Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!
Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

Desain motor Vespa saat ini lagi trend, disukai para remaja dewasa sehingga manufaktur atau pabrikan lain ikut membuat desain motor mirip Vespa. Mengapa mereka tidak membuat desain sendiri, kelebihan apa saja kah sehingga desain Vespa begitu menarik?

Alasan paling mudah adalah pabrikan lain tinggal mencontek desain lalu sedikit memodifikasi agar ada pembeda, tidak mengeluarkan biaya besar untuk riset dan merancang RnD. Tapi pastinya secara kerangka desain Vespa tetap memiliki kelebihan bahkan untuk Vespa modern sendiri memiliki rancang desain rangka yang berbeda karena beberapa alasan berikut ini.

Kerangka motor Vespa dan motor skuter lainnya itu memiliki beberapa perbedaan mendasar, yang terutama disebabkan oleh sejarah, fungsi, dan desain yang unik untuk setiap tipe kendaraan.


Desain dan Filosofi Awal

Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

Vespa, dirancang dengan konsep monocoque di mana bodi dan rangka adalah satu kesatuan yang terbuat dari baja. Ide ini berasal dari keinginan menciptakan motor yang kuat, ringan, dan mudah diproduksi, mirip dengan desain pesawat terbang. Vespa awalnya diciptakan oleh Piaggio setelah Perang Dunia II untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang sederhana tapi snagat tangguh.

Skuter modern, Umumnya menggunakan desain rangka pipa yang terpisah dari bodi, memberikan fleksibilitas dalam desain dan pembuatan. Lebih murah di biaya produksi dan efesiensi waktu produksi. Rangka ini biasanya dibuat dari baja atau aluminium yang kemudian dilapisi dengan panel bodi dari plastik atau bahan ringan lainnya. Desain ini memudahkan produksi dalam jumlah besar dan memungkinkan berbagai gaya bodi yang lebih modern dan dinamis.


Fungsionalitas dan Konstruksi

Vespa, menggunakan bodi monocoque yang tidak hanya memberikan kekuatan struktural tetapi juga menawarkan perlindungan lebih baik terhadap cuaca dan benturan kecil. Desain ini juga membuat ruang untuk penempatan komponen mesin dan bagasi, sehingga tampilan lebih rapi dan praktis.

Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

Skuter modern, karena menggunakan rangka pipa membuat akses jadi lebih mudah ke komponen mesin dan suspensi, tidak lagi perlu membongkar seluruh bodi yang kurang efesien untuk zaman sekarang. Ini memudahkan perawatan dan modifikasi, motor ini cocok untuk pemilik yang mungkin ingin menyesuaikan skuter mereka lebih lanjut.


Pengaruh Estetika dan Gaya

Vespa, memiliki estetika yang sangat khas dan retro dengan bodi baja yang mulus dan desain membulat membuatnya tidak cepat membosankan. Desain ini menciptakan daya tarik visual yang kuat dan membuat Vespa menonjol di antara skuter lainnya. Desain ini tidak hanya untuk penampilan tetapi juga bagian dari identitas merek Vespa yang menyatukan gaya klasik dengan fungsionalitas dan sejarah yang panjang.

Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

Skuter modern, sering kali mengadopsi desain yang lebih aerodinamis dengan masukan garis yang lebih tegas, tajam dan futuristik. Penggunaan panel plastik memungkinkan variasi warna dan bentuk yang lebih luas, yang bisa menarik bagi konsumen yang menyukai tampilan modern dan dinamis terutama bagi kaum muda.


Pengaruh Kultural dan Merek

Vespa, adalah ikon budaya yang menggabungkan fungsionalitas dengan gaya hidup dan sudah mendunia. Desain bodi monocoque yang khas adalah bagian dari citra merek Vespa sebagai simbol gaya dan elegansi yang paling ikonik. Keputusan desain ini didorong oleh tujuan untuk menciptakan kendaraan berumur panjang yang bukan hanya sebuah alat transportasi tetapi juga bagian dari ekspresi diri, investasi dan status sosial.

Skuter modern, sering kali didesain dengan fleksibilitas tinggi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna di seluruh dunia. Fleksibilitas dalam desain rangka dan bodi memungkinkan adaptasi terhadap berbagai selera dan pertimbangan konsumen, baik itu dari segi fungsionalitas, performa, atau tampilan.


Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

Secara singkat, perbedaan antara kerangka Vespa dan skuter lainnya berasal dari filosofi desain yang unik dan tujuan penggunaan yang berbeda. Vespa mempertahankan desain monocoque ikoniknya untuk keseimbangan antara gaya dan kekuatan, sementara skuter modern memanfaatkan rangka pipa untuk fleksibilitas, kemudahan perawatan, dan adaptasi desain yang lebih luas. Jadi kamu pilih yang mana, gan?



Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!


Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!

Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Deri (Bengkel Ves*** **Fi) | img : Gugel  


Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!
salvation101
siloh
ufo60
ufo60 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
797
65
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Tampilkan semua post
iskrimAvatar border
TS
iskrim
#1
@adolfsbasthian, @jlamp , @herisukasuka, @septcember
@gaygene
@littlesmith
@scan88

Yang klasik selalu asik..
Yang modern selalu keren..

Desain Motor Vespa Klasik Jadi Kiblat Baru Motor Skuter Modern, Ini Plus Minusnya!


Diubah oleh iskrim 11-06-2024 03:07
adolfsbasthian
jlamp
jlamp dan adolfsbasthian memberi reputasi
2
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.