Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sejarah PO Efisiensi - Bus Patas dengan Pelayanan Terbaik, Kebanggaan Wong Kebumen

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Sejarah PO Efisiensi - Bus Patas dengan Pelayanan Terbaik, Kebanggaan Wong Kebumen
Quote:


Nama PO Efisiensi tentu sudah tidak asing bagi Agan dan Sista yang tinggal di Kebumen, Purworejo, Jogja, Cilacap dan sekitarnya. Bisa dibilang Efisiensi adalah PO yang berani menampilkan pelayanan berbeda di kelas Patas, terutama untuk rute Yogyakarta menuju berbagai kota di Jawa Tengah; seperti Cilacap, Purbalingga hingga Purwokerto. Sama seperti PO Mulyo, PO Efisiensi juga berasal dari Kebumen.

Dan sekilas sejarah tentang PO Efisiensi, awalnya perusahaan otobus ini berkiprah di segmen Pariwisata, dan mulai didirikan pada tahun 1996. PO Efisiensi kemudain mencoba peruntungan di segmen bus Patas pada tahun 2003, awalnya trayek yang dibuka adalah Jogja - Cilacap. Karena pada saat itu trayek Patas Purwokerto - Jogja masih dikuasai PO Raharja. Sementara segmen Patas Cilacap - Jogja belum ada bus Patas yang beroperasi.

Trayek baru tersebut pun sukses, kemudian 5 tahun berselang; PO Efisiensi membuka trayek Jogja - Purwokerto. Trayek yang dibuka ini pun kembali sukses, 4 tahun berselang kembali dibuka trayek Purbalingga - Jogja. Meksi dikenal punya livery dengan berbagai warna, pada saat awal membuka trayek Patas, PO Efisiensi memakai livery warna putih dengan gambar langit biru dan burung walet.

Untuk nama Efisiensi diambil dari nama usaha milik kakek sang owner (Bapak Teuku Erry Rubihamsyah), kakek beliau berpesan untuk terus memakai nama Efisiensi apa pun jenis usahanya. Sebagai tambahan, usaha kakek Pak Erry waktu itu dirintis mulai tahun 1948 yang berupa begkel mobil; di mana kakek beliau juga membuka kursus setir mobil pada masanya.

Quote:


Di sisi lain, kakek sang owner merupakan warga asli Aceh, yang kemudian pindah ke Jawa Tengah. Maka tak heran jika beliau memiliki nama depan Teuku. Selain bus Patas, Efisiensi juga memiliki bus Pariwisata dengan nama Tividi. Pasca era new normal, Tividi pun melebarkan sayapnya dengan membuka trayek Jogja - Jabodetabek via jalur selatan.

Sang owner (pemilik) Efisiensi sebenarnya punya minat di bidang otomotif, karena orang tua Bapak Erry dulu juga punya usaha angkut barang dan memiliki beberapa truk. Dan saat remaja, beliau pun juga sudah mulai belajar untuk mengendarai truk. Waktu itu truk tersebut diberi nama Ratna Sari, serta punya panggilan "Djadut"; nama Djadut juga masih bisa ditemui di kaca bus Efisiensi. Dan pada akhirnya beliau pun juga tak bisa jauh-jauh dari dunia otomotif, dengan mendirikan PO Efisiensi.


Merubah Citra Bus Patas


PO Efisiensi adalah bus yang berani membuat gebrakan di segmen bus Patas, selain menghadirkan armada bus yang nyaman dan selalu diperbarui; PO Efisiensi juga menawarkan armada shuttle. Armada shuttle bisa dibilang sebagai armada jemputan bagi penumpang bus Efisiensi. Dengan memakai mobil berukuran kecil, penumpang yang turun di garasi Efisiensi Ambarketawang di Jogja, akan diantarkan sampai tujuan menuju pusat kota Jogja tanpa tambahan biaya. Ini adalah salah satu nilai plus dari Efisiensi.

Selain itu, untuk urusan armada bus; PO Efisiensi tak pernah telat untuk melakukan peremajaan. Sehingga penumpang selalu mendapatkan armada terbaik. Rata-rata untuk bodi bus yang dipakai Efisiensi memakai bodi Jetbus bauatan karoseri Adiputro. Untuk chassis yang dipakai cukup beragam, tapi yang dominan adalah Hino R260. Selain itu ada chassis Scania K360 IB hingga Mercedes Benz OC500RF 2542 yang digunakan untuk bus Patas.


Bus Patas Tingkat


Bapak Erry selaku pemilik PO Efisiensi memang memberi perhatian khusus untuk segmen bus Patas, beliau punya prinsip jika setiap penumpang juga harus merasakan kenyamanan saat naik bus, meski hanya naik bus kelas Patas. Beliau pun tak ragu memakai bus tingkat untuk melayani rute bus Patas, hal ini tentu menarik; karena citra bus Patas sendiri identik dengan bus biasa. Dan bus tingkat biasanya dipakai mengisi rute jarak jauh.

Pada awalnya bus tingkat ini mengisi rute Cilacap - Semarang, tetapi untuk saat ini bus tersebut mengisi beberapa trayek secara bergantian. Mulai dari Cilacap - Jogja serta Purwokerto - Jogja. Bus Efisiensi juga menjadi bus Patas pertama yang mengaplikasikan pembelian tiket secara online. Hal ini tentu semakin memudahkan penumpang.

Biasanya bus Patas Efisiensi dari arah barat dan timur akan singgah di garasi utama di Jl. Raya Wonosari Km 6, Kebumen. Garasi ini juga sekaligus menjadi rest area sementara, di mana penumpang bisa membeli makanan atau mengambil uang di ATM. Di sisi lain, trayek bus Patas Efisiensi sudah tembus Jepara. Dengan rute Cilacap - Magelang - Semarang - Kudus - Demak - Jepara.

Quote:


Tentu kehadiran Efisiensi telah membuat citra bus Patas tampak semakin baik, khsusunya di wilayah Jawa Tengah dan Jogja. Karena biasanya bus Patas itu identik dengan "surung-surungan" kalau dalam istilah bahasa Jawa, yang artinya saling kejar-kejaran antar bus untuk mendapat penumpang atau sampai lebih dulu di tujuan. Selain itu, terkadang juga masih ada armada bus Patas yang kurang terawat sehingga memberikan ketidanyamanan pada penumpang.

Penulis sendiri berharap, jika bus Patas lainnya bisa meniru Efisiensi, di mana memberi kenyamanan kepada penumpang serta ditambah dengan armada yang terawat itu penting. Dengan begitu harapannya, akan semakin banyak masyarakat memilih bus untuk segmen transportasi darat. Dan seperti biasa jika Agan dan Sista punya pengalaman dan kenangan dengan PO Efisiensi silakan berkomentar di bawah. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer



----------



Referensi Tulisan: ayonaikbis.com
Sumber Foto: Facebook
69banditos
badbironk
badbironk dan 69banditos memberi reputasi
2
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Tampilkan semua post
spidcom_2000Avatar border
spidcom_2000
#7
Terkadang bukan armada baru yang didapet tapi hanya rekondisi di tampilan luarnya, biar bisa kelihatan lebih fresh, namun ternyata dalemnya masih sama, seperti kena prank kalau dapet bus beginian.
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.