Sadis, Terekam Kamera Cara Kerja Ekspedisi Terhadap Barang Konsumennya (Autopecat!)
TS
iskrim
Sadis, Terekam Kamera Cara Kerja Ekspedisi Terhadap Barang Konsumennya (Autopecat!)
"Lempar... dan lempar... bodo amat! Yang penting kerjaan selesai." itu mungkin kata yang tercetus dalam benak si oknum di video ini. Nggak perduli nasib barang konsumennya jadinya akan seperti apa bentuknya. Lecek, terlipat, sobek, patah, pecah, dan lain sebagainya. Bodo amat! Lieur.
Entah, apakah mereka ini sedang ada masalah dengan keluarganya, atasannya, atau karena lagi pe-em-es,. Apapun alasannya jelas sudah yang dirugikan adalah konsumen. Kalau para barang itu bisa ngomong pastinya akan protes dan melakukan serangan balik, sayang itu hanya terjadi di cerita dongeng, saudara.
Kita yang melihatnya saja gemes alias gregetan melihat video ini, rasanya kepingin nge-gaplok itu oknum, apalagi pemilik asli barang dalam video tersebut. Bisa-bisa digeruduk konsumen sekampung. Dan paling ujung-ujungnya si oknum cuma bisa bilang "Minta maaf, Saya orang kecil, Gaji nggak sesuai,"dan alasan tetek bengek lainnya.
Apapun alasan mereka seharusnya kerja mereka tetap profesional, karena apa yang mereka kerjakan adalah sebuah tanggung jawab, amanah, dan kepercayaan besar yang diberikan konsumen pada mereka dan perusahaannya.
Entah apa yang ada dalam fikiran mereka, gabut beneran atau memang dengan sengaja berlaku demikian karena berniat menjatuhkan nama perusahaan? Who knows, kan? Persaingan usaha memang kejam, tapi ini mungkin terlihat lebih ke personal, ya. Hm.
Dalam video terlihat jelas bagaimana cara oknum ini bekerja, melempar barang bak atlit lempar cakram.. barang yang dilempar begitu cepat, melesat.. wusssh dan bruk! Jatuh dan bertumpukkan antah berantah gak karuan.
Anehnya beberapa teman lain yang berada disitu hanya diam tidak berusaha menegur si oknum tadi. Apakah takut atau ini sudah menjadi kebiasaan mereka yang lolos kontrol dari atasanya? CCTV kemana?
Begitu tidak berharganyakah barang atau dokumen itu bagi mereka, malah menganggap ini sebuah beban pekerjaan? Padahal kalau kepergok atasannya langsung dapat surat peringatan atau auto dipecat! Sadarkah kah kalian diluar sana banyak antrian pengangguran berharap bisa bekerja di perusahaan ekspedisi? Kalian malah kerja seenaknya, kalau capek ya istirahat.
Kalau melihat videonya saya dan anda pun jadi tidak yakin saat barang itu diterima oleh konsumen dalam keadaan baik, jauh dari kata rapih atau malah sudah tidak utuh, ya? Entahlah.
Rupanya kejadian ini bukan cuma di ekspedisi darat, tapi sejak lama beredar isu tak sedap kalau ekspedisi laut dan udara pun nyaris tidak ada bedanya, tidak semua tapi ada. Belum lagi sederet daftar barang penumpang yang hilang, barang dibuka paksa oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang akhirnya konsumen selalu dirugikan.
Semoga saja para oknum ini sadar dan kembali kejalan yang benar. Kalau misalkan ada keluhan dengan atasan atau perusahaan sebaiknya kan dibicarakan baik-baik. Kalau kerjamu benar pastinya perusahaan tidak akan keberatan, iya kan?
Mengemban amanah dan kepercayaan memang berat apalagi tidak dilakukan dengan sepenuh hati, capek kerja ya minta cuti, sak tekane... tapi jangan sampai ujung-ujungnya merugikan orang lain juga, kali! Sempruuul.
Original Posted By gushastoko►Pernah kirim barang pake Si merah, paket usb yg dimasukin ke dalam box, ditanya itu apa, ya dinjawab data usb. Eh hbs bayr itu dilempar kotak paketnya. Lah saya kaget,gila aja, meski usb gak pecah, tp gak sopan banget. Gak ada etika. Capek capek bungkus yak, maen lempar ja.wkwkkwkwkw.saya terdiam agak lama ngeliatin itu petugasnya, trus temennya protes ke dia, dia jawab enteng,khan bukan pecah belah jadi di lempar gpp.
