Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nova_fernandezAvatar border
TS
nova_fernandez
Tips Untuk Wedding Dengan Budget Minimalis (dari tips ane utk sebuah thread)
Hi Agan&Aganwati yang sedang merencana wedding (baik utnuk sendiri,atau bantuin teman/saudara) yang budgetnya minimalis.

Brikut ane punya tips untuk mengakalinya supaya tetap memorable..

Saran ane, pakailah Gaya minimalis yang sedang trend, irit biaya, namun elegan. Buat yang pengen tetap menonjolkan adat, jgn khawatir, tetap bisa koook..Tidak harus pakai dekorasi rumah adat kan, menampilkan elemen-elemen tradisional dengan cara lain sperti warna bahan,kain,dll. Dibantu juga dengan lighting yang menambah dramatis suasana tanpa menambah terlalu banyak elemen dekorasi yang dapat membengkakkan biaya.

Tips Untuk Wedding Dengan Budget Minimalis (dari tips ane utk sebuah thread)
Dekorasi Rumah Adat yang besar, tapi mahalll...
Photo Courtesy of w3.wedding.com

Tips Untuk Wedding Dengan Budget Minimalis (dari tips ane utk sebuah thread)

Tips Untuk Wedding Dengan Budget Minimalis (dari tips ane utk sebuah thread)
Dekorasi Minimalis yang simpel namun tetap elegan
Photo Courtesy of Soeryo Dekor


Ada 3 (tiga) hal utama yg harus jadi pertimbangan untuk acara wedding minimalis:
1. Private invitation

Jaman skrg sdh biasa kok undangan yg bertuliskan "mohon maaf, karena keterbatasan lokasi acara jadi undangan sangat terbatas, dimohon pengertiannya untuk tidak mengajak rekan-rekan lainnya yang dengan berat hati tidak bisa diundang."
-Skala Prioritas
Tetapkan skala prioritas tamu undangan
-Disiplin.
Jgn hanya karena ga enak jumlah undangan dr 350 jd membludak 500
-Proyeksi jumlah tamu
Hal ini demi akurasi penghitungan jumlah makanan, jgn berlebih, apalagi kurang..maluu

2. Budget Efficiency

-Anggaran
Buatlah anggaran yang menyeluruh dan detail. cantumkan pengeluaran sampai sekecil-kecilnya.
-Tema
Pilih warna umum dan senada dengan lokasi yang dipilih, supaya anggaran tidak membengkak karena berusaha memaksakan tema.
-Cermat memilih vendor
Tidak harus branded. Memilih paket pernikahan lengkap juga bisa jadi pilihan.

3. Intimate Impression
-Friendly Couple
Yang terpenting dalam sebuah pernikahan adalah kehadiran dan kebahagiaan kedua mempelai. Berbaur dengan tamu menunjukkan apresiasi kepada yang telah hadir. jika perlu pelaminan dibuat rat dgn lantai atau dihilangkan.
-Acara Interaktif
Sesi dansa (pelaminan diganti dance floor sja), instrumen musik tanpa panggung (mingle around), trivia game, dll
-Lokasi unik
Tidak harus gedung dan outdoor, bisa juga rumah, mansion, atau restoran dengan interior unik.

sumber:Her World Bride Magazine, June-Dec 2009
pengalaman pribadi sebagai florist emoticon-flower

Semoga bisa membantu ya..

Cek thread ane juga ttg Tips Menghemat Anggaran Bunga Weddingya
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4287101

UPDATE!! (skalian menjawab pertanyaan dr agan-agan)
Quote:

Waktu nikahan om ane (yang kedua kali neeh..) acaranya menyenangkan banget deh. Waktu itu di Kartika Chandra. Tanpa pelaminan, tamu disambut sama pengantinnya di depan pintu setelah mengisi buku tamu. Itu selama setengah acara (kan dari jam 19.00-21.00). Setelah itu pengantinnya mingle around sama tamu2.
Acara pengisi lainnya bisa dengan lempar bouquet (bouquet toss),

Quote:

Tul! Minimalis memang bs sama mahalnya dengan dekorasi modern, gan. Gaya Minimalis bs jd leboh murah karena diterapkan bukan pada interior, tapi juga jumlah undangan, katering, busana, bentuk undangan, dll.
Arti minimalis dr wikipedia:
The term minimalism is also used to describe a trend in design and architecture where in the subject is reduced to its necessary elements.
Common mistakenya adalah karena biasanya orang berusaha "menutupi" kesederhanaan yang ada pk detail2 yang menambah anggaran sperti:
- Bunga-bunga impor yang muahaallll. Klo mmg budgetnya cukup sih silahkan aja, tapi klo terbatas bunga lokal atau semi-impor juga bagus emoticon-I Love Indonesia( baca thread ane ttg Tips Menghemat Anggaran Bunga Wedding http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post222398972 )
- finishing yang terlalu eksklusif (contohnya undangan, busana, souvenir)
Intinya sih "be creative, and you can see the beauty in everything if you just spend time to really look" - Christian Tortu
Diatas semua itu, toh prinsip utamanya "less is more", kan..

Quote:

Benar..Kadang2 kita suka ngerasa "ga enak" kalo ga ngundang, padahal harus diingat, bahwa hari pernikahan itu adalah saat yang sakral dan berarti dlm hidup kita. Jadi ga perlu orang sebanyak mungkin kan utk merasakan khidmatnya, cukup orang2 yg bener2 dekat dgn kita aja. Jadi suasana jg bs lebih intim..

Quote:

Sebenarnya banyak lho gedung strategis (bukan mentereng seperti hotel2 bintang 5..tapi function hall di gedung2 perkantoran/pemerintahan) yang menyediakan paket2 pernikahan All-in (udah termasuk semua) yg ga terlalu mahal. Kaya Gedung Caraka Loka Deplu di Senayan, yang menyediakan paket All-in mulai 150 jt. Untuk budget 125jt, mungkin bisa cari2 gedung serbaguna di daerah yg aga minggir, contohnya Gedung Pertamina di Simprug.
Supaya makanan ga kurang ga lebih, kita mmg harus bisa tegas dengan jumlah undangan dan tamu. Juga adakan peraturan RSVP (Responedez S'il Vous Plait = Harap Konfirmasi Kedatangan) dengan alasan supaya tidak ada makanan yang mubazir. Zaman go green gini hal seperti itu tidak dianggap pelit lg kok emoticon-Wink

Quote:

Hebaaat..nabung sendiri berdua..sooo sweet..
Kalo begitu bikin weddingnya yg bener2 intimate aja gan. Kaya temen ane, waktu itu dia bikin weddingnye cm ngundang 50 org (keluarga deket dan temen2 deket aja), tapi kereeeen...outdoor,garden party gitu..stlh wedding dilempar kelopak bunga ke pengantin lalu ada acara lepasin burung merpati.Wedding yg bagus dan memorable ga harus rame dan mahal.Lebih baik sedikit tapi berkualitas, daripada banyak tapi malah maksa. Akhirnya ga memorable juga buat pengunjung.

Quote:

Ada function hall deket toko bunga ane di Lebak Bulus, gan. Namanya Gedung Jala TNI AL di Pangkalan Jati, Pondok Labu. Disono paket All-in mulai 38 juta utk 400 org. Fasilitas kapasitas parkir sd 1000 org, ruang rias pria & wanita (luasss boo..), ruang utk akad nikah dan ruang serbaguna. Kalo mau dianterin PM ane aje..

Quote:

Kunci utama utk party yg intimate adalah pengaturan flow tamu. Baik dari pengaturan meja, pelaminan, gubuk2an makanan, dll.
Kalo saran ane, berhubung isinye juga cm keluarga doang, ga usah pake pelaminan. Mingle aja brg2 keluarga, kenalkan satu keluarga dengan yg lain (keluarga pasangan agan). Sebutkan hal2 yg baik ttg mereka saat memperkenalkan, bantu mereka mencari kesamaan satu-sama laen. Setelah itu, mingle lagi ama yang laen.
Jadi raja-ratu sehari pasti rasanya lebih OK kalo bisa melihat semua tamu merasa nyaman. Be a good host is important, for any kind of party.
Makannya lebih bagus dikombinasi, sediakan aja meja2 makan bulat besar yg cukup banyak di area makanan utama, atau bisa juga pake sofa2 kaya lounge utk di area meja dessert. Tapi biarkan aja mereka berinteraksi sendiri, ga usah ditentukan tempat duduknya. Kalau bisa meja2 letaknya didekat panggung, supaya bisa berinteraksi sambil menikmati makanan dan hiburan.
Ga melulu harus di resto kok...Garden party jg bisa begitu. Dimana aja asal tempatnya cukup luas. Kalo di daerah Lebak Bulus (deket florist ane) ada AW 100, tempat garden party tp ada rumah joglonya, ada kolam, dan parkirnye luas. Ada juga Roemah 7, rumah antik, ada kolam renang, halamannya luassss.
PM ane aja kalo mau detailnya.

FREE Wedding Consultation
[url=ymsgr:sendIM?sentrabungaflorist][IMG]http://opi.yahoo.com/online?u=sentrabungaflorist&m=g&t=14%5d[/IMG][/url]


Update di halaman 2.. Penuh booo

Jangan Lupa di Rate ya
emoticon-2 Jempol

Jangan di Bata ya...
emoticon-Blue Guy Bata (L)

Gak Nolak
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Thread Gw yg Lain
[COWO MASUK!!] Tips utk Memberikan Bunga ke Cewe
PENTING:Cara Menghemat Uang utk Anggaran Bunga Wedding

Nitip Lapak
KIRIM RANGKAIAN BUNGA vas,papan,standing,dukacita,mawar,dll
JUAL:VAS KACA Berbagai Ukuran,Bentuk,Warna utk Rumah,Resto/Cafe,Kantor,Butik,dll
Tips Untuk Wedding Dengan Budget Minimalis
tata604Avatar border
tata604 memberi reputasi
1
77.4K
306
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.9KThread10.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.