Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Perkuat Hubungan Ekonomi RI-China, Angela Tanoesoedibjo Hadiri Hainan Expo 2023
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai, partisipasi aktif Indonesia pada Hainan Expo 2023 merupakan komitmen Indonesia untuk mempererat hubungan dengan China, terutama dalam mengembangkan pariwisata melalui konektivitas dan ekonomi kreatif.

"Hubungan antara Indonesia dan China dalam perdagangan dan pariwisata selama beberapa tahun terakhir menunjukkan kemajuan yang besar. Dimana pada tahun 2021 saja, kami mengekspor barang senilai 53,78 miliar dolar AS ke China," kata Angela di Hainan International Convention and Exhibition Center, Haikou, China, Selasa (11/4/2023). 

Hainan Expo 2023 sendiri merupakan salah satu pameran dagang produk high-end consumer goods terbesar di China yang dihadiri 65 negara. Indonesia menjadi exhibitors utama pameran yang berlangsung selama lima hari mulai dari 11 - 15 April 2023 dengan luas booth 198 m2. Brand yang dihadirkan pada pameran tersebut di antaranya Kapal Api dan Good Day.

Keikutsertaan Indonesia kali ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang untuk perluasan pasar dan kerja sama lebih lanjut antar kedua negara. Kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap PDB nasional diketahui merupakan yang ketiga terbesar di dunia yaitu hampir 8 persen, dengan penggerak utama dari subsektor kuliner, fesyen, dan kerajinan.

"Menyadari potensi tersebut, Indonesia berfokus pada pengembangan produk pariwisata dan ekonomi kreatif yang inovatif, berteknologi tinggi, dan berkualitas tinggi. Dan sejalan dengan visi kami untuk melaksanakan pembangunan ekonomi berkelanjutan," ujar Angela.

Selama pandemi, terjadi pergeseran paradigma. Dimana pelaku ekraf dapat menjangkau pasar lebih luas dengan teknologi dan untuk memenuhi permintaan tersebut, pelaku usaha harus terus berinovasi agar tetap kompetitif dan berdaya saing.

Oleh karena itu, sejak tahun 2020, pemerintah Indonesia memberdayakan UMKM ekonomi kreatif untuk beradaptasi. Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pelatihan, pendampingan, pemasaran, dan digitalisasi untuk mendukung UMKM.  

"Hasilnya, nilai ekspor ekonomi kreatif Indonesia meningkat dari 18,8 miliar dolar AS pada tahun 2020 menjadi 25 miliar dolar pada tahun 2022," ujar Angela.

Saat ini, ekonomi kreatif Indonesia fokus pada industri gim dan event melalui program percepatan pengembangan industri gim dan kemudahan regulasi dalam perizinan event. 

[url]https://www.idxchannel.com/economics/perkuat-hubungan-ekonomi-ri-china-wamenparekraf-angela-tanoesoedibjo-hadiri-hainan-expo-2023 [/url]

perkuat gan
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
839
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Tampilkan semua post
ushirotaAvatar border
ushirota
#7
ya, china negara yg maju, gak kayak wakanda forever berflower

barang2 wakanda impor china semua, mainan anak2 dll made in china semua, buruh china di bayar berapa ya?
wen12691
wen12691 memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.