil melakukan rekayasa genetika pada bunga mawar dengan menambahkan pigmen biru. Meskipun kedua perusahaan mendeskripsikan warna tersebut biru, tapi buat TS itu lebih terlihat seperti lavender emoticon-Malu (S)

Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Mawar Biru : Asli atau Palsu?
Mawar Biru Suntory.
Photo Courtesy of Suntory


Jadi pada intinya, akhirnya Mawar Biru yang agak lavender yang tumbuh secara alami sudah tersedia. Tapi dengar-dengar sih mawar rekayasa genetika ini per batang di banderol US$22 sampai US$35 emoticon-AmazedGimana menurut Agan-agan?

0
18K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.