Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
258
Lapor Hansip
22-11-2022 06:01

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Seperti yang kita tahu, kemarin sempat terjadi musibah gempa yang melanda Cianjur dan sekitarnya. Akibat dari bencana alam tersebut, ada berbagai kerusakan infrastruktur ditemukan. Kejadian ini juga membuat warga Cianjur geger.

Sampai saat tulisan ini dibuat, terhitung sudah ada 62 korban jiwa dengan 40 orang diantaranya anak-anak. Sedangkan untuk korban luka sudah ada 700 orang. Menurut BPBD Cianjur, sudah ada 50 rusak akibat guncangan gempa tersebut.

Gempa ini sendiri disebut-sebut cukup merusak, padahal kekuatannya sendiri terbilang tidak terlalu kuat. Yaitu berkekuatan 5,6 magnitudo. Namun mengapa gempa ini terasa begitu kuat dan merusak bangunan di Cianjur.

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Berdasarkan penjelasan dari Teguh Rahayu yang menjabat sebagai Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, gempa yang terjadi di Cianjur termasuk gempa yang dangkal. Gempa tektonik ini terjadi di kedalaman 10-15 kilometer di bawah tanah. Sehingga meskipun kecil, guncangannya bersifat cukup destruktif.

Kekuatan 5,6 magnitudo itu dinilai sudah cukup untuk memberikan dampak kerusakan yang signifikan pada bangunan-bangunan di atasnya. Secara wilayah, kawasan Cianjur, Lembang hingga Bandung memang berada di kawasan seismik aktif dan rawan terjadi gempa.

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

Tidak hanya menyebabkan bangunan roboh, gempa bumi ini juga mengakibatkan bencana lain yaitu tanah longsor yang menutup akses jalan.

Guncangan paling hebat memang terjadi di Cianjur, namun daerah-daerah sekitarnya turut merasakan dampaknya. Getaran gempa sendiri terasa di daerah lain seperti Sukabumi, Bogor, Bandung, Depok hingga Rangkasbitung.

Bahkan ada yang menyebut bahwa getaran ini juga terasa hingga Jakarta. Gempa ini terjadi sekitar jam 1 siang, jujur TS sendiri sama sekali tidak sadar apalagi merasakan guncangan gempa. Karena pada saat gempa, TS sedang berada di kendaraan umum yang sedang berjalan. TS baru tahu kabarnya setelah sampai rumah.

Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
Sumber Gambar

TS sempat dapat notifikasi dari salah satu platform berita kalau ada kemungkinan gempa susulan. Hal ini tentu membuat masyarakat tidak tenang termasuk TS. Tapi semoga saja tidak ada gempa yang terjadi lagi sehingga semuanya bias fokus membantu para warga yang terdampak.

emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka

Gimana gan? Apakah kalian merasakan gempa? Kalian lagi ngapain pas gempa? emoticon-Bingung (S)

Sumber / Link Referensi: 1, 2
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
59.5K Anggota • 916.1K Threads
Kekuatan Gempa Cianjur Tidak Besar, Tapi Cukup Merusak! Kok Bisa? Ini Penyebabnya!
22-11-2022 07:13
wkt gempa, pertama cm ky pusing
dlm hati, wah gempa
pas kedua, rak2 di sktr bergetar kencang, sampe gw tahan takut roboh

stlh reda, gw cek cctv
di kolam ikan, airnya bergoyang2 ky dimaenin ma raksasa
kmd lampu gantung di atas meja mkn jg bergoyang2
anehnya lampu gantung di lt 3, aman2 aja
pdhl dl gempa yg di laut, mlh lampu gantung di lt 3 bergoyang2
dl getarannya ga begitu kencang, tp berasa sampe 3 lt
skrg getarannya kencang bgt, tp cm berasa sampe lt 3 doank
0 0
0
profile picture
KASKUS Plus
22-11-2022 07:38
Betul gan, kadang kalo gempa suka bingung ini ane yang lagi pusing apa gempa beneran wkwk anehnya ane malah gak sadar sama sekali ada gempa
0
profile picture
Moderator Kaskus
22-11-2022 08:13
ada struktur bangunan rumah yg rusak mod?
ngeri2 seh dampak gempa..
dulu pas gempa jogja tembok rumah paman ane ambruk.. untungnya ambruk ke sawah jadi ga kenapa2..
0
profile picture
Moderator Kaskus
22-11-2022 09:17
@bayspeed di rmh aman sich, aplg struktur bangunan rmh gw, kolomnya aja ada 18 pcs, kl ga slh lebarnya aja sktr 60 cm, krn bawaan rmh lama, ga gw ancurin, tp tambahin di sampingnya
0
profile picture
kaskus addict
22-11-2022 14:42
Ati2 Gan kalo udh nemuin satu indikasi adanya gempa, cepat9 keluar rumah atau berlindung ke bawah meja. Celaka akibat bencana di dalam rumah sendiri efek traumanya lumayan lama Gan. Apalagi kalo kita punya anak kecil.
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Movies
plan-75
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia