News
Batal
KATEGORI
link has been copied
4815
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008994943/serba-serbi-tilang
Assalamualaikum gan.. Ane cm mo bagi sedikit ilmu tentang lalu lintas terutama tilang dan segala hal yg berkaitan dengan hal tersebut pada agan2 sekalian,soalnya ane baca beberapa thread ttg tilang ada sedikit kesalahan konsep dari agan2… Langsung ja yah gan… Tilang adalah bukti pelanggaran,dmn berkas tilang itu ada 5 rangkap : 1.MERAH : diberikan pada pelanggar yg tdk koperatif dgn petugas n td
Lapor Hansip
06-06-2011 15:57

Serba Serbi Tilang

Assalamualaikum gan..

Ane cm mo bagi sedikit ilmu tentang lalu lintas terutama tilang dan segala hal yg berkaitan dengan hal tersebut pada agan2 sekalian,soalnya ane baca beberapa thread ttg tilang ada sedikit kesalahan konsep dari agan2…

Langsung ja yah gan…
tilang

tilang


tilang


Ni gan daftar denda2 tilang yg berlaku sekarang
keterangan

denda tilang

sumber : UU/22/2009 & PP 41-44 th 1993(aturan ini msh berlaku sampe ada penggantinya)

Sekian artikel dari saya,semoga bermanfaat
Quote:update aturan terkait lalu lintas
PP 32 th 2011 ttg MANAJEMEN DAN REKAYASA, ANALISIS DAMPAK, SERTA MANAJEMEN KEBUTUHAN LALU LINTAS
PP 37 th 2011 ttg FORUM LLAJ
PP 55 th 2012 ttg KENDARAAN
PP 80 th 2012 ttg PEMERIKSAAN KENDARAAN BERMOTOR
Perkap 5 th 2012 ttg Registrasi dan Indentifikasi Kendaraan
Perkap 9 th 2012 ttg SIM+lampirannya
PP 50 th 2010 ttg Penerimaan Negara Bukan Pajak di POLRI



SEBELUM TNY2 WAJIB BACA INI
Quote:Original Posted By update
Tambahan Tentang Tilang
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...77&postcount=6
Prosedur Sidang Tilang
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=9
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...09&postcount=5
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...5&postcount=82
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...8&postcount=83
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=319
Lampu Siang Hari
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6781802
Kontroversi Slip Merah n Biru
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=167
http://www.kaskus.co.id/show_post/52...c000007/2262/-
Masyarakat meriksa Polisi
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=313
Perbandingan dgn Aturan Luar Negri
http://abateny.org/mclaws.html
Mekanisme Slip Biru,pengembalian sisa denda tilang(pengalaman Kaskuser)
http://www.kaskus.co.id/show_post/54...f8b456c/3357/-

Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 244
Serba Serbi Tilang
06-06-2011 16:24
Quote:Serba Serbi Tilang
Quote:Tilang adalah bukti pelanggaran, dimana berkas tilang itu ada 5 rangkap :
1.MERAH : diberikan pada pelanggar yg tidak koperatif dengan petugas dan tidak mengaku salah, diselesaikan dengan sidang di pengadilan
2.BIRU : diberikan pada pelanggar yang kooperatif dengan petugas mengaku salah, berlaku denda maksimal, denda disetorkan melalui Bank yang ditunjuk
3.HIJAU : untuk pengadilan
4.PUTIH : untuk kejaksaan
5.KUNING : untuk arsip POLRI

Quote:
Tilang menggunakan system BAP singkat dan bersifat verztek (pelanggar dapat diwakilkan pada saat sidang)jadi tidak ada hubungannya dengan slip merah atau biru, dua2nya dpt diwakilkan

Quote:
Untuk denda-denda yang ada di daftar tilang adalah denda maksimal yang harus dibayarkan jika pelanggar tidak hadir sidang, denda itu bisa berkurang jika agan2 sekalian hadir sendiri di sidang dan bicara langsung dengan hakim.

Saat ini menurut Undang Undang, Polri tidak dapat menerima titipan denda, adapun jika agan minta diwakilkan pada sidang, agan-agan harus menyetor langsung ke Negara via Bank, seterusnya bukti setor tadi yang harus diserahkan ke Polri untuk dibawa ke sidang. Cuma ada beberapa daerah yg belum melaksanakan karena berbagai faktor. Salah satu contohnya …di GORONTALO, Pelanggar masih menyetor ke Polri karena belum ada Bank yang siap untuk pelaksanaan administrasinya, hal ini akibat otonomi daerah, …jadi tiap daerah tidak merata kesiapannya.

Serba Serbi Tilang
Quote:
Quote:
DENDA TILANG

Serba Serbi Tilang

Quote:
Berikut daftar sanksi tilang lalu lintas yang dikutip dari Divisi Humas Mabes Polri
  1. Pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) terancam pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.
  2. Pengendara yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dikurung paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
  3. Pengendara yang tidak memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor alias plat nomor terancam kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
  4. Pelanggaran syarat teknis laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, lampu mundur, pengelap kaca, bumper, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu untuk sepeda motor dan Rp 500 ribu untuk mobil.
  5. Pengendara mobil yang tidak membawa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
  6. Melanggar rambu lalu lintas terancam kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
  7. Melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
  8. Pengendara yang tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
  9. Tidak memakai sabuk keselamatan dipidana dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
  10. Pengendara atau penumpang sepeda motor yang tidak mengenakan helm standar nasional (SNI) dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250 ribu.
  11. Pengemudi yang tidak menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu dipidana dengan kurungan satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
  12. Mengendarai sepeda motor tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari dipenjara paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu.
  13. Berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.


