Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lovenowAvatar border
TS
lovenow
[ TANYA JAWAB ] Seputar Interview Kerja
Saya hanya ingin sharing pengalaman yang saya hadapi selama bekerja dan mencari kerja. Pengalaman saya ini murni dari sudut pengalaman saya. Bukan berdasarkan teori teori teks book yang di heboh hebohkan oleh para ilmuwan hebat. KOndisi ini di alami di Indonesia

Semoga hal ini berguna untuk kita semua.

Pertanyaan pertama : Boleh Kami telp mantan bos mu untuk bertanya? atau HRD tempat kamu kerja untuk bertanya?
Jika anda menjawab Ya. Maka resiko yang akan anda hadapi.
Bos anda akan tahu anda sedang melamar pekerjaan lain. Alias siap siap dapat sanksi.
Jika anda adalah karyawan yang baik, maka sewajarnya BOS anda pasti tidak akan ingin kehilangan anda. Maka anda akan di jelekan.
Lalu jika anda tidak mengijinkan pun dan pihak perusahaan mau telp bos kamu, maka kamu tidak akan tahu. Saran saya jangan pernah beritahu no telp bos anda dalam alasan apapun.

Pengalaman buruk saya.
Perusahaan saya membutuhkan finance manager yang baru. Maka datanglah sebuah lamaran yang sangat sangat qualified sebut saja namanya ANI. Ketika di tanya apakah kami boleh tanya pada HRDnya atau Bos nya, maka kami di perbolehkan. HRD kami lalu telp bos dan HRDnya dan di dapati jawaban yang sangat memuaskan. Tanpa pakai lama ANI di terima. Maka hari hari neraka pindah ke kantor kami. Sebulan kemudiaan kami mendapat undangan makan malam dari perusahaan ANI pernah kerja. Didalam makan malam tersebut pihak HRD mengucapkan banyak terima kasih karena telah mau menerima ANI berarti mereka hemat pesangon untuk memecat.

Sejak saat itu HRD kami udah kapok kapok tulen untuk konfirmasi. Yang bagus di lepas yang jelek di terima.

Belum lagi kasus kasus lain yang muncul. Dalam setiap interview kita disuruh isi nomor telp teman yang bisa berikan referensi buat kita. Pengalaman saya malah teman teman yang namanya tertulis di jadikan obyek sasaran marketing. jadi lupakan lah segala basa basi. Mungkin ada teman yang pernah melamar di PT AP*** di deut*** bank group dari Cob*** tahukah anda, teman dan sanak saudara anda terus menerus di telp? karena saya pernah pakai no hp saya yang provider lain untuk membuktikan kebenarannya.

Untuk saudara dan keluarga perlu kita beritahu kalau kita sudah kerja. Agar jika kita ada apa apa pihak perusahaan bisa hubungi keluarga kita. Jika belum kerja jangan pernah melakukakannya (terserah juragan semua, jika mau di tindas silahkan aja)

Pertanyaan kedua. Sikap kita menghadapi interview. Jika kita terlalu patuh dianggap tidak punyai keberanian menggambil sikap. Jika kita tampil apa adanya dianggap tidak sopan. Jadi jika anda memang tidak mau di terima pasti banyak alasan yang di kemukakan. Jika anda mau di terima pasti di terima.

Pertanyaan ketiga. Mengapa anda belum menikah pada umur diatas 30an? hai..bung...anda sedang wawancara kerja. Bukan di tanya soal pribadi. Jika HRD punyai sejuta alasan untuk bertanya maka harusnya anda punyai semilyard alasan tidak menjawab. Ini tidak berhubungan dengan kemampuan anda. dan HRD bukan biro jodoh.

Pertanyaan ke empat. Mengapa anda mau meninggalkan perusahaan lama anda dan bergabung disini? hello....mau jawaban jujur atau diplomatis. Jika masih ada HRD yang bertanya pertanyaan ini berarti HRD ini masih menyetujui ospek di masa awal kuliah. Tidak mengupdate kemampuan bertanya nya. Jadi tidak perlu menyesal jika anda tidak bergabung dengan manusia jaman dinosaurus ini. KArena kalau anda jawab mau kembangkan karir dan cari pengalaman baru berarti anda pembohong. Jika anda jujur mengatakan gaji kecil atau teman kantor tidak menyenangkan anda telah melanggar peraturan tiak boleh menjelekan kantor lama.

Pertanyaan kelima. Maukah anda mengambil fasilitas kredit perusahaan? jika anda orang yang tidak suka pindah pindah silahkan. Tapi sebaiknya anda mempertimbangkan hal ini. kejadian yang dialami teman baik. Masuk kerja dan langsung di tawarin ambil cicilan mobil. Diambil masa 3 tahun. Ternyata dalam tenggah perjalanan ada tawaran yang beberapa kali lipat dari perusahaan lama. Waktu mau keluar masalah muncul dengan cicilan mobilnya. ada 2 opsi bayar tunai sesuai harga yang di tentukan perusahaan atau lupakan saja. Jadi sia sia selama mencicil 1 tahun. Terpaksa sana sini cari pinjaman untuk lunasi. capek bukan? dan kredibilitas anda di perusahaan baru juga tidak terlalu bagus. jadi lupakan tawaran setan

Pertanyaan keenam : jika anda di terima, apa yang akan anda lakukan? HRD lalu minta anda buatkan proposal kerja. Hai....bung. ini artinya HRD mulai sok tahu. pengalaman menurut survai kalau sampai hal ini di tanyakan maka 85% anda tidak akan di terima. Hanya ide anda yang di butuhkan saja. Jadi lupakan menyusun sesuai pengalaman.Apa saja. Karena harusnya anda sudah jeli.

Pertanyaan ke tujuh. Bersediakan anda mengikuti test psikologi? kalau gratis boleh kalau anda disuruh bayar. Tolong ingat kembali jangan jangan perusahaan ini hanya mau uang test psikologi anda saja. jangan mau karena anda mencari kerja bukan mau buang uang.

Pertanyaan ke delapan. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami? jika di teori adna disaranakan browsing untuk menjawab. Maka dalam praktek nyata tidak boleh bung. Jika anda terlalu tahu berarti membuat HRD was was takut kalau nanti anda masuk kerja maka urusan dapur perusahaan di ketahui anda. Jadi pasang wajah polos saja...

Masih banyak lanjutannya. Saya menunggu masukan dan pertanyaan dari juragan juragan semua

salam

Email saya duniakerja$yahootitikcotitikid

$ diganti @
K.VenomAvatar border
heri748Avatar border
krisnadwia04Avatar border
krisnadwia04 dan 21 lainnya memberi reputasi
14
1.4M
9.8K
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lowongan Kerja
Lowongan KerjaKASKUS Official
159.3KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.