Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EtanAvatar border
TS
Etan
Penipuan ATM berkedok pembeli online
Modus operandi penipuan lewat atm.

Permisi agan2. Numpang sharing neh.
Sebelumnya saya pernah mengiklankan mesin cacah kompos seken di [url=http://www.b*rn**ga.com.]www.b*rn**ga.com.[/url]
Kemarin tanggal 13 september seseorang telp saya. mengaku bernama HAJI DIMAN dari surabaya tertarik unt membeli mesin cacah saya. Tawar menawar terjadi dan deal dengan harga Rp. 4.5jt.
Beliau berjanji unt transfer uang ke rekening saya dan meminta "iklan saya segera didelete atau diberi label "SOLD"
Karena sudah deal, maka sayapun mendelete iklan saya.
Jam 4 sore beliau telp lagi menyatakan bahwa transferan sdh berhasil.
Saya disuruh cek ke atm terdekat dan mengabarkan status uang sdh masuk atau belum.
Setelah saya cek, ternyata uang blm masuk.
Saya langsung telp Pak HAJI DIMAN.
Beliau mengatakan bahwa mungkin ada keterlambatan pihak bank.
Kemudian beliau berinisiatif unt menelepon call centre bank bersangkutan
pada saat itu juga. Terdengar nada tunggu dari call centre bank tersebut.
Jadinya saya, HAJI DIMAN, dan call centre bank tersebut konferensi
lewat telp.
Kemudian pihak call centre bank tersebut (yg bernama Arif) menyuruh saya untuk bersama2 mengecek keberadaan uang yg telah ditransfer PAK HAJI DIMAN dengan cara cek saldo.
Kemudian Pak arif memandu saya untuk "cross cek" lewat atm saya.
Disinilah kejanggalan mulai terlihat.
Saya disuruh mengikuti step2 yang di dikte oleh Pak ARIF ini.
Step 1. masukkan kartu atm
step 2. msukkan pin
step 3. cek saldo. kemudian sebutkan jumlah saldo (sdh mulai janggal)
step 4. tekan "transfer"
step 5. tekan Rp.
step 6. msukkan jumlah sebesar xxxxxx (jumlahnya hanya sedikit dibawah saldo saya)

pada saat itu saya lsng menghentikan semua aktivitas di atm tersebut dengan menekan tombol "cancel"
Sebelumnya saya sudah curiga mulai pada step dimana pak arif minta diberi tahu jumlah saldo.

setelah saya tekan tombol cancel, pak arif lsng protes bahwa prosesnya
sedang berlangsung. tidak bisa dihentikan begitu saja.
dan Pak Haji DIMAN jg protes menanyakan bagaimana status uangnya yg "telah ditransfer ke rek saya".

Kepada Pak Arif, saya berkata "LOE MAU NIPU GUWE, GUWE GA TERTIPU, MASALAH BUAT LOE"
Kepada Pak Haji Diman, saya berkata "Kalau Sudah transfer ke nomer rek dan namanya saya, pasti masuk walau ada delay. Jadi Pak Haji Sabar saja. Kl tidak puas, silahkan protes ke bank yg bersangkutan"

Saya sempat mau melaporkan hal ini ke polisi. setelah saya timbang2, malah buang2 waktu.
Dan sayapun harus membuat iklan lagi (fiuuuh).

Pesan saya, berhati2lah kepada orang yg mengaku2 petugas call centre bank tertentu. karena nada tunggu telp dapat direcord dan diplay ulang. Dan berhati2hatilah pada step2 yang diberikan petugas call centre apabila bukan kita sendiri yang mentelpon dan menekan no telp call centre bank.

info tambahan: telp PAK HAJI DIMAN 081524375089.

Demikian sharing saya hari ini. semoga bermanfaat bagi agan2 semua.
Matur Suwun Rek.

(newbie, berjuang dan berusaha untuk mengumpulkan cendol)
0
3.5K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.