Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1991
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004887790/q-amp-a-teknik-bersepeda
Permisi Om Moderator... Saya sebenarnya relatif masih baru dalam hal bersepeda, sehingga perlu pencerahan guna memperbaiki performa bersepeda. Harapannya bersepeda menjadi biasa dan bukan yang berat dan bisa memperbaiki stamina atau lebih jauh bisa berprestasi. Beberapa thread sudah banyak didiskusi mengenai property sepeda dgn berbagai type, merk dan asesories lainnya, namun menurut saya ada hal
Lapor Hansip
03-08-2010 09:09

(Q & A) Teknik Bersepeda

Permisi Om Moderator...

Saya sebenarnya relatif masih baru dalam hal bersepeda, sehingga perlu pencerahan guna memperbaiki performa bersepeda. Harapannya bersepeda menjadi biasa dan bukan yang berat dan bisa memperbaiki stamina atau lebih jauh bisa berprestasi.

Beberapa thread sudah banyak didiskusi mengenai property sepeda dgn berbagai type, merk dan asesories lainnya, namun menurut saya ada hal yg juga penting adalah dalam pengetahuan dan penguasaan teknik bersepeda.

Berharap banyak dari yang lebih senior dan yang berpengalaman atau sekelas atlit dapat memberikan pencerahan di forum ini.

Bagi yg ingin serius dengan persepedaan tentu punya cukup banyak Pertanyaan yg berkaitan dengan teknik bersepeda,..nah yg penting jawabannya.

Saya mulai dgn pertanyaan dari saya :

1. Bagaimana teknik melahap tanjakan, baik onroad maupun dimedan Offroad?
2. Bagaimana pedaling alias menggowes yg baik ? bagaimana latihannya?
3. Bagaimana metoda latihan untuk perbaikan performa bersepeda ?
4. Hal-hal apa saja yg perlu diperhatikan dalam bersepeda agar tidak cedera dan dapat berakibat tidak baik bagi pesepeda ?
dan masih banyak lagi....

Semoga goweser bisa sama2 memberikan pencerahan di forum ini..terima kasih.

Karena kemungkinan materi yg didiskusi sangat luas, sehingga sy coba dibuat index materi, sehingga kaskuser bisa memberikan pencerahan kedalam materi yg dimaksud, mohon untuk memberi title postingannya....tks

Daftar Index :

Safety Riding, penting bagi keselamatan pesepeda.
Safety bersepeda ria
Bersepeda dalam Rombongan
Tips Goweser Pemula Pertama
Tips Goweser Pemula Kedua Part 1
Tips Goweser Pemula Kedua Part 2
Tips Goweser Pemula Ketiga
Tips Goweser Pemula Keempat
Tips Goweser Pemula Kelima

Fitting Bike, bagaimana mengukur sepeda yg sesuai dgn postur tubuh kita.
Fitting size sepeda sesuai panjang insim kaki
Cara mengukur inseam kaki
Panjang Arm Crankset
Anatomi Sepeda

Fitting Seatpost, bagaimana mengukur ketinggian sadel sesuai dgn panjang kaki.
Mengatur ketinggian sadel yg ideal
Link : http://www.bikeradar.com/fitness/art...t-right-14608/
Posisi Sadel
Tip Pilih Sadel : http://b2w-indonesia.or.id/bacanote/...h_sadel_sepeda

Pedaling, bagaimana menggowes yg benar dan efisien.
Pedaling Teknik Menggowes

Shifting, bagaimana mengatur gear sesuai dgn kecepatan dan kondisi trek.
Shifting 01
Shifting 02

Warming up, pemanasan sebelum memulai berolah raga, khususnya bersepeda.
Sehat dalam bersepeda

Teknik Di Tanjakan dan Turunan.
Mengatasi Tanjakan
Step by step bunny hop
Teknik [I]Pumping for Speed
Video by Bikeskills
Dasa Sila (Teknik) Dasar Bersepeda Gunung

All Mountain Basic Skill
Training program, pola latihan untuk memperbaiki performa bersepeda.
Melatih performa gowesan

