Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Kontrak Efektiv Dua Pesawat Sudah Berjalan, Indonesia Jadi Operator ke-10 A400M Atlas

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Kontrak Efektiv Dua Pesawat Sudah Berjalan, Indonesia Jadi Operator ke-10 A400M Atlas
Quote:


Ada kabar baik bagi Agan pemerhati alutsista nasional, pasalnya pada 12 Desember 2022 lalu pihak Airbus mengkonfirmasi jika kontrak efektiv untuk dua pesawat A400M Atlas telah ditandatangani Indonesia. Selanjutnya pihak Airbus akan menyiapkan jalur produksi untuk pesanan tersebut. Kabar baik ini disampaikan Airbus melalui akun Twitter resminya pada 12 Desember 2022 lalu.

Kabar baik itu juga telah dikonfirmasi Jean Brice Dumont, Head of Military Air Systems Airbus Defence and Space (ADS) dalam pembukaan acara Trade Media Briefing 2022 di Madrid, Spanyol, 12 Desember 2022. Tidak disebutkan berapa nilai kontrak dan jadwal pengiriman pesawat, tetapi pihak Airbus dalam keterangan resminya menyebut Indonesia punya opsi untuk membeli 4 unit tambahan A400M.

TNI AU sendiri membeli varian A400M multirole tanker transport, selain digunakan mengangkut kargo, pesawat juga bisa digunakan untuk platform pengisian bahan bakar di udara. Untuk TNI AU, A400M akan menggantikan peran KC-130B Hercules, merupakan satu-satunya pesawat tanker yang dimiliki saat ini. Dan sudah bertuhas sejak era Presiden Soekarno.

Selain itu, pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut pasukan lebih banyak dalam misi terjun payung. Keunggulan lainnya adalah dapat membawa beban berat dan berukuran besar, serta mampu mendarat di landasan pendek dan kasar. Sebagai pengingat, Kementerian Pertahanan RI remsi memesan A400M pada event Dubai Air Show pada 18 November 2021 lalu.

Quote:


Sekilas profil tentang A400M Atlas, jika digunakan sebagai pesawat tanker, A400M bisa membawa 50,8 ton bahan bakar. Payload bahan bakar berada di kedua sayap dan center wing box, untuk konfigurasi tanker pada pesawat ini tidak menggunakan kapasitas yang ada di ruang kargo. Dua tangki kargo tambahan juga dapat dipasang, yang memberikan masing-masing tambahan 5,7 ton bahan bakar.

Untuk ruang kargo A400M punya lebar 4 meter, tinggi 3.85 meter, dan panjang 17.71 meter. Pesawat mampu mengangkut kargo berukuran besar seperti helikopter NH90 atau CH-47 Chinook atau bisa juga membawa dua buah kendaraan infantri Stryker. A400M bisa mengangkut truk semitrailer dengan peti kemas berukuran 6,906 meter. Sementara kapasitas muatan keseluruhan mencapai 37 ton.

Guna mendukung operasi linud (lintas udara) ruang kabin A400M bisa dimuati hingga 116 personel. Sementara untuk misi medical evacuation (Medevac), A400M bisa memuat 66 usungan serta membawa 25 tenaga medis. Kehadiran A400M akan menjadi aset nasional dan bisa digunakan untuk mendukung misi bantuan kemanusiaan serta penanggulangan bencana, di luar kemampuan taktis dan udara ke udara.


-----------------




Referensi Tulisan: Airspace Review
Sumber Foto: sudah tertera
geopoliticsgeek
eyefirst2
Gailham
Gailham dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.1K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.4KAnggota
Tampilkan semua post
gonugraha76Avatar border
gonugraha76
#10
Sebagai Multi Role Tanker n Transport / MRTT maka Airbus A400M Atlas sudah memenuhi 3 persyaratan utama :

1. Tactical Airlift Mission Capability
Dengan volume cargo yang ada, A400M Atlas dapat mengangkut 116 personel atau 37 ton logistik.

2. Strategic Airlift Mission Capability
Dengan max payload 37 ton, A400M Atlas dapat mengangkut ranpur, rantis serta kendaraan khusus lainnya.

3. Air to Air Refueling Mission Capability
Dengan kapasitas 3 tangki internal berkapasitas total 50.5 ton dan 2 tangki eksternal berkapasitas total 11.4 ton, A400M Atlas dapat melaksanakan pengisian bahan bakar pesawat, pespur dan helikopter di udara yang menggunakan metode droque probe pada kedua ujung sayap pesawat dengan kecepatan transmisi pengisian masing masing sebesar 1.200 liter per menit. Antara tangki internal dan tangki eksternal dapat di isi dengan 2 jenis avtur yang berbeda.

Lantas offset apakah yang didapat dari pengadaan 2 unit dengan opsi 4 unit tambahan ini ? Indonesia sejak LoI ditanda tangani tahun 2021 lalu sudah mengajukan autonomous right sebagai offset pengadaan kepada Airbus Space n Defense atas CN 235 dan NC 212 dalam arti Indonesia melalui PT DI berhak untuk mengembangkan, memproduksi dan menjual kedua jenis pesawat tersebut.

Salah satu kekurangan A400M Atlas sebagai MRTT bagi TNI AU adalah penggunaan droque probe di kedua ujung sayap sebagai metode pengisian Air to Air Refueling / AAR yang hanya cocok bagi pespur TNI AU seperti BAe Hawk 209, Sukhoi SU 27/30 Flanker dan Dassault Rafale serta jika jadi diakuisisi : Dassault Mirage 2000 - 5. Sistem ini juga cocok dipergunakan sebagai Buddy to Buddy bagi sesama A400M Atlas.

Lantas bagaimana dengan AAR pespur TNI AU yang mengadopsi air boom seperti pespur Lockheed Martin F 16 Fighting Falcon dan jika jadi diakuisisi IFX dan Boeing F 15ID ?
Sebenarnya Airbus pernah sukses menguji sistem air boom yang ditempatkan dibagian belakang tengah A400M Atlas tetapi hingga kini sistem air boom tidak pernah ditawarkan kepada operator A400M Atlas.
Opsi lain yang bisa dipertimbangkan adalah pemasangan Conformal Air Refueling Tanker System / CARTS yang mempunyai probe yang mampu memanjang dan disimmpan dalam CARTS jika tidak digunakan. CARTS ini dipasang di sisi kanan atas fuselage F 16 block 52iD.
Opsi lainnya adalah TNI AU membeli Airbus A330 MRTT seperti milik AU Singapura yang memang sudah dilengkapi dengan air boom.
69banditos
gabener.edan
eyefirst2
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.