Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penyukabiruAvatar border
TS
penyukabiru
Suka Dan Duka Kerja Di Bidang Food And Beverage #SharingtoCaring
Ane ingin ikut meramaikan

Event Trit 1th Asal Vietcong Senang #SharingtoCaring


Dengan judul
"Suka duka bekerja di bidang F&B"


Ane sebenarnya ga kepikiran untuk masuk dunia kerja di bidang F&B sebumnya, setelah lulus SMK ( jurusan pertanian) sebenarnya ane lebih tertarik di bakery and pastry.
Dimana itu kurang lebih sama background nya dengan yg pernah ane pelajarin di SMK.

Singkat cerita, ane keterima kerja sebagai cashier. Di training dulu selama 3 bulan untuk bisa jadi karyawan beneran.

Selama ane bekerja banyak banget pengalaman berharga dan suka dukanya.

Biar lebih mudah ane jabarin aja kali ya satu persatu.

1. Setelah beberapa waktu masuk kerja, ane suka banget salah salahan. Entah salah order, lupa input pesanan customer, sampe bayar makanan (potong gaji) karrena ga kejual. Fyi murni kesalahan pribadi.

2. Jam kerja yg enak menurut ane. Waktu itu outlet lippo masih ada. Sekitaran tahun 2016 sampai 2018 an kalo ga salah, kan outlet pertama ane itu di mall. Enaknya buka jam 10 pagi tutup jam 10 malam.

Tentu aja ada shiftnya. Kalo shift pagi jam 8 absen pulang jam 5 sore. Istirahat 1 jam. Beneran enak deh kalo di outlet pertama ane yg di lippo ini. Udah ber ac masuknya juga ga pagi pagi banget.

Jam jam sibuk juga bisa di prediksi. Biasanya kalo mall ramenya jam makan siang, ya walaupun belum buka udah ada customer yg masuk. Jam makan malam sekitar jam 8 malam itu pasti rame, kalo ada acara yg di sediakan di mall, auto outlet ane rame. Ampe gedebag gedebug.

Spoiler for outlet lippo kalo jam rame:


3. Makanan sisa tak habis. Biasanya nih pasti ada aja customer yg makannya tuh ga habis, buat kami para pekerja di resto. Selama masih layak dan bersih pasti auto di amankan nih. Misalnyaa, kaya roti bakar, roti bakar di outlet ane tuh ada 8 potong dijadiin stengah setengah .
Nah kalo ga habis stengah nya dan masih utuh pasti diamanin. Kan mubadzir . Selama itu masih layak ya.

Spoiler for contoh masita aka makan sisa tak habis:


4. Uang tip. Nah ini jadi motivasi ane buat ngehandle customer dengan baik dan benar. Sebenernya kalo service customer ga boleh mengharap imbalan ya.

Tapi ga dipungkiri juga,kalo customer yg di service dengan baik dan benar, ga jarang ada yg ngasih uang tip. Pasti deh kalo kita ngehandle nya bagus, si customer ini akan ngasih uang tip.
Ga jarang juga ada yg nawarin buat beli makan.

Dan customer rata-rata mah pada bae bae bgt. Kaya warga kaskus dimari. The real dermawan.

Misalnya kaya customer reguler. Sebut aja pak leo. Pak leo ini kalo ke outlet cuma pesen bakmie plus teh tarik, yang harganya aja ga nyampe 100 ribu. Tapi pak leo ini suka ngasih 150 atau 200 ribu. Yg mana sisanya kembalian ini kita bagi bagiin rata buat yg jaga.

Ada juga pak haji. Pak haji ini suka ngasih tip 50 ribu. Lebaran 2 tahun lalu aja, pak haji bagi bagi thr. Tiap karyawan dapet 100 ribu. Baik bener kan.

Kelupaan ya. Alm. Pak fajar. Pak fajar juga suka bgt nih kasih uang tip kalo beliau abis makan.