Healthy


Fitness


Nutrisi

LINK
http://www.youtube.com/watch?v=cVEh9...layer_embedded

Tidak keberatan kalo ada yg ijo2....emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
franssinaga dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 102
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 09:47
ijin nyimak ya gan mungkin dibawah ane bisa kasih pencerahan emoticon-I Love Kaskus
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 10:07
gue mo berbagi nih..

langkah pertama n wajib kalo mo gowes:

Pemanasan !!!

puenting banget tuh gan.. tanpa pemanasan, kemungkinan kram atau cedera otot sangat tinggi.. oleh karenanya sebelum gowes, sediakan waktu untuk pemanasan..

gak perlu yang berat2 cukup dengan peregangan2 sederhana saja
biar otot gak kaget...

selanjutnya....

**menyusul...
profile-picture
profile-picture
franssinaga dan tatadamarjati memberi reputasi
2 0
2
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 13:33
numpang nimbrung ya gan.....
[highlight]SEHAT DALAM BERSEPEDA[/highlight]

1. Lakukan pemanasan sebelum bersepeda
2. Gerakkan otot tungkai, paha, dan pinggang selama beberapa menit
3. Kayuh sepeda secara perlahan, jangan langsung cepat
4. Sesuaikan gear sepeda dengan medan jalan
5. Putaran kaki di batas 70-80 rotasi per menit
6. Kurangi kecepatan secara perlahan sebelum berhenti, jangan mendadak
7. Lakukan peregangan kembali

utk lengkapnya ane pernah share dimari gan, moga bermanfaat....n keep gowess tentunya.
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 13:52
Thread bagus... bisa dijadiin sticky nanti, lihat perkembangan dulu...

Hayo yang pengen sharing ilmu...
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 14:08
Bike fitting itu PENTING!!!

Seringkali ngeliat pesepeda yang seatpost-nya kependekan sehingga dengkulnya terlalu nekuk. Jadinya kan cepet capek dan tenaga genjotannya nggak maksimal.
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 14:12
Quote:Original Posted By bolank
gue mo berbagi nih..

langkah pertama n wajib kalo mo gowes:

Pemanasan !!!

puenting banget tuh gan.. tanpa pemanasan, kemungkinan kram atau cedera otot sangat tinggi.. oleh karenanya sebelum gowes, sediakan waktu untuk pemanasan..

gak perlu yang berat2 cukup dengan peregangan2 sederhana saja
biar otot gak kaget...

selanjutnya....

**menyusul...


pemanasan..kudu wajib yach....

Quote:Original Posted By Abu Syafiq
numpang nimbrung ya gan.....
[highlight]SEHAT DALAM BERSEPEDA[/highlight]

1. Lakukan pemanasan sebelum bersepeda
2. Gerakkan otot tungkai, paha, dan pinggang selama beberapa menit
3. Kayuh sepeda secara perlahan, jangan langsung cepat
4. Sesuaikan gear sepeda dengan medan jalan
5. Putaran kaki di batas 70-80 rotasi per menit
6. Kurangi kecepatan secara perlahan sebelum berhenti, jangan mendadak
7. Lakukan peregangan kembali

utk lengkapnya ane pernah share dimari gan, moga bermanfaat....n keep gowess tentunya.


kadang banyak yg tdk perhatikan tips tsb....thanks om.

Saya punya pendapat, bahwa bersepeda ada 2 hal yg penting :
1. Dapur pacu alias goweser, dan
2. Sepeda itu sendiri.

Kalo faktor sepeda banyak variablenya sesuai dgn perkembangan teknologi, mulai yg sederhana s/d yg canggih dan mahal2. Dalam hal ini kita tinggal pilih sesuai kemampuan kantongnya. Tapi kalo faktor dapur pacu alias goweser tdk ada yg jual, karena setiap orang sdh punya bakat anatomi dari sononya, dan kita hanya bisa merawat, memperbaiki dgn latihan, dll.

Adakah yg bisa memberi penjelasan mengenai teknik Pedaling ? alias menggowes yg benar, agar tdk terlalu menguras tenaga.