Serba Serbi Tilang
Quote:
Quote:
PROSEDUR SIDANG TILANG DI PENGADILAN NEGERI

Serba Serbi Tilang
Sumber gambar website PN Jakarta Pusat

Quote:
"Siapa Bilang Sulit Mengurus Surat Tilang ???"

PROSEDUR PERKARA PELANGGARAN LALULINTAS (TILANG)
  1. Pelanggar mendaftar ke meja satu untuk menyerahkan bukti pelanggaran (lembar merah) ke petugas (pegawai pengadilan)
  2. Pelanggar akan mendapatkan nomor antrian
  3. Pelanggar menunggu panggilan untuk sidang
  4. Pelanggar akan dipanggil untuk mengikuti sidang oleh majelis Hakim
  5. Pelanggar membayar denda tilang sesuai dengan putusan hakim, ke petugas resmi (pegawai Kejaksaan Negeri)
  6. Pelanggar menerima bukti pelanggaran (SIM/STNK)
  7. Apabila pelanggar tidak hadir dalam persidangan, maka akan diputus verstek, dan pelanggar dapat mengambil barang bukti pelanggaran di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat Jl. Merpati Blok B-XII No. 5 Kemayoran Telp: 021-6545084 Fax: 021-6544983

Sumber: http://pn-jakartapusat.go.id/welcome...ew_page/0/2/51
Jika pengendara tidak menerima dakwaan, ia bisa mengajukan bukti penguat ketidaksalahannya. Kalau ini yang dipilih, prosesnya tentu akan lebih lama lagi. Sebab, pengadilan juga akan menguji bukti yang diajukan. Prosesnya tidak bisa sekali jalan. Sidang bakal kembali dilanjutkan. Setelah proses di pengadilan tingkat I (Negeri) tetap gagal. Dan pengendara tetap ngotot tidak menerima kesalahan, maka bisa mengajukan banding ke pengadilan lebih tinggi (Pengadilan Tinggi). Konsekuensinya, memakan waktu dan biaya lebih lagi. Pilihan menerima atau menolak keputusan tergantung.

Serba Serbi Tilang
Quote:
Quote:
SLIP MERAHATAU SLIP BIRU=DENDA MAKSIMAL

Serba Serbi Tilang

Quote:
Quote:SLIP TILANG MERAH
Pelanggar mengakui/tidak mengakui pelanggaran yang telah dilakukan, dan akan menyelesaikan perkara Tilang di PENGADILAN. Alternatif ini pelanggar akan menerima lembar warna MERAH. Besarnya denda sesuai hasil putusan sidang.

SLIP TILANG BIRU
Pelanggar mengakui pelanggaran yang telah dilakukan, dan akan menyelesaikan denda Tilang di bank BRI. Alternatif ini, petugas akan menulis denda maksimal yang dikenakan oleh UU pada lembar tilang. Apabila agan2 memang memiliki uang yang cukup, silahkan minta slip tilang BIRU. Datang ke bank BRI dengan membayar denda MAKSIMAL, lalu bawa tanda bukti pembayaran ke satuan yang menilang untuk mengambil barang bukti yang disita.

Noted: Keduanya, baik slip tilang merah maupun biru uang dendanya sama2 masuk ke pendapatan negara.
DASAR HUKUMNYA?

Pasal 267 UU No 22 Tahun 2009
  1. Setiap pelanggaran di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diperiksa menurut acara pemeriksaan cepat dapat dikenai pidana denda berdasarkan penetapan pengadilan.
  2. Acara pemeriksaan cepat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan tanpa kehadiran pelanggar. (3) Pelanggar yang tidak dapat hadir sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat menitipkan denda kepada bank yang ditunjuk oleh Pemerintah.
  3. Jumlah denda yang dititipkan kepada bank sebagaimana dimaksud pada ayat (3) sebesar denda maksimal yang dikenakan untuk setiap pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  4. Bukti penitipan uang denda wajib dilampirkan dalam berkas bukti pelanggaran.

Quote:
Quote:
GIMANA KALO TERLANJUR DAPAT SLIP TILANG BIRU TAPI GA MAMPU BAYAR DENDA MAKSIMAL ?

  • Setelah mendapat slip tilang biru, segera bayar ke bank yang ditunjuk untuk menyetorkan dendanya (sejumlah denda maksimal)
  • Ambil barang bukti yang disita ke Kesatuan yang menilang, dengan menunjukkan slip tilang biru dan bukti setoran ke bank.
  • Pada hari yang ditunjuk untuk sidang, silahkan mengikuti sidang di pengadilan yg ditunjuk.
  • Minta kwitansi dari Pengadilan sejumlah denda yang dijatuhkan di Pengadilan
  • Keesokan harinya datang ke Kantor Kejaksaan di wilayah anda kena tilang dan minta surat pengantar meminta kelebihan uang di Bank (mau langsung datang ke Kejaksaan untuk minta surat pengantar juga boleh, tapi besoknya setelah tanggal sidang)
  • Datang ke bank lagi untuk mengambil kembali uang kelebihan denda tilang tersebut (siapkan materai 6000/3000).

DASAR HUKUMNYA ?
Pasal 268 UU No 22/Tahun 2009
  1. Dalam hal putusan pengadilan menetapkan pidana denda lebih kecil daripada uang denda yang dititipkan, sisa uang denda harus diberitahukan kepada pelanggar untuk diambil.
  2. Sisa uang denda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang tidak diambil dalam waktu 1 (satu) tahun sejak penetapan putusan pengadilan disetorkan ke kas negara.