Quote:


Biar apa? Biar customer nya balik lagi ke outlet kita dan jadi langganan.

5. Belajar memahami karakter, emosi, percaya diri,etika cara komunikasi dengan customer. Dimana customer itu adalah dari berbagai kalangan.

Macam macam Customer.

A. Ada customer yg ga sabaran. Misalnya, baru pesan 2 menit yg lalu, udah minta makanan dan minum nya ada dimeja. Kan semua di proses sesuai antriannya masing-masing.

B.Ada juga customer yg ga bayar. Kalo bahasa kerennya lost bill. Tiba-tiba aja ilang ini customer.

C. Customer yg suka complaint. Tapi tetep balik lagi ke outlet kita. Dan selalu pesan menu yg sama. Ga habis fikri ane ama kelakuan random customer. Ada aja tingkah nya.

D.Customer yg super duper baik. Kelewat an bgt ramahnya. Bener bener good manner lah. Ampe ane segen juga.

E.Customer juragan yg suka bawa koleganya buat sekedar ngopi sambil bahas bisnis.

F.Customer yg pesen kopi aja sambil wifian lama juga ada. Tapi yaudah gpp.

G.Customer yg gabung meja. Padahal ya pesannya ga bnyak,cuma rombongan nya aja yg banyak. Gapapa juga sih. Kan Customer itu adalah RAJA.

H.Customer yg astagfirullah ane gatau mau kategori in apa. Udah tutup nih jam 10 lewat. Rolling door udah diturunin. Tapi tetep aja stay asik ngobrol. Mau diusir kan ga mungkin. Akhirnya kita tungguin ampe jam setengah sebelas.

Kalo di outlet ane saat ini, sebelum last order udah dikasih tau rulesnya seperti apa. Kalo mau ngobrol di area luar aja gapapa, tapi untuk lampu nya kami matikan. Dan banyak customer yg ampe jam 12 malem masih stay. Kita kita mah udah pada pulang.

6. Cara komunikasi yg baik dengan customer.
Mau se marah apapun dan sekesal apapun kita terhadap customer. Kita ga boleh menunjukkan itu. Kita harus tetep keep smile dan berperilaku ramah. Jangan juga menyinggung customer.
Karena customer adalah RAJA.

7. Loyalitas tanpa batasss ya ... iyaa benarr Loyalitas. Hhahha. Giliran ane telat 10 menit aja, auto spv ane ngoceh ngoceh. Padahal banyak juga yg suka telat.

8. Weekend libur? Apa itu cuti bersama? Di dunia F&B tanggal merah justru hari yg padat,sibuk dan juga gedebag gedebug. Bener bener chaos. Kalo ga di manage dengan baik.

...
Nah itulah kira kira pengalaman ane kerja di bagian F&B.

Ada lagi yg ketinggalan.

Nombok uang minus. Atau orderan fiktif gojek. Ini memang harus benar benar di perhatiin sih. Masih ada aja ya orang penipu . Beneran deh parah bangettt..

Semoga bisa diambil yg baik-baik nya aja ya. Dan pesan ane buat para warga dimari. Jangan jadi customer yg menyebalkan ya pak,bu.

Liat situasi dan kondisi juga. Kalo ramai dan udah laper banget better cari tempat makan yg sepi.
..

Segitu aja kisah pengalaman ane yg bisa ane share. Semoga ada hal baik yang bisa diambil.
zpt
delia.adel
stevadi84
stevadi84 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
675
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Asal Vietcong Senang
Asal Vietcong Senang
256Thread1.6KAnggota
Tampilkan semua post
whates.originalAvatar border
whates.original
#3
semangat the blues, jadi pengen ikut nih

sorry salah ternyata the blues emoticon-Wkwkwk, salah buka tab emoticon-Ngakak
Diubah oleh whates.original 04-06-2024 08:15
penyukabiru
servesiwi
servesiwi dan penyukabiru memberi reputasi
2
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.