Menurut informasi umumnya rata2 RPM goweser adalah 60 s/d 80 rpm dan untuk klas atlit rata2 90-110 rpm. Saya sdh coba untuk menjaga rate rpm crank rata2 90 rpm selama 15-20 menit...masih ngos-ngos juga, kayaknya menggowesnya masih belum benar dan tdk efisien.
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 15:00
hm, gila cadencenya tinggi banget om ampe segitu?
kalo menurut ane sih yang penting tu "membiasakan diri", meskipun bisa dapet cadence segitu tapi kalo g ada kontinuitas y percuma aja, yang ada badan malah sakit semua karena dipaksain..
"membiasakan diri" juga perlu diterapkan dalam kasus ada perubahan setting sepeda, baik itu posisi tubuh akibat perubahan handlebar maupun seatpost..

o iya, kalo boleh tau, ada agan yang suka sepedaan di sudirman ato senayan ga?
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 15:14
Quote:Original Posted By Jakatawakalna

Saya mulai dgn pertanyaan dari saya :

1. Bagaimana teknik melahap tanjakan, baik onroad maupun dimedan Offroad?
2. Bagaimana pedaling alias menggowes yg baik ? bagaimana latihannya?
3. Bagaimana metoda latihan untuk perbaikan performa bersepeda ?
4. Hal-hal apa saja yg perlu diperhatikan dalam bersepeda agar tidak cedera dan dapat berakibat tidak baik bagi pesepeda ?
dan masih banyak lagi....

Semoga goweser bisa sama2 memberikan pencerahan di forum ini..terima kasih.


Berdasar pengalaman pribadi (jadi bisa aja salah):

1. Sebelum mulai nanjak kan sudah kelihatan tuh setinggi dan securam apa tanjakannya. Dari situ sebetulnya bisa diperkirakan bagaimana cara menghadapinya. Untuk tanjakan aspal panjang tapi agak landai seperti Bandung - Lembang, sepertinya tidak terlalu sulit menghadapinya.

Yang susah itu kalau tanjakannya curam, ngagetin, panjang lagi. Contohnya tanjakan putus asa Warban di Bandung utara. Kalau saya menghadapi tanjakan seperti ini siap-siap dulu sebelumnya pakai gigi depan/crank tengah (saya pakai chainring triple). Gigi belakang jangan langsung dipindah ke yang paling ringan. Sesuaikan saja dengan putaran kayuhan. Semakin terasa berat tanjakannya barulah pindahkan gigi belakang secara gradual ke posisi ringan. Masih nggak kuat juga, barulah pindahkan gigi depan ke posisi terkecil.

Cara mindahin gigi di tanjakan jangan pas pedal menerima beban kayuhan, berat dan rantai bisa putus.

Yang relatif sulit sebetulnya adalah tanjakan offroad yang biasanya pendek tapi teknikal sekali. Contohnya tanjakan di trek Taman Kota 2 BSD atau trek2 XC di Bandung. Kalau ini biasanya saya pasang crank di posisi tengah juga. Posisi gigi belakang juga di tengah. Begitu masuk tanjakan pindahkan gigi belakang dulu ke posisi yang lebih ringan. Tapi kalau mulai berat dan harus pindah ke yang lebih ringan, daripada harus memindahkan gigi belakang beberapa kali lebih baik langsung pindah gigi depan saja.

2. Teknik pedaling yang bagus jangan patah-patah tapi berputar. Kaki yang belakang ikut menarik pedal ke atas. Latihannya akan lebih baik pakai pedal clipless dan sepatu cleat.

3. Harus tanya ke atlet neh... saya sih gowes rutin aja seminggu 2-3 kali untuk menjaga stamina.

4. Supaya tidak cedera otot, jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba ketika gowes. Posisi badan harus senyaman mungkin, makanya size dan geometri sepeda harus sesuai dengan pengendaranya. Supaya tidak cedera tulang, jangan jatuh... emoticon-Ngakak (S)

Silakan ditambahkan...
Kalau masalah cadence saya nggak paham, bisanya cuma gowes...