Serba Serbi Tilang


PENGALAMAN KASKUSER MENYELESAIKAN SLIP TILANG BIRU




Diubah oleh vitawulandari
0 0
0
Serba Serbi Tilang
06-06-2011 17:02
PENINDAKAN DI JALAN
***


80/2012 ttg penindakan di jalan
pasal 32
(6) Penyitaan atas Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf f dilakukan jika:
a. Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang sah pada waktu dilakukan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan;
b. pengemudi tidak memiliki Surat Izin Mengemudi;
c. terjadi pelanggaran atas persyaratan teknis dan persyaratan laik jalan Kendaraan Bermotor;
d. Kendaraan Bermotor diduga berasal dari hasil tindak pidana atau digunakan untuk melakukan tindak pidana; atau
e. Kendaraan Bermotor terlibat kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggalnya orang atau luka berat.


TUTUP PENTIL
***


ttup pentil gk da dlm uu gan,tp alangkah baiknya jika bnda tsb ttap terpsang,soalx bhy klo gk da,lama2 bisa merusak lobangx krn kotr n bikin bocor


STNK PAJAK MATI
***


Masalah stnk mati pajak.Klo atranx emg gk wjib ditilang slma stnk msh brlku,yg mti kn cm srt pjakx.tp da d bbrp daerah yg pmrnthx bkn MoU sm polisi bwt kndaraan yg pjakx mti mrka mnt tlg ditilang,biar pd ingt hrs byr pjak gan...cb agan cek d daerah agan......klo d grntlo tmpt ane kmrn,pemdax mnt tlg nilangin yg mati2 pjak,soalx bnyk yg gk byr2....gt gan....
biasanya kena di Pasal 288 = (1)tdk ada STNK/STCK : 2 bln / 500 ribu


BELOK KIRI
***


Soal belok kiri langsung di lampu merah,skrg dh gak boleh gan....skrg hrs ikuti isyarat lampu jadi ada gk da tandanya sdah dilarang...KECUALI ada rambu2 lain yg mnytkan belok kiri langsung,itu baru boleh gan(ps 287[2])

sm halnya dgn jalur busway,mmg bbrp dh ada rambu2 yg mlrg..tp yg gk,kn dh jelas di markanya itu jalur busway...jdi gk boleh

motor,plat kuning,kendaraan yg rodax lebih dari 4 seharus berada di jalur kiri ato lambat gan....supaya gk macet....

untuk modus anggota d lapangan,biasanya bny yg masih "mengancam" pelanggar agar mau damai dgn menggunakan bonggol tilang...
yg mn bonggol tilang...
itu letaknya di sobekan lembar tilang,yg ketinggal di buku tilang gan(ky buku cek gt gan,yg dipinggir2)
nah fungsi utama bongol tilang ini adalah utk menerima tanda bukti titipan denda tilang gan....cm karena sangat amt jarang dipake,makanya dijadikan oleh oknum sebagai media pelanggran kode etik gan....


TCKP/STCK
***


TCKB/STCK itu dpt dipergunakan hanya utk 5tujuan : psl 173 PP/44/1993
1.test drive
2.memindahkan kendaraan dari tempat penjual,distributor atau pabrikan ke tempat tertentu untuk mengganti atau melengkapi komponen penting dari kendaraan yang bersangkutan atau ke tempat pendaftaran kendaraan bermotor
3.memindahkan dari satu tempat penyimpanan di suatu pabrik ke tempat penyimpanan di pabrik lainnya
4.kendaraan tsb dlm taraf penelitian
5.pengangkutan dr showroom ke tempat buyer

diluar itu,DILARANG BEREDAR DI JALAN UMUM.



PROSEDUR SIDANG TILANG
***


Prosesnya, kalau mendapat surat tilang, cek tanggal sidang. Jangan lupa
pastikan di wilayah mana lokasi pelanggaran terjadi. Juga tempat sidang
tergantung wilayah pelanggaran dilakukan.

Kalau kena tilang di Jakarta Barat, berarti sidang berlangsung di Pengadilan
Negeri Jakarta Barat
. Kena di Bandung, walaupun orang Jakarta, sidang tetap
berlangsung di Pengadilan Negeri Bandung.

Untuk sidang, tentunya datang di hari yang sudah ditentukan di surat tilang.
Kemudian langsung menuju loket pendaftaran dan mengambil nomor urut sidang
.

Setelah mengambil nomor urut, tunggu giliran masuk ruang sidang. Hakim
menanyakan kesalahan si pengendara. Jika si pengendara setuju dan menerima
kesalahan, hakim tinggal ketok palu. Tok.tok.tok. Tanda sidang usai
.

Jika pengendara tidak menerima dakwaan, ia bisa mengajukan bukti penguat
ketidaksalahannya
. Kalau ini yang dipilih, prosesnya tentu akan lebih lama
lagi. Sebab, pengadilan juga akan menguji bukti yang diajukan. Prosesnya
tidak bisa sekali jalan. Sidang bakal kembali dilanjutkan.

Setelah proses di pengadilan tingkat I (Negeri) tetap gagal. Dan pengendara
tetap ngotot tidak menerima kesalahan, maka bisa mengajukan banding ke
pengadilan lebih tinggi (Pengadilan Tinggi)
. Konsekuensinya, memakan waktu
dan biaya lebih lagi. Pilihan menerima atau menolak keputusan tergantung.

Jika ketika jadwal sidang berhalangan hadir, denda tilang tetap bisa dibayar
lain waktu. "Tapi nggak perlu sidang. Karena denda sudah ditentukan hakim.
Pengendara dianggap menerima keputusan," tegas Aiptu Sumardi lagi.

Jika dianggap sudah selesai, bikers dipersilakan menuju loket pembayaran
untuk membayar denda sesuai keputusan yang ditetapkan Hakim. Baru deh
mengambil barang bukti yang disita polisi
. Beres.

yg ane bold adalah urutan2ya gan....
untuk denda pd saat sidang murni hak hakim mmnntukan berapa
yg tertera di undang2 adaldah denda maximal jika tdk bida hadir....

