• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Indo Defence 2022: PT Pindad Perkenalkan Adiknya Maung, Namanya MV Cruiser

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Indo Defence 2022: PT Pindad Perkenalkan Adiknya Maung, Namanya MV Cruiser
Quote:


Dalam acara pembukaan Indo Defence 2022 pada 2 November di JIExpo, Kemayoran; TNI menampilkan atraksi pembebasan sandera memakai kendaran taktis buatan dalam negeri. Di hadapan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta tamu undangan VIP, beberapa alutsista buatan lokal unjuk kemampuan. Selain Moto EV (motor listrik) buatan PT Pindad yang ikut serta dalam demo dinamis tersebut, PT Pindad juga menampilkan kendaraan taktis bernama MV Cruiser.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mengajak Agan berkenalan dengan MV Cruiser; kendaraan taktis ini disebut sebagai adiknya Maung. Kendaraan taktis buatan Pindad yang sudah diproduksi untuk TNI dan Polri. MV sendiri merupakan akronim dari Morino Vehicle.Morino sendiri pun juga akronim sendiri yakni Mobil Rekacipta Indonesia. Mengutip artikel Kompas.com, Morino akan dibuat sebagai nama produk baru dari kendaraan Pindad yang lebih modern.

Bagi Agan pemerhati alutsista nasional pasti tak asing dengan desain Maung yang cenderung kotak, sementara adik dari Maung ini desainnya lebih membulat. Bisa dibilang desain MV Ceuiser telah berubah total. Kendaraan taktis ini bisa memuat 4 orang personel, dengan konfigurasi semi terbuka; kendaraan ini juga dilengkapi dudukan senjata.

Quote:


Pada bagian depan, desain MV Cruiser tampak seperti desain Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco, sementara pada lampu belakang memakai lampu kombinasi seperti Jeep Rubicon seri terbaru. Sementara pada bagian pintu mengusung desain urban tactical(pintu model setengah) serta ada ban serep besar di bagian belakang. PT Pindad menyebut, ada dua versi dari MV Cruiser; pertama ada yang tidak memakai atap serta yang kedua ada versi soft top.

Untuk persenjataan bisa memakai senapan mesin ringan atau mini gun kaliber 7,62 mm yang bisa dipasang pada rangka atap kendaraan. Untuk dimensinya, MV Cruiser memiliki panjang 4,8 m; lebar 2 m; tinggi 1,8 m dan berat kosong 2,5 ton. Kendaraan berkonfigurasi penggerak roda 4X4 ini dibekali mesin diesel yang mampu memuncratkan tenaga maksimal 136 hp. MV Cruiser dapat digeber sampai kecepatan maksimum 120 km/jam serta jarak tempuh 650 km.

Mengutip artikel Airspace Review, selama gelaran Indo Defence 2022; PT Pindad telah menandatangi kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI untuk memasok MV Cruiser untuk kebutuhan TNI. Tapi untuk berapa nilai kontrak serta berapa unit yang akan dibeli masih belum diketahui.


-------------



Referensi Tulisan: Airspace Review& Kompas.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 10-11-2022 13:43
bang.toyip69banditosmynameisant
mynameisant dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.7K
37
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Militer
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.4KAnggota
Tampilkan semua post
golden.baik007
golden.baik007
#5
ini kalau ditembak dengan RPG tdk hancur gan??.secara logika RPG senjata panggul bahu yang sangat ekstrim menghancurkan kendaraan alutsista dan tank serbu manapun??.emoticon-Salaman
peternakkadrunjlamp69banditos
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup
Hot Threads
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.