Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Hansip Hoax
  • Hati-Hati Sama Penipuan via COD, Status Masih Menunggu Tapi Paket Sudah Diterima

chaisaja2007Avatar border
TS
chaisaja2007
Hati-Hati Sama Penipuan via COD, Status Masih Menunggu Tapi Paket Sudah Diterima
Hati-Hati Sama Penipuan via COD, Status Masih Menunggu Tapi Paket Sudah Diterima


Modus pembelian paket COD lagi-lagi jadi celah penipu buat mulusin aksinya nih, GanSis. Kesebar video di sosmed, ada customer hampir ketipu sama penjual yang mengirim barang engga sesuai sama pesanan. Syukurnya, kurir yang nganter barang tau trik penipuan ini, dan dengan sabar ngejelasin modus penipuan ke customer.

{thread_title}



Krononologi berdasarkan video, kurir ini curiga dengan barang yang diantar karena berat barang yang dirasa engga wajar untuk sebuah speaker. Jadi, kurir itu minta pembeli buat cek status pengiriman barang yang dibeli.

Ternyata bener aja GanSis, status pengiriman barang di aplikasi masih menunggu kurir, sedangkan saat itu barang udah sampai di tangan pembeli. Menurut penjelasan kurir, penipu mengirim barang pakai resi dan aplikasi yang beda dengan pembeli gunakan atau terima. Udah gitu, harganya juga lumayan GanSis, sekitar 850an. Kalau aja kurir acuh sama nasib pembeli, bisa-bisa penipuan kayak gini bakal banyak korbannya.

Tapi perlu diingat, resiko tertipu seutuhnya ada di tangan pembeli. Makanya, buat mencegah, GanSis harus selalu hati-hati waktu mau beli barang via online. Cek selalu reputasi toko dan jangan malas untuk cek review para pembeli sebelumnya. Jangan karena murah, langsung berpikir kalau toko itu oke dan aman. Cek juga kesesuaian barang sama detail barang yang dicantumin di aplikasi.

Kalaupun, barang yang dibeli udah terlanjur GanSis bayar dan terima, tapi ngga sesuai atau ngga lengkap. Pembeli bisa melaporkan kasus ini ke layanan pelanggan platform e-commerce yang dipakai. Agar toko itu dibanned, dan membantu teman-teman lain terhindar dari modus penipuan yang sama.

Selalu hati-hati dengan segala modus penipuan yang ada ya, GanSis!


Diubah oleh chaisaja2007 15-06-2023 06:10
eMHidayats
indrastrid
zharki
zharki dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.8K
58
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
505Thread4.1KAnggota
Tampilkan semua post
maungboysAvatar border
maungboys
#21
Banyak orang orang modusemoticon-Lempar Bata
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.