ALTERNATIF PENYELESAIAN TILANG
***


share dr malang
1.sidang sendiri
2.sidang diwakilkan

sidang sendiri dh jelas,pelanggar dtg sendiri ke ruang pengadilan...
sidang yg diwakilkan ini ada 2 versi:
1.sidang diwkilkan kepolisian dgn cara titip denda melalui bank yg ditunjuk
2.sidang diwakilkan oleh tmn/sodara qt yg dtg lsg ke ruang sidang.

psl yg mngtakan polisi tdk mnrima titipan denda/bukan ttipan sidang
psl 267(3-5) uu/22/2009
di pasal tsb disebutkan bhw titipan denda diserhkan kpd BANK YG DITUNJUK OLEH PEMERINTAH.tdk disebutkan titipan denda dititipakn kpd petugas polri


KNALPOT
***


mslh knalpot,bukan tampilannya yg dipermasalahkan gan...tapi bunyi atau suara yg dihasilkan oleh knalpot tsb....
jadi mw dy knalpot stndar atopun racing slma dy gk bising(tdk mngganggu masy/pengguna jalan lainnya) gk bakal kena tilang....klo ada polisi yg nilang krn knalpot racing,pdhl suaranya gk bising,agan boleh komplain.....mnta pndapat aja sm masy sekitar....

ada pasalx gan
Pasal 285 = (1)R2 tdk mmnuhi prsyrtan thknis n laik jlan,tdk lengkap komponen utamanya : 1 bln / 250 ribu

Quote:Pasal 285
(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu
rupiah).


peraturan menteri lingkungan hidup no 7 thn 2009
Pasal 1 angka 1 :

Ambang batas kebisingan kendaraan bermotor tipe baru adalah batas maksimum energi suara yang boleh dikeluarkan langsung dari mesin dan/atau transmisi kendaraan bermotor tipe baru

80 cc maksimal 80 dB
> 80 cc <175 cc maksimal 90 dB
> 175 cc maksimal 90 dB.


kalau pasalnya ada juga gan UU 22 thn 2009 pasal 210, 211 dan 212.
kalau agan tanya PP yg dimaksudkan pada pasal 210 ayat 2, itu bs mengacu pada PerMen diatas.

Quote:Pasal 210
(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang beroperasi di Jalan wajib memenuhi persyaratan ambang batas emisi gas buang dan tingkat kebisingan.

Pasal 211
Setiap pemilik dan/atau Pengemudi Kendaraan Bermotor dan Perusahaan Angkutan Umum wajib mencegah terjadinya pencemaran udara dan kebisingan.

Pasal 212
Setiap pemilik dan/atau Pengemudi Kendaraan Bermotor dan Perusahaan Angkutan Umum wajib melakukan perbaikan terhadap kendaraannya jika terjadi kerusakan yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran udara dan kebisingan.


berhubung alatnya mahal,maka sampe saat ini parameternya hny kuping petugas n kuping masy sekitar yg kebetulan ada dsna

Cara paling efektif agan bisa dtg aja k bengkel2 yg pny audiometer utk cek intensitas suara yg dihasilkan oleh knalpot agan, jika ada razia bisa tunjukin hasil tes tsb sebagai bukti knalpot agan memenuhi standart ambang kebisingan.


Quote:Original Posted By daniel.ldt

ijin bantu menambahi

bagaimana cara mengukur desibelnya? bagi yang punya Hape Android silahkan download aplikasi ‘Sound Meter’ di PlayStore , disitu banyak banget aplikasinya silahkan pilih satu trus download

Semoga bisa membantu, terima kasih


SURAT PERINTAH TUGAS
***


surat perintah tugas/SPRINGAS petugas lantas didapat begitu ybs dimutasi ke satuanx...disitu disebutkan bahwa ybs diperintahkan melaksanakn tugas n tanggung jwabx sebagai anggota lantas dgn sebaik2x....
adapun tugas n tanggung jawab ini ada dlm perkap/23/2010 tgl 30-09-2010
psl 59-62

Quote:
Paragraf 7
Satlantas

Pasal 59


(1) Satlantas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 huruf g merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolres.

(2) Satlantas bertugas melaksanakan Turjawali lalu lintas, pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmaslantas), pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dan pengemudi, penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum di bidang lalu lintas.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Satlantas menyelenggarakan fungsi:
a. pembinaan lalu lintas kepolisian;
b. pembinaan partisipasi masyarakat melalui kerja sama lintas sektoral, Dikmaslantas, dan pengkajian masalah di bidang lalu lintas;
c. pelaksanaan operasi kepolisian bidang lalu lintas dalam rangka penegakan hukum dan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas);
d. pelayanan administrasi registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta pengemudi;
e. pelaksanaan patroli jalan raya dan penindakan pelanggaran serta penanganan kecelakaan lalu lintas dalam rangka penegakan hukum, serta menjamin Kamseltibcarlantas di jalan raya;
f. pengamanan dan penyelamatan masyarakat pengguna jalan; dan
g. perawatan dan pemeliharaan peralatan dan kendaraan.

Pasal 60


Satlantas dipimpin oleh Kasatlantas yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres.

Pasal 61

Khusus pada Polres Tipe Metropolitan, Polrestabes, dan Polresta, Kasatlantas dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Wakil Kepala Satlantas (Wakasatlantas).