Bagi saya yang lebih horor adalah menghadapi turunan, baik aspal maupun offroad... resikonya lebih tinggi...
profile-picture
profile-picture
franssinaga dan denidzuko memberi reputasi
2 0
2
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 16:09
posisi terbaik untuk gowes pake seli gmana ya? soalnya ada masalah dengan posisi *maaf* pantat, kalau dengan mtb atu roadbike kan posisi badan agak bungkuk jadi biasanya posisi untuk gowes lebih stabil, nah seli kan posisi kan agak tegak ( pocket rocket 20" ) ane agak susah ketemu posisi duduk yang enak nih, tulang ekor suka terasa sakit abis gowes, posisi sadel udah dirubah2 tapi seringkali terasa enak cumen beberapa saat... kalau ada referensi gambar posisi sadel yang bagus mohon infonya, terus ada yang punya saran gimana biar posisi sadel seli lurus, terutama setela dilipat...

thx b4 emoticon-Shakehand2
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 16:12

alternatif pemanasan?

btw klo pemanasan di ganti dengan sepeda santai gimana? aq jarang pemanasan, paling dari rumah sampe gerbang komplek pake sepeda nya santai +/- 1km, cukup ga sebagai pengganti pemanasan?

soal cadence putaran per menit, kurang perhatikan, ikuti feeling aja, putarannya ga kecepetan jg ga terlalu pelan, gear depan suka pake gear tengah, jarang pake gear depan crank paling kecil, crank paling besar di pake klo jalan menurun biar tambah kenceng meluncur nya emoticon-Big Grin

gear belakang di pindah2 jg klo merasa terlalu berat atau terlalu enteng kayuhannya, pake feeling aja....

ada alternatif lain?

btw pilihan jenis ban pengaruh jg ky nya.... lumayan berasa.... ban yg motif nya rame khas mtb berat dibawa di jalan rata emoticon-Smilie
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 16:41
baru tau saya ada tekniknya
soalnya selama beberapa thn bersepeda gk pernah ad masalah am tanjakan/tikungan/turunan

nyimak dlu ah
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 16:44
liat sikon juga om kalo puasa jangan dipaksa jauh ngegowesnya..bisa2 kalo di paksa jauh haus dan buka deh.emoticon-Big Grin
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 18:01
Quote:Original Posted By geekboy
Bike fitting itu PENTING!!!

Seringkali ngeliat pesepeda yang seatpost-nya kependekan sehingga dengkulnya terlalu nekuk. Jadinya kan cepet capek dan tenaga genjotannya nggak maksimal.


Betul..fitting penting....mungkin sebagian orang tdk perhatikan fitting, biasanya yg dilihat dulu bentuk sepedanya yg keren dan tdk perhatikan size dan geometri? apa itu geometri ? ukuran size sepeda secara detail, mungkin nanti ditambahkan berikut gambar, karena setiap type sepeda ada spec dan geometrinya. Nah pertanyaan lg gimana caranya fitting? cara ngukur ukuran tubuh kita dgn geomteri sepeda yg pas. Kalo hanya melihat sepeda dari model dan bentuk saja, ibarat pake celana senang modelnya tapi kedodoran atau kesempitan, jadi gimana enak dipakenya.

Quote:Original Posted By godas
hm, gila cadencenya tinggi banget om ampe segitu?
kalo menurut ane sih yang penting tu "membiasakan diri", meskipun bisa dapet cadence segitu tapi kalo g ada kontinuitas y percuma aja, yang ada badan malah sakit semua karena dipaksain..
"membiasakan diri" juga perlu diterapkan dalam kasus ada perubahan setting sepeda, baik itu posisi tubuh akibat perubahan handlebar maupun seatpost..

o iya, kalo boleh tau, ada agan yang suka sepedaan di sudirman ato senayan ga?


membiasakan diri = fitting dan latihan ya om...biar fit.

Quote:Original Posted By qhiux
baru tau saya ada tekniknya
soalnya selama beberapa thn bersepeda gk pernah ad masalah am tanjakan/tikungan/turunan

nyimak dlu ah


iya om...maunya yg elmu persepedaannya tinggi bisa bagi2 disini...

Quote:Original Posted By asyatindo
liat sikon juga om kalo puasa jangan dipaksa jauh ngegowesnya..bisa2 kalo di paksa jauh haus dan buka deh.emoticon-Big Grin


hehehe....ngak jadil puasa om...

