Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • oren dan ijo naekin terus biaya layanannya? Tanda masa maturity habis, cycle Decline?

gosyorentaAvatar border
TS
gosyorenta
oren dan ijo naekin terus biaya layanannya? Tanda masa maturity habis, cycle Decline?
Sesuai kondisi lapangan skrang, si oren sama si ijo naekin biaya layanannya. Dulu tertinggi di produk jenis A dgn biaya layanan maks 2,5% jadi 4,5% bang ijo dan 5,88% bang oren semenjak hari ini 2 jan 2023. Semua biaya layanannya ini belom termasuk potongan lagi dari biaya layanan gratis ongkir. Tanda-tanda masanya declining kah?

Menurut aneh sih iya, masa ijo oren ini dari kondisi lapangannya, masa maturity / kejayaannya abis, calon" masuk ke masa declining. Tanda"nya lumayan bnyak bukan dri naekin biaya layanan doang.

1. Layoff pegawainya bukan sedikit loh, mayan banyak. 
biasa nih perusahaan yg layoff pegawainya lebih atau jauh lbih banyak dari hire nya, jadi salah satu tanda perusahaan itu ga baik" aja. knapa? ya jelas tujuannya layoff pegawe banyak" itu utk mengurangi biaya. klo laporan keuangannya kebakaran ya, bisa dikurang"in lah kebakarannya dengan layoff. Beda klo perusahaannya lagi bagus"nya, lagi betulan jaya"nya, pasti hire pegawai lebih byk dibanding layoff nya krna jelas lagi berkembang, lagi maju, butuh tenaga kerja buat handle kondisinya itu, entah itu departemen keuangannya, it nya, marketingnya, apapun deh. Klo malah di layoff in sih ya jelas lagi terpuruk.

2. biaya layanannya naek terus.
Ya sesuai tadi sih, biaya layanannya dinaekin terus jelas buat nutupin biaya operasionalnya. ane ga baca laporan keuangannya, entah bengkak dibiaya mananya, tapi yang keliatan jelas sih di promonya terlalu bakar duit, layoff pegawai banyak + biaya layanan maks 2,5% pun keliatannya ga nutup. itu sebenernya pentingnya naek biaya layanan.
Akibatnya apa klo biaya layanannya naek terus:

  • Harga produk jelas makin naek. 
    Kenapa makin naek? Jelas penjualnya ga mau rugi, jualan itu kan buat menghidupi dia juga, gimana klo pendapetannya berkurang. lebih prahnya lagi, penjual yg barang"nya kebutuhan sehari" yg untungnya aja udah tipis, mngkin cuman 100-10.000. udah untungnya minim, nanti harus bayar PPh (kalau yang udah kena), dipotong lagi biaya layanan yang naek, kan makin minim aja pendapetan bersihnya. Buat yang barangnya jutaan pun kerasa loh, misal VGA seharga 7.500.000, masuk produk jenis A, biaya layanannya dari 180k jadi 330k an. lumayan ga tuh bisa buat makan sehari kan? jelas makin tinggi harganya makin kerasa juga. Jadi biaya layanan itu lumayan kerasa di penjual barang untung kecil" dan barang harga yang lumayan tinggi.

  • Akibatnya apa? pilihan seller cuman bisa naekin harga atau keluar dari marketplace oren ijo ini, cari tempat yang biaya layanannya lebih rendah atau kaya enterkomputer aja, bkin website sendiri, gada tuh biaya layanannya per barang gini, paling cost di biaya bikin websitenya aja.

  • Akibatnya lagi sellernya berhamburan, jelas kelengkapan / katalog produk yg dijual pun berkurang atau sisanya ya penjual bertahan yg harganya udah dinaekin. Ini bikin traffic si marketplacenya pun jelas turun krna buyer pun ikut berhamburan, buka website masing" toko buat aja atau via WA ke sellernya. Traffic turun = pendapetan si platform pun pastinya turun, karena buyernya turun. atau suatu ketika nanti harga barang di online marketplace naek sampe mepet banget harga di toko offline, pasti bengeklah online marketplace, org lbih seneng beli langsung, barang bsa diliat dlu cek cek n ricek, ada apa" garansi gampang dtg aja ke toko ga perlu biaya ongkir bolak balik balikin barang, ga perlu nunggu waktu pengiriman.

  • Apa hasilnya? si pihak pemegang platform ya kebakaran lagi tuh laporan keuangannya minus, rugi. Buat nutupinnya? ya balik lagi, naekin biaya layanannya. Terus aja gitu jadi lingkaran setan. sampe akhirnya gulung tiker atau ga ya kaya olx kaskus ini, platformnya ada, tapi apa adanya saja deh....


3. Saingannya udh mulai rame
tiktok shop, instagram shopping udah mulai rame nih, cmn barrier to entry masih lumayan krna platformnya belum terlalu jelas, bsa dimengerti semuanya kaya jualan di oren ijo ini. ke depannya yakin buat masuk jualan itu lbih gampang harusnya. klo makin dipersulit sih, ya no comment. 
mirip" dlu aja olx kaskus jaman kejayaannya, mendadak berhamburan pindah ke ijo oren. kenapa? ya jelas dari fiturnya olx kaskus palingan ya cod, rekber pihak ketiga, fitur rekber dri kaskusnya pun baru dtg di akhir" dan udah terlambat dan entah tata caranya gmana, smpe skrang ane pun ga tau krna lebih gampang di ijo oren. sekrang giliran si oren ijo, masalah di biaya layanannya aja apa mau naek terus smpe suatu saat udah terlambat, org lebih suka beli di tiktok/ig kah? liat aja ke depannya. 

4. ini sedkit ga nyambung, tapi disambung"in. sahamnya pada anjlok di brapa bulan akhir taun. 
anjloknya bkn maen. contoh goto dari 300an jadi cmn 90an. ga tau ke depannya bisa balik lagi ke 300 kah? atau bertahan naek smpe maks 200an? 
saham itu kan buat perusahaan jadi modal, investasi buat perkembagan usahanya. klo modalnya aja ilang hampir 2/3nya gmana tuh? udah laba ruginya kebarakan pula. mau gimana tuh?
ane tau goto ini gabungan sma gojek, bsa jadi turun akibat si gojeknya. jadi bsa jadi, poin 4 ini ga relevan / ga ada hubungannya


Jadi cara nyelametin dirinya gimana?
Sesuai pendapat ane aja ya ini,
1. biaya layanan stop dinaekin terus, stop di maks 5%, cukup naeknya biar seller ga makin berhamburan, harga produk ga naek terus (akibat faktor biaya layanan platformnya).
biaya layananan itu memang diperlukan, tapi jangan kelewatan
2. laporan kuangan kebaran gmana nih? ya dikurangin lah promo, vouchernya, kaya s ijo tuh voucher potongan 3-4%nya. klo bisa di hapus aja. intinya stop bakar duit, stop bakar modal investasi.
Gini, kalau vouchernya tetep ada segitu %, biaya layanannya naek, kan harga produknya juga naek.
Produk harga sebelum naek dan tanpa voucher bisa jadi = harga produk setelah naek DAN SUDAH DIKURANGI promo voucher itu. akhirnya kan sama-sama aja harganya. kehilangan pembeli? palingan cman sdkit aja, lama" orang terbiasa, ya akhirnya beli juga di platform itu. Mending dibanding sellernya yang ilang (yang bikin lingkaran setan sesuai penjelasan di atas).

Masalah "bang nanti suatu saat ig/tiktok juga pasti naekin biaya layanannya". ya terserah mereka mau naekin gmana, jelas masih ckup lama taunan. brapa taun awal nongol jelas gamungkin kasih biaya layanan setinggi ijo oren ini, nanti kalah saing dong. nah selama masa-masa inilah yg nentuin apakah orang bakal tetep pake ijo oren atau pindah? tergantung ijo oren dan tiktok/ig/amazonk yg dri 2020 ga beres" juga/entah platform apalagi nanti.

Ya tapi kita liat aja ke depannya, ini masih sekedar omongan doang (tapi lumayan cukup sesuai fakta lapangan). Ane nulis gini soalnya menyangkut ekonomi senegara ya, ibu ibu bapa bapa anak remaja anak kuliahan semuanya jualan di mari...
Diubah oleh gosyorenta 02-01-2023 03:47
iskrim
screamo37
screamo37 dan iskrim memberi reputasi
2
1.7K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Tampilkan semua post
jessepinkman16Avatar border
jessepinkman16
#1
kenapa sih gk terang terangan aja nyebut shopee dan tokped.. orang bingung baca thread iniemoticon-Hammer2
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.