Pasal 62

Satlantas dalam melaksanakan tugas dibantu oleh:
a. Urusan Pembinaan Operasional (Urbinopsnal), yang bertugas melaksanakan pembinaan lalu lintas, melakukan kerja sama lintas sektoral, pengkajian masalah di bidang lalu lintas, pelaksanaan operasi kepolisian bidang lalu lintas dalam rangka penegakan hukum dan Kamseltibcarlantas, perawatan dan pemeliharaan peralatan dan kendaraan;
b. Urusan Administrasi dan Ketatausahaan (Urmintu), yang bertugas menyelenggarakan kegiatan administrasi dan ketatausahaan;
c. Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unitturjawali), yang bertugas melaksanakan kegiatan Turjawali dan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas dalam rangka penegakan hukum;
d. Unit Pendidikan Masyarakat dan Rekayasa (Unitdikyasa), yang bertugas melakukan pembinaan partisipasi masyarakat dan Dikmaslantas;
e. Unit Registrasi dan Identifikasi (Unitregident), yang bertugas melayani administrasi registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta pengemudi; dan
f. Unit Kecelakaan (Unitlaka), yang bertugas menangani kecelakaan lalu lintas dalam rangka penegakan hukum.


dlm psl 71(1;d) uu/22/2009 disebutkan bahwa pemilik kendaraan bermotor wajib melaporkan ke POLRI apabila ranmor digunakan scra terus menerus lebih dari 3bln di luar wil ranmor tsb di registrasi

aturan ini gk da sanksi pidanax gan.....jdi gk bisa ditilang....
tapi agan wajib lapor gan....


Quote:
Quote:
PP/44/1993
Pasal 72

(1) Kaca spion kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 huruf b, berjumlah dua buah atau lebih, kecuali sepeda motor.
(2) Kaca spion sebagaimana dimaksud dalam ayat (1),dibuat dari kaca atau bahan menyerupai kaca yang tidak merubah jarak dan bentuk orang dan/atau barang yang dilihat.
Pasal 74

Klakson sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 huruf d,harus dapat mengeluarkan bunyi yang dalam keadaan biasa dapat didengar pada jarak 60 meter.
Pasal 75

Peringatan bunyi berupa sirene hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :
a. petugas penegak hukum tertentu;
b. dinas pemadam kebakaran;
c. penanggulangan bencana;
d. kendaraan ambulance;
e. unit palang merah;

sbnrx gk da juklak yg menyatakan boleh ato tdk boleh ditilang 2x..(pp yg baru blm nongol2 nih).cm biasax anggota di lapangan melihat2 dl pelanggaran yg dilakukan itu sprti apa,klo fatal n sm sprti pelanggaran sblmx..akan ditilang gan,knp?supaya kapok gan...masa dh ditilang,trs ngulangin pelanggaran yg sama....
demikian juga dgn pelanggaran yg berbeda,biasax anggota gk bakal nilang dgn berbagai alsan,cm klo fatal..mau gak mau biasax akan ditilang gan....
sebenarx tujuan tilang ini utk mmbudayakan tertib lalu lintas,dgn harapan klo sdh kena sekali..akan lebih tertib lagi kedepanx gan...


MODIFIKASI PLAT NOMOR
Pengangkutan Barang
Pengangkutan Barang 2
Tilang karena Pajak Mati
Penggunaan lampu2 di kendaraan
Peletakan Plat nomor

FAQ: BACA DULU SEBELUM BERTANYA emoticon-army
***



Q : gan,ane kena pasal xxx...dendanya berapa ya gan?
A : untuk soal brp dendanya,murni semua keputusan hakim...hakim bebas menentukan brp denda yg harus dibayar.yg penting tdk boleh melebihi denda maksimal pasal yang dikenakan

Q : gan,pengadilan negri xxx dimana ya?
A : cek di google atau peta daerah masing2 aja gan,atau tanya2 di forum regional daerah agan...sebab pengasuh trit ini dan forpoler yg ada berasal dari seluruh indonesia...

Q : gan,ane kelewatan tanggal sidang gmn ya gan solusinya?
A : langsung cek ke kejaksaan gan.smw berkas dan barbuk tilang setelah lwat waktunya sidang akan diserahkan ke kejaksaan. silahkan ambil di kejaksaan masing2 dan soal biaya,trgntung pihak sana.

Q : gan,ane dh datang nih ke pengadilan sesuai tanggal di tilang.tapi kok kata org pengadilan berkas ane gk da gan??
A : agan cb samperin lsg ke satuan yg menilang agan,klo di jabodetabek cek stempel di pojok kanan atas...yang menilang dari satuan mana,klo dari ditlantas pmj atau mabes/korlantas...agan lsg samperin ke kantornya aja di pancoran...kantor ditlantas pmj dgn korlantas sebrang2an di pancoran.cari bagian gakkum/tilang
klo yg nilang dari polres,lsg ke sat lantas polres terkait..cari di bagian tilang


Q : gan,ane gk mau uang ane masuk ke kantong polisinya...makanya ane mnt slip biru,gmn tuh gan?
A : uang tilang gk akan masuk ke kantong polisi jika agan sdh menerima slip tilang baru menyerahkan uang ke polisinya....selama agan blm dapet slip tilang,kmudian agan menyerahkan uang ke polisi...itu positif pungli dan pemberi n penerima suap sama2 bersalah dalam uu tipikor.
untuk slip biru,akan dikenakan denda maksimal yg harus disetor ke kas negara melalui bank yang ditunjuk(untuk jabodetabek cek post #1 di trit keluhan)
Diubah oleh boltcrank
0 0
0
Post ini sudah di merge/move
Serba Serbi Tilang
06-06-2011 17:53
Quote:
Quote:
MENGAPA ADA RAZIA & TILANG?
Serba Serbi Tilang

Quote:Razia Kendaraan Bermotor dan Tilang bertujuan agar:
  • terpenuhinya persyaratan teknis dan laik jalan Kendaraan Bermotor;
  • terpenuhinya kelengkapan dokumen registrasi dan identifikasi pengemudi dan Kendaraan Bermotor serta dokumen perizinan dan kelengkapan Kendaraan Bermotor angkutan umum;
  • terdukungnya pengungkapan perkara tindak pidana; dan
  • terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas.