Quote:Original Posted By balapan_lari
posisi terbaik untuk gowes pake seli gmana ya? soalnya ada masalah dengan posisi *maaf* pantat, kalau dengan mtb atu roadbike kan posisi badan agak bungkuk jadi biasanya posisi untuk gowes lebih stabil, nah seli kan posisi kan agak tegak ( pocket rocket 20" ) ane agak susah ketemu posisi duduk yang enak nih, tulang ekor suka terasa sakit abis gowes, posisi sadel udah dirubah2 tapi seringkali terasa enak cumen beberapa saat... kalau ada referensi gambar posisi sadel yang bagus mohon infonya, terus ada yang punya saran gimana biar posisi sadel seli lurus, terutama setela dilipat...

thx b4 emoticon-Shakehand2


Setau sy memang posisi sadel itu penting...krn disana tempat bgn yg vital dan sensitif. klo untuk seli silahkan agan2 yg pengalaman bs menjelaskan...


Quote:Original Posted By bayuwhy
Berdasar pengalaman pribadi (jadi bisa aja salah):

1. Sebelum mulai nanjak kan sudah kelihatan tuh setinggi dan securam apa tanjakannya. Dari situ sebetulnya bisa diperkirakan bagaimana cara menghadapinya. Untuk tanjakan aspal panjang tapi agak landai seperti Bandung - Lembang, sepertinya tidak terlalu sulit menghadapinya.

Yang susah itu kalau tanjakannya curam, ngagetin, panjang lagi. Contohnya tanjakan putus asa Warban di Bandung utara. Kalau saya menghadapi tanjakan seperti ini siap-siap dulu sebelumnya pakai gigi depan/crank tengah (saya pakai chainring triple). Gigi belakang jangan langsung dipindah ke yang paling ringan. Sesuaikan saja dengan putaran kayuhan. Semakin terasa berat tanjakannya barulah pindahkan gigi belakang secara gradual ke posisi ringan. Masih nggak kuat juga, barulah pindahkan gigi depan ke posisi terkecil.

Cara mindahin gigi di tanjakan jangan pas pedal menerima beban kayuhan, berat dan rantai bisa putus.

Yang relatif sulit sebetulnya adalah tanjakan offroad yang biasanya pendek tapi teknikal sekali. Contohnya tanjakan di trek Taman Kota 2 BSD atau trek2 XC di Bandung. Kalau ini biasanya saya pasang crank di posisi tengah juga. Posisi gigi belakang juga di tengah. Begitu masuk tanjakan pindahkan gigi belakang dulu ke posisi yang lebih ringan. Tapi kalau mulai berat dan harus pindah ke yang lebih ringan, daripada harus memindahkan gigi belakang beberapa kali lebih baik langsung pindah gigi depan saja.

2. Teknik pedaling yang bagus jangan patah-patah tapi berputar. Kaki yang belakang ikut menarik pedal ke atas. Latihannya akan lebih baik pakai pedal clipless dan sepatu cleat.

3. Harus tanya ke atlet neh... saya sih gowes rutin aja seminggu 2-3 kali untuk menjaga stamina.

4. Supaya tidak cedera otot, jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba ketika gowes. Posisi badan harus senyaman mungkin, makanya size dan geometri sepeda harus sesuai dengan pengendaranya. Supaya tidak cedera tulang, jangan jatuh... emoticon-Ngakak (S)

Silakan ditambahkan...
Kalau masalah cadence saya nggak paham, bisanya cuma gowes...

Bagi saya yang lebih horor adalah menghadapi turunan, baik aspal maupun offroad... resikonya lebih tinggi...


terima kasih om...

Mengenai SIze, geometri sepeda serta cara aplikasi ke size badan kita gimana alias fitting ? mohon yg punya elmu...
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
03-08-2010 22:27

Fitting size sepeda sesuai panjang insim kaki

berikut dilampirkan tabel size panjang insim sesuai dgn size sepeda yg disarankan. Insim diukur panjang kaki dari lantai sampai dgn pangkal paha bgn dalam / selangkang. sehingga kita punya perkiraan berapa size sepeda yg cocok dgn kondisi kita.

