Novena.Lizi
TS
Novena.Lizi
Anies Singgung Museum Tsunami di Aceh Tak Pakai Istilah Lokal 'Smong'
Anies Singgung Museum Tsunami di Aceh Tak Pakai Istilah Lokal 'Smong'

Jumat, 27 Okt 2023 10:34 WIB


Suasana di dalam Museum Tsunami Aceh. ( ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Jakarta, CNN Indonesia -- Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan menyinggung nama Museum Tsunami yang dibangun di Aceh masih meminjam diksi 'Tsunami' yang berasal dari bahasa Jepang.

Padahal, ia berpendapat Indonesia memiliki bahasa lokal sendiri yang merujuk tsunami, yakni 'smong' dari bahasa daerah Simeulue, Aceh.

"Tsunami itu berasal dari bahasa mana? Kata tsunami? Jepang lah. Di Aceh ada museum tsunami. Pertanyaannya, ada enggak kata itu dari Bahasa Aceh? Ada, namanya 'smong'. Bagaimana di Aceh kita buat sebuah museum meminjam bahasa Jepang sebagai museum peristiwa di 2004 yang sebenarnya bisa kita bisa sebut istilahnya Museum Smong Indonesia," kata Anies saat menghadiri acara di Tugu Kunstkring, Menteng, Jakarta, Kamis (26/10).

Ia menerangkan smong diartikan sebagai hempasan gelombang air laut yang berasal dari Bahasa asli Simeulue, Aceh. Secara historis, sambungnya,  smong merupakan kearifan lokal dari rangkaian pengalaman masyarakat Aceh pada masa lalu terhadap bencana gempa bumi dan tsunami.

Anies menilai Aceh memiliki pengalaman sejak dahulu terkait bencana smong atau hempasan gelombang air laut itu ke daratan. Sehingga, hanya daerah tertentu saja yang memiliki kosakata smong lantaran pernah memiliki pengalaman demikian.

"Hanya daerah yang pernah merasakan smong, yang akan menyebut smong. Daerah lain enggak punya kosakata itu, karena dia tidak punya punya pengalaman atas peristiwa itu, smong, bukan tsunami," tegas eks Mendikbud itu.

Berdasarkan pencarian di KBBI daring  pada Jumat  (27/10) pukul 09.48, tak ditemukan entri kata 'smong'. Kemudian merujuk pada situs Pemprov Aceh, tertulis, "kata Smong begitu akrab di kalangan masyarakat Simeulue. Smong diartikan sebagai hempasan gelombang air laut yang berasal dari Bahasa Devayan, Bahasa asli Simeulue. Secara historis, Smong merupakan kearifan lokal dari rangkaian pengalaman masyarakat Simeulue pada masa lalu terhadap bencana gempa bumi dan tsunami."

Target penyerapan kata pada bahasa lokal ke dalam KBBI

Di sisi lain, Anies menyinggung ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta memiliki program menggunakan istilah Indonesia bagi terminologi yang menggunakan bahasa inggris untuk layanan perkotaan.

Semisal ia mencontohkan istilah MRT diartikan sebagai moda raya terpadu, bukan mass rapid transit. Sementara rangkaian keretanya dinamakan Ratangga.

"Lalu sistem transportasi, Jak Lingko namanya, Lingko itu kosakata dari Manggarai, yang kemudian sistem persawahan, distribusi air yang bentuknya seperti jaring laba-laba," kata dia.

"Dan proses pergantian itu enggak mudah karena kita sudah terbiasa menggunakan terminologi bahasa asing," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Anies menargetkan penambahan kosakata di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjadi 250 ribu kosakata dalam waktu lima tahun ke depan jika menang dalam Pilpres 2024.

Ia menjelaskan kini kosakata Indonesia di KBBI baru berjumlah 150 ribu kosakata. 

"Jadi saya berharap bisa mencapai angka 250 ribu dalam waktu lima tahun ke depan. Sehingga Indonesia lebih kaya," tuturnya.

Anies lantas menilik ke belakang Indonesia hanya memiliki 91 ribu kosakata dari 1953 sampai 2014. Baginya, jumlah tersebut sangat sedikit ketimbang negara-negara lain seperti Jepang, Inggris hingga Arab Saudi.

"Jepang itu kosakatanya 250 ribu. Bahasa Jerman 300 ribu kosakatanya, Bahasa Mandarin 500 ribu, Bahasa Inggris 1 juta dengan penambahan kosakata per tahun 7.000, ya adopsi dari mana-mana, Bahasa Arab 12 juta kosakata," kata dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan salah satu cara menambah kosakata Indonesia melalui penyerapan dari bahasa lokal menjadi bahasa Indonesia. Terlebih, bahasa di tiap daerah di Indonesia memiliki sekitar 700 bahasa lokal.

"Bila bahasa lokal itu terus menerus diperkaya maka kita akan punya spektrum diksi yang lengkap," kata dia.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ah-lokal-smong

Capres ngurusin kosakata
Diubah oleh Novena.Lizi 27-10-2023 07:08
gabener.edanbrucebanner23muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1K
68
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Berita dan Politik
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
667.8KThread39.1KAnggota
Tampilkan semua post
i.am.legend.
i.am.legend.
#22
Emang cuma itu yang Anies bisa selain bikin banyak lobang tai di jalanan.

emoticon-Big Grin
salvation101asurizalmuhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tutup
Hot Threads
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.