zharkiAvatar border
TS
zharki 
Perbandingan Panel OLED TV, QNED TV, NanoCell TV dan UHD TV

Ditengah maraknya mobilegadget, televisi masih menjadi primadona sebagai media untuk menikmati berbagai hiburan dari siaran TV, menghubungkan ke perangkat lain, atau secara online di internet. Terkini, tersedia ragam pilihan panel TV. Bahkan terkadang kita sebagai pengguna pun juga bingung ketika akan membelinya.

Nah, pada thread kali ini ane akan mengajak Kaskuser untuk meniliki perbandingan beberapa panel TV, diantaranya OLED TV, QNED TV, UHD TV, dan NanoCell TV.

Point of viewdalam beberapa hal, yaitu segi spesifikasi & fitur, dan juga menilik harga yang dibanderol pada masing-masing panel TV.

      
1. OLED(Organing Light-Emitting Diode


Panel TV ini mulai dipakai oleh LG pada tahun 2010. Panel OLED terdiri banyak dioda kecil yang berperan memancarkan cahayanya sendiri. Teknologi ini juga menerapkan lapisan tipis berbahan organik yang ditempatkan di antara dua elemen konduksi.

Ketika jenis panel TV ini mau menampilkan warna hitam, OLED akan mematikan piksel pada area tersebut untuk memberikan tampilan lebih gelap. Lalu menilik dari segi warna, TV berpanel OLED mampu menyuguhkan kontras warna yang sangat bagus. Salah satu yang membedakan panel TV OLED dengan panel lain QLED, dimana panel OLED mampu memancarkan sinar sendiri, sementara TV berpanel QLED perlu sumber cahaya untuk menciptakan tingkat kecerahan dan warna yang dibutuhkan.

Dari segi harga TV dengan panel OLED OLED memang punya banyak keunggulan dari segi kualitas gambar, terutama pada hitamnya yang lebih mutlak. Lalu dari segi harga, TV OLED emang biasanya dijual dengan harga lebih mahal. Semakin besar ukuran TV, semakin tinggi pula harga yang dibanderol. Sebagai contoh TV OLED dari LG berukuran 55 inci dibanderol pada harga sekitar Rp 16 jutaan.

emoticon-Wow

 

2. QNED(Quantum Dot meets NanoCell)


Panel TV ini diperkenalkan oleh LG pada tahun2020. Teknologi ini dikembangkan dengan mengusung partikel-partikel nano yang disebut quantum guna mampu menyuguhkan warna yang lebih terang, tajam, dan akurat. Panel TV ini memiliki ribuan mini LED di belakang memenuhi layar guna hasilkan gambar yang tajam dan cerah.

Dalam hal menyuguhkan kontras dan kecerahan, LG menerapkan algoritma pembelajaran untuk meningkatkan rasio kontras kecerahan dan kecerahan alami. Menilik product knowledgeyang disebarkan oleh LG, sederet lineup QNED TV dari LG juga telah hadir teknologi AI Picture Pro, menggunakan teknologi AI Modern dalam menganalasis dan memulihkan informasi yang hilang dengan resolusi konten yang rendah sehingga menjadi tontonan yang lebih baik.




3. UHD(Ultra High Definition)


Panel TV ini diperkenalkan oleh LG pada tahun 2011. Panel UHD begitu populer di kalangan industri televisi internasional sebagai jenis televisi dengan teknologi panel paling canggih yang lebih mangstab ketimbang teknologi panel TV Full HD (High Definition). Teknologi UHD menawarkan resolusi yang lebih tinggi, yakni 3840 x 2160 piksel, yang mempertontonkan kualitas tampilan yang tajam, detail dan real. Namun ada kekurangan dari panel UHD, dimana jenis panel ini memiliki kontras lebih rendah dibanding panel QLED.

 

4. NanoCell TV


Panel TV ini diperkenalkan oleh LG pada tahun 2019 yang merupakan hasil pengembangan dari jenis panel LED TV. Dimana NanoCell TV menerapkan teknologi terbaru melalui layar dengan penggunaan partikel berukuran nano yang mampu menghasilkan kerapatan gambar dengan detail lebih halus dan cerah. Dari segi kualitas gambar, TV berpanel NanoCell mampu menyuguhkan gambar yang jernih, lebih hidup dan realistis.

Kemudian untuk resolusi gambar sendiri tak mau kalah dengan TV dengan panel UHD, NanoCell TV mampu memberikan pengalaman menikmati gambar beresolusi 4K.

Kemudian untuk urusan gambar, beberapa teknologi tersemat dalam NanoCell TV, yaitu Full Array Dimmingyang berfungsi meningkatkan ketajaman kontras dan Nano Acuracy yang berguna untuk menampilkan warna yang akurat dari setiap sudut.

emoticon-2 Jempol

Selain itu, beberapa lineup TV dari LG jg sudah dibekali ThinQ, teknologi berbasis AI yang memudahkan GanSis saat mengoperasikan TV sekalipun dari jarak jauh.


Dan bagi GanSis pengguna perangkat Apple, bisa gunakan aplikasi Home atau Siri di perangkat Apple untuk mengontrol AI ThinQ TV dengan mudah dan aman. Dengan begitu, bisa gampang menghidupkan / mematikan TV, mengganti input, dan bahkan mengubah volume TV cuma pake smartphone!

Itu tadi perbedaan panel TV OLED, QNED, UHD, dan NanoCell TV. Nah, kira-kira panel televisi manakah yang menjadi favorit atau impian kalian Gaesss?

Yuk, komentar GanSis…

                                                     emoticon-nulisah
hallowwolf94
zep.170volt
agung.teuku
agung.teuku dan 18 lainnya memberi reputasi
19
7.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ Community
icon
577Thread4.8KAnggota
Tampilkan semua post
dieq41Avatar border
dieq41
#15
Dr semua teknologi itu yg paling ringkih yg mana gan? emoticon-Embarrassment
zharki
zharki memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.