Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Untuk Pertama Kali, MiG-29K Take-Off dan Landing di INS Vikrant Pada Malam Hari

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Untuk Pertama Kali, MiG-29K Take-Off dan Landing di INS Vikrant Pada Malam Hari
Quote:


Melakukan lepas landas (take-off) dan pendaratan (landing) di malam hari memakai pesawat tempur memang bukan perkara mudah Gan. Apalagi jika hal tersebut dilakukan di kapal induk yang bergerak. Tapi, dengan latihan dan perhitungan yang tepat, hal itu bisa dilakukan. Seperti baru-baru ini yang dilakukan oleh MiG-29K.

Mengutip artikel hindustantimes.com, pada Rabu, 24 Mei 2023; MiG-29K sukses melakukan take-off dan landing di kapal induk India INS Vikrant pada malam hari. Latihan pendaratan dan penerbangan itu dilakukan di Laut Arab. INS Vikrant sendiri mulai diluncurkan pada September 2022 lalu, kini kapal induk tersbut sedang menjalani air certification and flight integrationdengan pesawat sayap putar dan pesawat sayap tetap untuk menerima combat-ready state pada tahap awal.

Uji coba penerbangan di INS Vikrant dimulai memakai pesawat tempur MiG-29K yang melakukan take-off melalui ski jump dan mendarat dengan arrested wire, metode penerbangan ini juga dikenal sebagai STOBAR (short take-off but arrested recovery). Total ada 12 MiG-29K yang beroperasi di INS Vikrant.

Quote:


Beberapa tantangan dalam take-off dan landing saat malam hari di kapal induk mulai dari kurangnya visibilitas (jarak pamdang), gelombang laut serta komunikasi. Dan untuk mengatasi tantangan tersebut, kapal induk dilengkapi dengan sistem pencahayaan, inavigasi dan komunikasi canggih, ditamnah pelatihan rutin bagi pilot dan personel terkait. Pemantauan kondisi cuaca dan laut juga dilakukan untuk keamanan operasi malam hari di kapal induk. Selain MiG-29K, INS Vikrant juga telah berhasil menerima take-off dan landing dengan Light Combat Aircraft (LCA) Tejas pada saat siang hari.

INS Vikrant punya bobot The 45.000 ton dan dibuat oleh Cochin Shipyard dengan total biaya ₹20.000 crore. Yang membanggakan Gan, sekitar 76% komponen Vikrant dibuat sendiri di dalam negeri. Selain India, hanya Ameriks, Inggris, Rusia, Prancis dan China yang punya kemampuan membuat kapal bertonase di atas 40.000 ton. Nama kapal ini diambil dari nama kapal induk INS Vikrant, sebuah kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut India dari 1961 sampai 1997.



------------------------




Referensi Tulisan: hindustantimes.com
Sumber Foto: Angkatan Laut India
gubtifaqih
madjoeki
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.1K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Tampilkan semua post
gonugraha76Avatar border
gonugraha76
#15
Salah syarat utama yang wajib dimiliki oleh seorang pilot yang tergabung dalam naval aviation di Carrier Strike Group / CSG adalah :

1. Qualified untuk melaksanakan misi day n night take off and landing di landasan kapal induk. Keahlian ini didapatkan pilot pada saat menjalani pendidikan di sekolah khusus naval aviation.

2. Punya kedisiplinan tinggi dalam menjalankan Standard Operating Prochedure / SOP landing and take off di kapal induk.

Salah satu instrumen penting dalam misi landing di kapal induk adalah Optical Landing System / OLS atau akrab disebut dengan " meatball " karena memiliki lampu sinyal berbentuk lingkaran.

Optical Landing System


Fungsi utama dari OLS ini adalah memberikan bantuan glidepatch / posisi pesawat yang benar pada saat akan mendarat di kapal induk.

Posisi pesawat saat akan landing


Arti tiap sinyal lampu OLS


Jika pilot sudah berhasil memposisikan pesawat dengan benar yang ditandai dengan lampu kuning / ball sejajar dengan lampu hijau kiri dan kanan / datum light yang biasa disebut sebagai posisi " on the ball " maka pilot wajib memberitahukan via radio kepada landing Signal Officer / LSO : " i have the ball " dan sequence pendaratan dapat dilaksanakan.

I have the ball


Pada saat touch down / mendarat, pesawat wajib dalam keadaan full throttle sebagai antisipasi jika pesawat miss landing maka pesawat tetap memiliki power untuk take off dengan aman dilandasan yang pendek.
Diubah oleh gonugraha76 29-05-2023 09:29
black.robo
willz.smith
jonggolisme
jonggolisme dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.