Tipe-tipe Konsumen Saat Ganti Oli di Bengkel, Kalian Termasuk yang Mana?
TS
abee.
Tipe-tipe Konsumen Saat Ganti Oli di Bengkel, Kalian Termasuk yang Mana?
Halo gan!
Welcome to my thread!
Gue udah pake motor sejak jaman sekolah. Sejak dulu juga gue selalu rajin merawat motor gue, kadang sendiri, tapi mostly ke bengkel. Gue sendiri pernah nyoba pelayanan di berbagai bengkel. Jadi, gue sering merhatiin perilaku konsumen bengkel, terutama konsumen yang ganti oli (karena itu yang paling banyak dan paling sering diobrolin dengan mekaniknya ). Menurut pengamatan dan analisis gue, tipe-tipe konsumen saat ganti oli di bengkel tuh gue klasifikasikan begini:
Untuk para pengguna motor yang disiplin, setiap 1-2 bulan sekali pasti ke bengkel untuk ganti oli doang. Tapi tahu sendiri kan, sebagian bengkel itu nakal dan suka seenaknya service atau ganti spare parts ini-itu, padahal konsumen gak minta. Akibatnya, banyak konsumen harus bayar lebih. Hal ini bikin mereka lebih hati-hati. Kalo ke bengkel hanya perlu ganti oli, benar-benar mereka tegaskan ke mekaniknya, “Ganti oli doang ya, gak servis lain-lain!” Kadang bahkan sampai bayar duluan biar gak diminta lebih buat biaya servis lain
Ada juga yang saat ke bengkel untuk ganti oli, sekalian servis ini-itu. Misalnya, servis CVT, van belt, ganti busi, ganti filter oli, dll. Biasanya sih yang gini setiap 3-6 bulan atau per 1 tahun. Ada juga yang emang kondisi komponen tertentu dari motornya emang udah gak bagus aja, jadi sekalian diservis atau diganti dengan parts baru.
3. Sambil konsultasi
Konsumen kayak gini tuh biasanya antara orang yang bener-bener gak tahu atau orang sok tahu yang cari celah buat ceramahin mekaniknya. Sambil ganti oli, mereka sekalian nanya ini-itu yang berhubungan dengan motornya. Kalo yang bener-bener gak tahu, ketika mekanik ngasih penjelasan dan informasi tuh menyimak dan memperhatikan. Kalo yang sok tahu dan hobi ceramahin mekanik, pas mekanik ngasih informasi tuh malah didebat. Ditanya sama mekanik, “Mas tahu dari mana? Sumbernya apa?” Jawabnya, “Liat di yutub!” Wkwkwk. Mungkin dia butuh validasi bahwa dia jago urusan perbengkelan
4. Request khusus
Kalo ini biasanya orang yang cukup ngerti motor, tapi emang lagi gak mau/bisa mengerjakan sendiri, jadi bawa ke bengkel. Mereka cukup paham dengan kondisi motornya, jadi ketika ke bengkel, mereka langsung request mau pakai oli tipe apa. Kalo mau tambah cek atau servis pun, mereka request secara spesifik apa aja yang mau dicek dan diservis karena udah tahu yang kerasa gak beres apa aja. Seandainya mengajukan pertanyaan juga gak rese, pertanyaannya jelas dan gak belibet karena paham istilah-istilah otomotif, jadi memudahkan mekaniknya untuk menjawab.
5. Terserah abang mekanik
Ini biasanya cewek-cewek atau emak-emak (tapi yang cowok juga ada kok). Karena gak paham soal oli dan urusan bengkel lainnya, jadi apa aja yang direkomendasikan oleh abang mekanik, nurut aja. Tetap hati-hati ya, kadang suka ada juga mekanik nakal. Mentang-mentang konsumennya gak ngerti, motornya dinakalin. Spare parts masih pada bagus, tiba-tiba dipretelin dan diganti baru biar bengkel untung banyak. Tapi bengkel yang jujur juga masih banyak kok. Kalo gue biasa merekomendasikan bengkel Planet Ban buat urusan servis motor dan ganti oli. Di situ spare parts-nya asli, mekanik gak rese, olinya ester asli dari brand X-Ten, tarif juga masuk akal.
Setiap tempat usaha pasti punya jam tutup, kecuali toko-toko tertentu yang buka 24 jam. Nah, bengkel juga pasti punya jam buka dan jam tutup. Sayangnya, ada aja konsumen yang gak bisa menghitung waktu. Beberapa menit sebelum jam tutup, tiba-tiba datang dan minta ganti oli. Padahal mekaniknya udah capek seharian, udah siap-siap mau pulang, bahkan sebagian peralatan mungkin udah dibereskan. Eh, dia jadi harus kerja lagi. Kurang-kurangin begini ya, gan. Jaman digital gini, bisa kan, cari informasi jam buka dan jam tutup bengkelnya kapan. Kalo udah mepet jam tutup, sebaiknya cancel aja, kecuali urusan emergency. Kalopun hanya bisa ke bengkel menjelang jam tutup, sebaiknya reservasi dulu biar mekaniknya bisa siap-siap (biar gak berekskpektasi pulang cepat-cepat ).
7. Nanya dulu
Kayaknya yang begini tuh pengguna motor pemula kayak pelajar atau cewek-cewek yang you know lah, mayoritas gak ngerti masalah bengkel. Datang ke bengkel, nanya-nanya soal ganti oli, harga/tarifnya berapa, berapa lama ganti olinya, harus daftar dulu apa enggak (kayak mau ke rumah sakit aja ), dll. Kadang malah nanya “Ini motor saya udah harus ganti oli belum ya?” Ujung-ujungnya, mereka bilang, “Tanya-tanya dulu ya. Besok ke sini lagi.” Ada yang besoknya beneran datang, ada juga yang enggak. Entah beneran nanya atau mereka tim intelijen dari bengkel saingan? Wkwkwk. Tapi bener, kalo gak ngerti, emang bagusnya tanya-tanya dulu aja. Tanya baik-baik dan sopan. Kalo malu nanya langsung, bisa hubungi costumer service-nya via telepon atau DM ke medsos bengkelnya.
Tipe apa lagi ya? So far itu sih yang gue ingat
Kalian termasuk tipe apa nih, gan?
Kalo ada yang kerja di bengkel, bolehlah tambahin pengalamannya di thread ini
Segitu dulu thread gue. Mohon maaf kalo ada kata-kata yang salah.
See you on my next thread
pengennyusu dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.9K
Kutip
91
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!