"Setiap kecelakaan lalu lintas, PASTI diawali oleh suatu pelanggaran!"

Naaaah... Untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas, maka polisi melakukan razia. Razia akan menyaring mana pengendara tertib, dan mana yang tidak tertib.

Apakah agan mau berkendara di jalan bersama-sama dengan pengendara liar yang tidak memiliki SIM? Agan2 setengah mati mendapatkan SIM, tapi orang yang tidak punya SIM bebas berkeliaran di jalan umum emoticon-Cape d... (S)


Quote:
Quote:
APA SAJA YANG DISITA KETIKA KENA TILANG?
Serba Serbi Tilang

Quote:Polisi sebagai Petugas Pemeriksa Kendaraan Bermotor di Jalan dapat melakukan penyitaan atas:
  • Surat Izin Mengemudi (SIM);
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK);
  • Surat izin penyelenggaraan angkutan umum;
  • Tanda bukti lulus uji;
  • Barang muatan; dan/atau
  • Kendaraan Bermotor yang agan gunakan melakukan pelanggaran.

Quote:Kendaraan agan akan disita jika:
  • Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan STNK yang sah pada waktu dilakukan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan;
  • pengemudi tidak memiliki SIM;
  • terjadi pelanggaran atas persyaratan teknis dan persyaratan laik jalan Kendaraan Bermotor;
  • Kendaraan Bermotor diduga berasal dari hasil tindak pidana atau digunakan untuk melakukan tindak pidana;
  • Kendaraan Bermotor terlibat kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggalnya orang atau luka berat.


Quote:
Quote:
TIPS UNTUK KASKUSER
Serba Serbi Tilang

Quote:
  • Pertama agan2 harus tenang, jangan panik. Atur nafas, yakinlah bahwa tilang adalah bentuk TIPIRING atau Tindak Pidana Ringan, dimana umumnya sanksi yang dikenakan adalah DENDA, bukan PENJARA, jadi santai aja.
  • Parkir kendaraan di tempat yang aman, kunci stang bagi kendaran roda dua. Kalau saat razia banyak pelanggar yang terjaring, tangan jahil bisa saja terjadi karena petugas polisi saat itu konsentrasi memeriksa kendaraan dan pengendara, jadi amankan kendaraan sendiri dulu.
  • Pastikan petugasnya membawa buku tilang. Jangan mau ditilang jika tidak diberikan slip tilang.
  • Kalau sudah yakin yang menilang adalah polisi yang baik dan sesuai prosedur, agan2 boleh meminta alternatif penyelesaian Tilang. Slip tilang merah untuk sidang, slip tilang biru untuk membayar denda ke bank.
  • Lebih waspada apabila berhadapan dengan polisi nakal. Langkah terbaik apabila agan2 langsung dimintai uang adalah langsung berkata, "Saya minta ditilang saja pak.. Kebetulan saya lagi tidak bawa uang.."
  • Kurangilah niat untuk mengucapkan "Damai saja pak.." Karena pungli terjadi saat bertemunya niat polisi dengan kesempatan yang diberikan oleh pelanggar itu sendiri.
  • Khusus kaskuser pelajar & mahasiswa yang katanya berpendidikan: Belajar berani menerima resiko. Berani melanggar, juga harus berani menerima tilang emoticon-shakehand
Diubah oleh vitawulandari
0 0
0
Post ini sudah di merge/move
Serba Serbi Tilang
07-06-2011 01:56
mohon petunjuk nya gan, ane mo bertanya sedikit
1. seandainya ane gak punya sim trus stnk yg ditilang, apa pas sidang nanti sudah harus membawa sim atau gimana ?
2. ada gak beda besaran biaya denda klo gak pake helm dg yang make knalpot racing gitu ? masing2 biaya denda sidangnya berapa ?
3. sidang dulu atau bayar denda dulu ya ?

makasih gan atas perhatiannya
0 0
0
Serba Serbi Tilang
07-06-2011 02:07

mau tanya

Gan ane mau sidang neh, ane ditilang gara2 gak nyalain lampu wktu siang.nah ane mau tanya kira2 kena brapa ya? Sama ane kan bru pertama kali sidang nah prosedurnya yg lengkap dan jelas tolong dishare dong gan thx emoticon-shakehand
Serba Serbi Tilang
0 0
0
Serba Serbi Tilang
07-06-2011 07:18

PENGALAMAN KASKUSER

Quote:Original Posted By bowo153
Agan2 semua, kebetulan ane baru aja datang sidang hari jumat yg lalu ke Pengadilan di Jalan Ampera Raya.

Sekitar 2 minggu yang lalu, hari sabtu ane kena tilang waktu ada operasi motor di Jalan Bintaro Raya. Selama ane di jakarta, baru kali itu ada operasi, tumben2an. Kebetulan SIM ane udah expired, krn belum sempet perpanjang.

Ya udah, ane ngaku aja SIMnya udah abis, si Pak Polisi nya pun langsung kasih ane surat tilangnya & STNK ane ditahan. Ga ada acara sidang di tempat (kyknya skr emg mau nunjukkin berubahnya citra polisi). Di surat tilangnya, udah ditulis kesalahan nya pasal berapa, lalu harus dateng ke sidang tanggal brp & dmn.

