medievalist
TS
medievalist
MUI Curiga Bekingan Panji Gumilang Banyak,Termasuk Negara Pendukung Yahudi dan Israel
MUI Curiga Bekingan Panji Gumilang Banyak, Termasuk Negara Pendukung Yahudi dan Israel

21 Jul 2023, 07:55 WIB


Diketahui ada dua laporan polisi (LP) terhadap Panji Gumilang. Dalam kedua laporan tersebut, Panji dituduhkan melanggar Pasal 156 A KUHP tentang penodaan agama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)


Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas curiga bekingan Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang tak hanya berada di dalam negeri saja, melainkan dari luar negeri. Pasalnya, menurut dia, Panji Gumilang terlihat tak takut berhadapan dengan proses hukum.
"Saya tidak habis pikir siapa sebenarnya Panji Gumilang ini. Kesalahannya sudah menumpuk, laporan dan pengaduan serta kesaksian tentang siapa dia dan bagaimana buruknya perbuatan yang telah dia lakukan sudah sangat banyak diungkap dan diceritakan oleh orang-orang yang dahulu sangat dekat dengan dirinya," ucap Anwar Abbas dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Anwar Abbas mengaku heran meski sudah disudutkan termasuk oleh orang-orang yang pernah dekat dengannya, Panji Gumilang tetap berani berbicara yang bertentangan dengan kitab suci dan konstitusi. Tak hanya itu, pada peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah kemarin, Panji mengundang aktivis Yahudi ke Al Zaytun dengan menggunakan kaos berlambang Bintang Daud.
"Yang bersangkutan masih saja bebas pergi kemana saja dan terus saja berbicara serta berbuat melanggar kitab suci dan konstitusi. Bahkan tidak hanya itu, dia tampak dengan sombong dan pongahnya memperlihatkan kepada orang bahwa dia banyak pendukungnya, yang dia perlihatkan dalam kesempatan 1 Muharram kemarin," kata Anwar Abbas.
Atas dasar keberanian dan kesombongan Panji Gumilang itu, Anwar Abbas menduga ada pihak yang memiliki kekuatan besar berada di belakang Panji Gumilang. Apalagi, menurut Anwar Abbas, pemerintah tidak gesit berkaitan Panji Gumilang ini.
"Oleh karena itu adalah wajar timbul pertanyaan dalam hati apakah pemerintah takut untuk menyentuh yang bersangkutan? Dari data dan fakta ini muncul dugaan dan kecurigaan bahwa yang bersangkutan bisa dan patut diduga punya bekingan orang kuat tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri terutama dari negara-negara yang mendukung yahudi dan Israel," ujar Anwar Abbas.
"Pertanyaan saya dan sepanjang pengetahuan saya yang namanya hukum tidak pernah mengenal istilah takut dengan siapa pun bagi tegaknya apa yang disebut dengan keadilan," Anwar Abbas menambahkan.

Minta Aparat Cepat Pidanakan Panji Gumilang
Meski demikian, Anwar Abbas meminta masyarakat tetap meminta kinerja pemerintah dan aparat penegak hukum dalam mengusut dugaan pidana Panji Gumilang.
"Untuk itu mari kita beri waktu dan kesempatan kepada pihak pemerintah dan para penegak hukum untuk bekerja. Dan jika para penegak hukum disinyalir tidak lagi mampu menegakkan hukum yang menjadi tugasnya, maka patut dan bisa diduga pemerintah dan para penegak hukum sudah kehilangan kemandiriannya," kata dia.
Anwar Abbas berharap pemerintah dan aparat penegak hukum bergerak cepat menyeret Panji Gumilang ke ranah pidana. Anwar Abbas khawatir jika pemerintah tak tegas, maka masyarakat akan bergerak di luar hukum yang berlaku.
"Bila itu yang terjadi maka nampak-nampaknya rakyatlah yang akan berbicara dengan mempergunakan bahasa dan caranya sendiri. Oleh karena itu kita perlu mengingatkan pemerintah dan para penegak hukum agar jangan hanya karena ingin membela seorang lalu negeri ini pecah dan berantukan satu sama lain karena mereka melihat pemerintah dan para penegak hukum tampak tidak lagi dapat dipercaya," ucap dia.
"Bila itu yang terjadi maka hal demikian tentu jelas akan sangat berbahaya bagi masa depan bangsa dan negara kita kedepannya dan kita tentu saja tidak mau hal itu terjadi," pungkasnya.

https://www.liputan6.com/news/read/5...udi-dan-israel
pilotproject715sujimebukan.bomat
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
61
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Berita dan Politik
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
667.8KThread39.1KAnggota
Tampilkan semua post
tabooummi
tabooummi
#3
masa MIUI yg dibeking tuhannya yg maha kuasa takut dgn bekingan panji gumilang


kecuali tuhan yg disembah nya MIUI hanya banci sampah yg tak punya kuasa apa2 emoticon-Najis
dajalbingungsc5
sc5 dan dajalbingung memberi reputasi
0
Tutup
Hot Threads
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.