iskrimAvatar border
TS
iskrim
3 Part Incaran Pemodif Awam, Jangan - Jangan Cuma Halu!


Kamu pernah mendengar suara knalpot motor meraung sangat bising, ridernya sudah bergaya mati-matian seolah pebalap interlokal tapi lari motornya biasa saja dan mudah disalip vespa jadul ataupun Supra bapak? Kalau mau tahu coba deh nongkrong setiap hari Minggu pagi jam 8.00 - 9.30 didepan mall Senayan City dan sekitarnya, banyak seperti itu.

Jalan pintas supaya terlihat keren, mudah dan paling banyak dilakukan orang awam adalah bagian knalpotnya. Cukup ganti standar dengan versi knalpot racing maka suara motor langsung meraung mengalahkan motor sport sebenarnya. Jangan tanya soal akselerasi karena sebenarnya hanya sugesti dia semata, yang ngerti modif paling cuma tersenyum geli melihatnya.



Menurut teman langganan bengkel saya untuk mendapat performa setelah mengganti knalpot butuh perhitungan matang bukan asal ganti model racing. Maunya kencang tapi sebenarnya performa biasa saja atau malah turun dan hanya suara bising yang didapatkan.

Kedua, adalah mengganti ban. Yes, kebanyakan mereka beralasan dengan mengganti ban adalah untuk mendapatkan grip, top speed diberbagai putaran serta tikungan dan.. terlihat semakin keren seperti yang ada di majalah, internet atau vlog seseorang.



Menurut teman saya lagi, penggantian ban juga bukan asal ganti karena bisa mengubah keseimbangan dan keselamatan berkendara, atau misal mengganti 'ban cacing' di motor sport tentu berbahaya karena karakter tenaganya besar ban jadi tidak bisa mengimbangi saat dikecepatan tinggi.

Yang ketiga atau terakhir adalah mengubah atau mengganti piggyback/ECU Standalone/CDI Racing. Yes, bagi orang awam dari namanya saja terdengar asing dan keren, kan? Tidak salah sih memamg karena jika menggunakan alat ini bisa meningkatkan performa mesin (dengan catatan: jika mesinnya sudah dimodifikasi).

Untuk memdapatkan hasil maksimal bukan hanya menggantinya saja tapi minimal sudah mengganti knalpot dan open filter. Tentu akan lebih mantap lagi kalau bagian Head sudah di porting polished.



Nah, menurut teman saya yang kerja di bengkel daerah Jakarta Barat, itu banyak pemotor yang inginnya serba instan, copot pasang langsung tokcer hasilnya. "Kebanyakan mereka itu halu, merasa udah ganti ini itu terus bakal naik performa dan top speednya..".

Pesan teman saya kalau memang serius buat melakukan ubahan dimaksudkan sebaiknya mengerti karakter motornya dulu, pahami kelebihan dan kekurangan produk aftermarket tadi jika dipasangkan ke motornya, lakukan dynotest juga nanti akan terbaca berapa % perubahannya.



Jadi untuk upgrade bukan asal, apa kata orang ngikut saja, ternyata hasilnya nggak sesuai harapan, buang-buang duit. Niat mau tampil maksimal tapi hasilnya biasa saja atau malah turun performanya, apalagi sampai melupakan faktor keselamatan. Kenceng enggak, norak iya. Bahaya!




Sebuah opini
Ref. T**an Bengkel
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 18-01-2023 11:27
darkwilliam00gg
eskopicoklat
koi7
koi7 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Tampilkan semua post
riodgarpAvatar border
riodgarp
#3
yg knalpot racing tapi nggak motornya enggak racing alias suara di mana motornya di mana ini yang bikin kesel kalo lewat jalan depan rumah, lama bisingnya emoticon-No Hope
iskrim
bang.toyip
bang.toyip dan iskrim memberi reputasi
2
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.