Tabel Insim dan size sepeda


sumber data :http://www.bicyclenet.co.uk/article.php?id=213
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh
(Q & A) Teknik Bersepeda
04-08-2010 02:36
Quote:Original Posted By Jakatawakalna

Setau sy memang posisi sadel itu penting...krn disana tempat bgn yg vital dan sensitif. klo untuk seli silahkan agan2 yg pengalaman bs menjelaskan...


Sharing sedikit. Posisi ketinggian sadel yang baik adalah ketika salah satu pedal berada pada posisi terbawah, maka kaki yang menginjak pedal itu lurus tapi tidak jinjit (sunda: jengke), bahasa Indonesianya apa ya? Kalau kaki masih nekuk naikkan sadelnya, begitu juga sebaliknya. Pada posisi lurus ini efisiensi pedaling bisa dicapai.

Tapi aturan ini tidak berlaku untuk dirtjump dan downhill, Dua cabang MTB ini tidak terlalu membutuhkan efisiensi pedaling, tapi lebih membutuhkan handling dan keseimbangan. Maka posisi sadel yang rendah lebih cocok.

* Saya pikir thread ini diperluas saja judulnya, tidak hanya Teknik Bersepeda, tapi termasuk juga Bike Fitting. Mungkin judul Tips dan Trik Bersepeda lebih cocok.
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
04-08-2010 05:44
yang penting safety
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
04-08-2010 06:12
Quote:Original Posted By bayuwhy
Sharing sedikit. Posisi ketinggian sadel yang baik adalah ketika salah satu pedal berada pada posisi terbawah, maka kaki yang menginjak pedal itu lurus tapi tidak jinjit (sunda: jengke), bahasa Indonesianya apa ya? Kalau kaki masih nekuk naikkan sadelnya, begitu juga sebaliknya. Pada posisi lurus ini efisiensi pedaling bisa dicapai.

Tapi aturan ini tidak berlaku untuk dirtjump dan downhill, Dua cabang MTB ini tidak terlalu membutuhkan efisiensi pedaling, tapi lebih membutuhkan handling dan keseimbangan. Maka posisi sadel yang rendah lebih cocok.

* Saya pikir thread ini diperluas saja judulnya, tidak hanya Teknik Bersepeda, tapi termasuk juga Bike Fitting. Mungkin judul Tips dan Trik Bersepeda lebih cocok.


setju om, balik ke pertanyaan saya, cara memastikan sadel lurus selain secara visual, ada teknik lainnya ga ya? lurus arah kedepannya, bukan lurus permukaannya ( flat ), thx b4...
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
04-08-2010 06:21
Quote:Original Posted By bayuwhy

* Saya pikir thread ini diperluas saja judulnya, tidak hanya Teknik Bersepeda, tapi termasuk juga Bike Fitting. Mungkin judul Tips dan Trik Bersepeda lebih cocok.


Setuju om...karena materi yg bisa didiskusikan bisa banyak, misalnya ;

- Bike fitting
- Pedaling
- Shifting
- Metoda exercise / training techniques
- Perawatan sepeda
- Healthy, dan seterusnya....

nah silahkan tambahkan lg materi2 yg bisa dibahas....tks
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
(Q & A) Teknik Bersepeda
04-08-2010 07:02
Quote:Original Posted By balapan_lari
setju om, balik ke pertanyaan saya, cara memastikan sadel lurus selain secara visual, ada teknik lainnya ga ya? lurus arah kedepannya, bukan lurus permukaannya ( flat ), thx b4...


klo aq ga lurus 100% paling 90-95% soal nya klo lurus, power buat nekan pedal nya hilang (ga berasa nekan pedal pas lurus), trus posisi telapak kadi di pedal itu enak nya sepertiga bagian depan telapak kaki, klo tengah telapak kaki capek.... emoticon-Smilie

btw pada mtb, tubuh bagian depan menumpu pada handgrip? awal nya suka kesemutan itu telapak tangan emoticon-Frown

klo badan tegak rasanya nekan pedal ga optimal, klo agak membungkuk nekan pedal optimal, tapi klo ga biasa tangan kesemutan. apa da kemiringan tubuh optimal?
profile-picture
franssinaga memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 102
icon-hot-thread
Hot Threads
Anime & Manga Haven
para-kembaran-nobita
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia