Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)
Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)

Di motor pada ban depannya itu punya ukuran lebar sedikit lebih sempit dibanding ban belakangnya. Kedua jenis ban ini memang memiliki perannya masing-masing. Ban depan motor fungsinya mendukung grip lebih baik ketika berbelok atau bermanuver (sehingga umumnya memiliki desain ulir tengah) untuk ban belakang lebih kepada kestabilan. Tapi mengapa ada juga ban depan yang tidak memiliki ulir tengah, inilah jawabannya..

Kalau saya baca dari sumber terkait, ulir tengah pada ban motor adalah pola atau desain alur yang terletak di bagian tengah tapak ban. Ulir ini dirancang untuk memenuhi beberapa fungsi penting yang berkaitan dengan faktor keselamatan, pengendalian, dan performa ban.

Kehadiran ulir tengah ban depan motor itu sangat penting, fungsinya adalah ban depan bagian yang pertamakali kontak dengam air maka dia bertugas untuk memecah atau membuang air lebih dulu, membuat ban lebih baik dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi medan jalan, efisiensi pengereman (memberikan daya henti yang lebih baik dan lebih stabil, terutama saat mengerem kejut), meningkatkan pengendalian dan stabilitas, memberikan tambahan titik cengkeraman (membantu meningkatkan traksi ban pada berbagai kondisi jalan).

Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)

Melihat manfaat ulir tengah diatas yang begitu besar, ternyata untuk merk dan tipe tertentu ada pabrikan yang 'dengan sengaja' menghilangkan ulir tengah ini, dan kini mulai umum ditemukan. Mengapa, jawaban singkatnya karena mereka memiliki 'formula' khusus pada kualitas karet bannya tapi pola atau kembangannya sudah didesain khusus, salah satunya adalah menggantkan tugas ulir tengah tadi.

Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)

Kalau diperhatikan dengan seksama, ban depan motor yang tidak ada ulir tengahnya itu memiliki karakter sebagai berikut: Bagian tengah ban memiliki kompon lebih halus, memiliki desain khsus pola ban dibagian pinggirnya (secara tidak langsung menggantikan tugas ulir tengah, mengurangi/menghilangkan efek negatif aquaplaning), menambah kenyamanan berkendara (lebih minim getaran), mencegah keausan yang tidak merata pada bagian tengah (umur pakai ban jadi lebih lama) dan menjadi pembeda sebagai ban berkualitas lebih baik.

Jadi terjawab sudah mengapa ada ban depan motor ada yang tidak memiliki ulir atau kembangan tengah, ciri ini umumnya ditemukan pada karet ban berkualitas lebih baik dari versi ban standar. Lalu untuk bisa memiliki ban model seperti ini sepertinya kamu harus merogoh kocek sedikit lebih dalam kantongmu?



Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)


Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)

Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref1, Ref2, Ref3, Ref4, Ref5 | img : Gugel  


Cek Ban Depan Motormu Sekarang, Adakah Ulir Tengahnya Atau Tidak (Wajib Tahu!)
Diubah oleh iskrim 12-06-2024 02:32
herisukasuka
Okutet
ufo60
ufo60 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
1.9K
97
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.2KAnggota
Tampilkan semua post
cheapbastard666Avatar border
cheapbastard666
#6
Motorcycle tires and automobile road tires are not alike when it comes to the need for grooves in the tread. The grooves on automobile road tires are there to prevent hydroplaning. They allow water to get out from under the parts of the tire that are intended to touch the ground. Because of the width of auto tires and the near-rectangle shape of the tire contact patch, automobile tires might not naturally shed water quickly enough to keep most of the ordinary tire contact patch touching the ground without channels where water can escape.

Motorcycle tires have an oval contact patch that is very narrow compared to an automobile tire contact patch. Therefore at similar speeds only the automobile usually needs any tread pattern as a way of preventing hydroplaning.
jlamp
anthraxxx
xatria
xatria dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.