Ya sud, singkat kata, pas hari H, ane datang sekitar jam 9. Di parkirang sudah nongkrong beratus2 kendaraan, kyknya kena tilang jg. Eh, ada calo nawarin ane biar cepet pake jasa dia. Tp wkt ane tanya brp, bilangnya 25oribu, mahal amir! Ya sud, mending ane datang langsung aja.

Di sana udah ada petunjuknya koq.

1. Ke loket pendaftaran, kasih surat tilangnya, lalu dapet nomor antrian.
2. Antri ke ruang sidang yg ditunjuk
3. Tunggu dipanggil
4. Menghadap hakim (cepet banget, hakim langsung kasih tau dendanya berapa, ane kena Rp 60ribu
5. Antri di loket pembayaran
6. Dipanggil, bayar & langsung dapet STNK nya

Lain kali, kalo kena tilang, ane sarankan untuk dateng sepagi mungkin, biar dapat no. antrian yang duluan. Lalu jgn pernah pake calo, krn pst lebih mahal.

Semoga berguna ya...

emoticon-Toast
Diubah oleh vitawulandari
0 0
0
Serba Serbi Tilang
07-06-2011 07:22
Quote:Original Posted By BujangLugu
mohon petunjuk nya gan, ane mo bertanya sedikit
1. seandainya ane gak punya sim trus stnk yg ditilang, apa pas sidang nanti sudah harus membawa sim atau gimana ?
2. ada gak beda besaran biaya denda klo gak pake helm dg yang make knalpot racing gitu ? masing2 biaya denda sidangnya berapa ?
3. sidang dulu atau bayar denda dulu ya ?

makasih gan atas perhatiannya


1. bawa aja semuanya gan,takutnya ditnya sm hakim...
2. tentu beda gan,yg tertera di undang2 cm denda maximal,klo di sidang tergantung hakim
3. terserah agan,mw ikut sidang ato gak...klo gk ikut yg lsg byr denda gan...tp klo ikut,y sidang dulu gan....
liat spoiler update
0 0
0
Serba Serbi Tilang
07-06-2011 07:57
Quote:Original Posted By boltcrank
1. bawa aja semuanya gan,takutnya ditnya sm hakim...
2. tentu beda gan,yg tertera di undang2 cm denda maximal,klo di sidang tergantung hakim
3. terserah agan,mw ikut sidang ato gak...klo gk ikut yg lsg byr denda gan...tp klo ikut,y sidang dulu gan....
liat spoiler update



nice infonya gan...manfaat banget gan...emoticon-2 Jempol
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 01:03
Gan, ane mau tanya nih, tanggal 10 Juni '11 besok ane mau sidang soalnya.
Gini gan, ane ditilang karna kata polisinya ane nyerobot lampu merah, padahal ane yakin banget kalo pas lewat garis itu masih lampu kuning. Oke, ane kena tilang dan ane milih sidang karena emang kantong lagi kosong. Ehhehe..
Yang mau tanya:
1. Denda untuk pelanggaran yang ane lakuin (serobot lampu merah) itu berapa ya gan?
2. Kalo ane ga hadir saat sidang, tapi 1 hari setelahnya kan ga tahu tuh berapa denda yang diputuskan hakim. Nah, itu kena denda maksimal apa denda yang biasa dijatuhkan untuk pelanggaran ane ya gan (besarnya sama kaya pertanyaan no. 1)?

Terima kasih gan atas tanggepannya.

emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 01:05
Pasal 273 = penyelenggara jalan yg tidak segera membetulkan jalan rusak sehingga menimbulkan korban laka

Maksudnya Penyelenggara Jalan itu pengendara/masyarakat/pemerintah gan? emoticon-Bingung

Oh iya gan. Ane mau share juga nih tentang sidang tilang.
Waktu itu ane mau ngambil SIM ane yang kena tilang di pengadilan. Terus, temen ane nitip ke ane bawain STNK-nya yang ditilang. Ane marah2 ke dia knp yg ditilang STNK bkn SIM? bla...bla...bla jawabnya.
Terus ane berangkat deh ke pengadilan. Dan itu pertama kalinya ane ngmbl SIM yg ditilang sendiri gan. Blm tau prosesnya kaya apa (biasa diwakilin emoticon-Malu (S)).
Pas masuk ane tanya ke pegawainya gan, "Pak, kalo mau ngmbl SIM dmn ya?". Terus dia ajak ane ke pengadilan yang sepi gan. Terus dia nanya "mana coba liat surat tilangnya?". Pas dia liat langsung ngajuin harga gan, "Waahhh !!! Ini untuk SIM sama STNK harganya Rp.250.000". Ane kaget gan sambil agak ngebentak "Yang bener aja PAK !!!". Terus dia ngomong, "Yaa, kalo mau ambil sendiri aja". Dalem hati ane ngmng (emang niatnya mau ngmbl sendiri kali pak emoticon-Cape d...).
Pas ane liat antrian yang buat ngmbl SIM penuh banget. Ane urusin dulu deh STNK tmn ane yang agak lowong. Pas dipanggil, dikasih tau dan biayanya HANYA Rp.25.000. Murah banget gan dibandingin calo yang tdi nawarin ane. Dan untuk harga SIM juga dapet harganya sama gan, Rp.25.000.

Ane sempet mikir (klo misalnya ane ditilang lagi, mening STNK aja deh yg ditilang drpd SIM ngantrinya panjang emoticon-Big Grin)
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 07:24
Quote:Original Posted By big.borgs
Gan, ane mau tanya nih, tanggal 10 Juni '11 besok ane mau sidang soalnya.
Gini gan, ane ditilang karna kata polisinya ane nyerobot lampu merah, padahal ane yakin banget kalo pas lewat garis itu masih lampu kuning. Oke, ane kena tilang dan ane milih sidang karena emang kantong lagi kosong. Ehhehe..
Yang mau tanya:
1. Denda untuk pelanggaran yang ane lakuin (serobot lampu merah) itu berapa ya gan?
2. Kalo ane ga hadir saat sidang, tapi 1 hari setelahnya kan ga tahu tuh berapa denda yang diputuskan hakim. Nah, itu kena denda maksimal apa denda yang biasa dijatuhkan untuk pelanggaran ane ya gan (besarnya sama kaya pertanyaan no. 1)?

Terima kasih gan atas tanggepannya.

emoticon-I Love Kaskus

1. psl 287(2) denda max 500k/1bln
2. biasanya c dikasih dendda maximal...tp cb ck di kejaksaan tmpt agan dulu,soalx klo dh nympe pengadilan n kejaksaan dh bukan wewenang km gan...

saran ane aja nih gan,klo dah lampu kuning jgn dikebut,direm perlahan gan......soalnya bny kecelakaan diawali dr hal2 sprti itu gan....emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 07:27
Quote:Original Posted By iceiscool
Pasal 273 = penyelenggara jalan yg tidak segera membetulkan jalan rusak sehingga menimbulkan korban laka

Maksudnya Penyelenggara Jalan itu pengendara/masyarakat/pemerintah gan? emoticon-Bingung

Oh iya gan. Ane mau share juga nih tentang sidang tilang.
Waktu itu ane mau ngambil SIM ane yang kena tilang di pengadilan. Terus, temen ane nitip ke ane bawain STNK-nya yang ditilang. Ane marah2 ke dia knp yg ditilang STNK bkn SIM? bla...bla...bla jawabnya.
Terus ane berangkat deh ke pengadilan. Dan itu pertama kalinya ane ngmbl SIM yg ditilang sendiri gan. Blm tau prosesnya kaya apa (biasa diwakilin emoticon-Malu (S)).
Pas masuk ane tanya ke pegawainya gan, "Pak, kalo mau ngmbl SIM dmn ya?". Terus dia ajak ane ke pengadilan yang sepi gan. Terus dia nanya "mana coba liat surat tilangnya?". Pas dia liat langsung ngajuin harga gan, "Waahhh !!! Ini untuk SIM sama STNK harganya Rp.250.000". Ane kaget gan sambil agak ngebentak "Yang bener aja PAK !!!". Terus dia ngomong, "Yaa, kalo mau ambil sendiri aja". Dalem hati ane ngmng (emang niatnya mau ngmbl sendiri kali pak emoticon-Cape d...).
Pas ane liat antrian yang buat ngmbl SIM penuh banget. Ane urusin dulu deh STNK tmn ane yang agak lowong. Pas dipanggil, dikasih tau dan biayanya HANYA Rp.25.000. Murah banget gan dibandingin calo yang tdi nawarin ane. Dan untuk harga SIM juga dapet harganya sama gan, Rp.25.000.

Ane sempet mikir (klo misalnya ane ditilang lagi, mening STNK aja deh yg ditilang drpd SIM ngantrinya panjang emoticon-Big Grin)


penyelenggara jalan = pemerintah bisa,kontraktor bisa,masyarakat juga bsa(jln swadaya biasax)

sip gan,klo ikut sidang mmg lebih murah,krna bisa nego ama hakim.....
yg ane tulis di atas adalah dend maximal klo agan tdk hadir di sidang....

klo bawa kendaraan gk da surat2,aturannya kendaraan yg ditahan gan.....
cek spoiler update ane gan...
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 09:36
mau nanya gan, yg berhak nilang itu polisi dari kesatuan lantas aja ato kesatuan2 lain kaya sabhara, reserse, dll jg berhak nilang ?
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 09:38
nice info gan,,jadi kalo nanti dijalan,,ane jadi tau peraturan yg benar kyak gimana,,klo ada Polisi yg iseng cuma mau cari sampingan dengan mentilang tanpa alasan yg jelas bisa ane bantah dengan peraturan ini emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Serba Serbi Tilang
08-06-2011 12:17
Quote:Original Posted By boltcrank

1. psl 287(2) denda max 500k/1bln
2. biasanya c dikasih dendda maximal...tp cb ck di kejaksaan tmpt agan dulu,soalx klo dh nympe pengadilan n kejaksaan dh bukan wewenang km gan...

saran ane aja nih gan,klo dah lampu kuning jgn dikebut,direm perlahan gan......soalnya bny kecelakaan diawali dr hal2 sprti itu gan....emoticon-I Love Indonesia


hah? 500rb? Mahal amir gan.
Itu kan denda maksimal ya gan, kalo biasanya denda yang diputuskan hakim berapa gan? Agan tau gak kira-kira? Buat persiapan uang dari rumah gan ane.

Hoh, oke gan.. Makasi banyak sarannya. Ane kemaren buru-buru sih, ngejar dateline interpiew.

Fyi: ane kena tilang di Jl. Panjang, Jakbar gan. So, ane sidangnya di Tomang, Jakbar. Ente mirip sama mantannya sohib ane gan: polisi baek. Hahahaah.
:maho
Serba Serbi Tilang
0 0
0
Serba Serbi Tilang
09-06-2011 08:02
gan klo kasusnya gini gan

mobil ane ketabrak dari samping kanan oleh motor yang ugal2an dan ngebut gilak
tapi yg terluka pengendara motornya sampe LB di rawat di RS.
motor nya udah di modif gak standard dari spion, stang, spakboard belakang(di potong), tidak punya SIM, STNK, gak pake helm

kondisi mobil ane
penyok bagian pintu samping, sim ada, stnk ada


klo kasusnya gini gan gimana?
0 0
0
Post ini sudah di merge/move
Post ini sudah di merge/move
Halaman 1 dari 244
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia