• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ini Jawaban, Kenapa Mekanik Motor Mengolesi Oli Dulu.Saat Pasang Ban Baru (Share)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini Jawaban, Kenapa Mekanik Motor Mengolesi Oli Dulu.Saat Pasang Ban Baru (Share)


Pemilik kendaraan sepeda motor pasti pernah mengalami ganti ban karena mumgkin ban sudah gundul, memgalami kebocoran beberapa kali atau mengganti ban standar dengan merk lain dengan alasan lebih baik atau menunjang penampilan.

Lalu kalau kita amati, umumnya para montir bengkel sepeda motor sebelum memasangkan ban baru ke velg motor akan memberikan lapisan atau mengolesi oli bekas secara memutar ke tepian ban secara merata. Tahukah kamu untuk apa dan apa tujuannya?

Kemarin saya kebetulan mampir ke bengkel sepeda motor langganan di dekat daerah rumah saya, bengkel pinggir jalan tapi cukup ramai pelanggannya, tapi hari itu terlihat sedang sepi. Iseng saya bertanya ke mekanik yang hendak memasang ban baru di motor saya. Dan terjadi percakapan kecil yang kira-kira kalau saya satukan dan saya rangkai kalimat jawaban mereka adalah seperti ini.

"Bang, kenapa harus diolesin oli dulu sebelum dipasang?", "Oh, ini ya oli kan sifatnya licin jadi biar gampang masangnya dan ban lebih cepat menyesuaikan posisi idealnya dibibir velg.."katanya bang Rahman, sebuah nama yang tertulis kecil dibaju wearpacknya.

Lalu tiba-tiba teman Rahman yang sama-sama mekanik motor disebelahnya ikut nimbrung menjawab, "Oli itu kan dalam suhu tertentu sifatnya menahan panas, jadi waktu menempel di ban oli tadi bisa sedikit menjaga suhu tetap stabil terutama diban yang masih pakai ban dalam (tube type).

Adanya oli meminimalisir gesekan ban dalam dan ban luar, ada juga yang bilang cairan oli ini akan menutupi pori-pori atau celah halus ban pada velg.."




"Yang harus diinget adalah olesi ban dengan oli secukupnya saja atau semir khusus, cukup olesi oli tipis merata, kalau kebanyakan malah bahaya ban bisa licin atau selip karena gak bisa mencengkeram velg dengan kuat, menutup lubang pentil juga.. banyak kan kasus pentil motor ketutup cairan anti bocor yang dijual dipasaran, kan?"

Kedua jawaban montir ini memang menarik untuk dipahami, tapi sejujurnya saya juga pernah menemukan seorang mekanik motor saat memasang ban baru tidak mengolesi oli dan sepertinya itu baik-baik saja dan terpasang sempurna.

Jadi mengolesi oli dibagian ban dalam motor menurut saya ini adalah service tambahan mekanik 'tidak tertulis' yang berguna buat kedua belah pihak. Kita pun sebenarnya bisa saja menolaknya jika perlu, masa iya?

Bagaimana menurutmu, gan?






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 03-09-2023 04:34
rassakhiy
pakdejoss
agusn6778
agusn6778 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Tampilkan semua post
bang.toyipAvatar border
bang.toyip
#3
yoi biar licin, gak seret/lecet masuknya

kalo ban ya di oliin
kalo yg lain bisa pake ludah aja

emoticon-Cool emoticon-Request emoticon-Hammer2
dayatsaputra
dayatsaputra memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.