Aje gile, pengen saya lempar itu petugas pakai kuah pop mie temennya. Wkwk tp inget dia perempuan. Jadi saya sindir aja, meskipun bukan barang pecah belah, tp punya etika dong, orangnya masih disini. Anda ini dulu waktu sekolah diajarin etika dan moral gak? Klo iya guru pkn anda gagal dalam mendidik anda. Si petugas itu diem, temennya minta maaf. Hahahahah
Quote:
Original Posted By eoneh►Ujung²nya yg kena bintang 1 sellernya oleh new buyer
Quote:
Original Posted By wonxintinxxx►Ya wajar bos, gaji pegawai expedisi berapa bos, mana kerja ampe malem banget, capek mereka bos, belum kurir juga sekarang ga maen gaji, maen komisi per paket doang mana ampe jam 10 malem masih kirim, seharusnya pihak pengirim mengemas paket sekuat mungkin, misal gue jualan lampu, pengiriman gue bungkus bubble warp trus gue masukin potongan pipa paralon, di jamin kuat di banting kek gimana pun, lagian lu kirim paket reguler minta perlakuan spesial yg kirim paket bukan lu doang, tapi ratusan ribu orang
Gue ngomong gini karena gue tahu gimana capeknya kerja expedisi
Quote:
Original Posted By zangetsu89►Saya juga dulu pernah terekam cctv di rumah, kurir paket nganter gak karuan, padahal isi paketnya laptop, hp pavilion gaming keluaran pertama waktu itu, eh paketnya cuma ditaro di atas meja di ters rumah, sorenya saya pulang ke rumah, langsung saya lapor ke kantornya, langsung di panggil kurirnya dan di pecat saat itu juga, soalnya bakal jelekin nama ekspedisi kalau barang sudah di antar, gak ada yang terima terus hilang
Quote:
Original Posted By .wendy.►keknya cape tu makanya main lempar
temen ane juga pas kerja dibagian gudang si merah ngeluh mulu, habis selese satu kontainer, dateng lagi kontainer, gk ada istirahatnya, mana gajinya kecil, akhirnya cuma tahan 2 minggu
tapi emang orgnya tukang ngeluh sib
Quote:
Original Posted By am88►saya pernah pesan bakpia dr jogja pas sampai aduhai ancur mina, remuk redam..
bakpia beneran ya bukan bakpia abal abal yang dikukus itu, ternyata begini toh perlakuannya
sama seller udah dibungkus rapi rapet dan bubel wrap, kalo modelan dilempar lempar kasar bgini produk apapun pasti hancur dan penyok
Quote:
Original Posted By gakpakeid►keknye lakban fragile kudu nambah kalimat lagi nih "jangan dilempar"
pantes kiriman gw pake dus baru, sampe customer kek kardus umur tahunan
Quote:
Original Posted By cj7cell►Di tempat ane ada beberapa ekspedisi, yg sering ane liat kayak gtu sich yg merk the flash. Walaupun ada customer ga peduli mereka.
Quote:
Original Posted By the.pria.tampan►Klo gak mau kerja di kurir, ya keluar aja, drpd kerja ngerusak
Quote:
Original Posted By cureinpotion►Nah ini temen ane kerja di salah 1 ekspedisi.
Masalah barang dilempar begitu dan suka dibuka memang benar. Katanya si untuk pengecekan ulang tkut barang berbahaya, entah itu bener SOP apa oknum yg merugikan.soalnya ane pribadi belum pernah kerja di ekspedisi
Quote:
Original Posted By nayeontwice►ane kalo order barang chat sellernya supaya ditemepelin stiker fragile..selama ini gak pernah ngalami barang datang rusak,,mudahan jng pernah
Quote:
Original Posted By tsuyaaknot►Bayangin ngirim vga rtx kena kurir yang kaya gini.. Siapa yg di salahkan? Pemerintah?
Quote:
Original Posted By agoenx2580►makanya beli aja di toko langsung, gak pake ekspedisi2an
Quote:
Original Posted By Stand_Not_Still►Ane ga belain mereka, tapi memang rata2 semua gitu. Makanya kalo beli wajib packing aman, barang di karungin jadi satu terutama yang keci, di tumpuk semua. Y sekarang persaingan semakin ketat, perang harga, yang di bawah di gencet, barang di jejalkan, target harus di penuhi...
Paket pool to pool jakarta surabaya saja dihitung Rp2.000,- untuk kargo, jadi ya bisa di bayangkan barang wajib full kalo ga mau rugi. Kalau yang dianter ada hitungan lagi per area.
Quote:
Original Posted By johny2wong►Masih punya kerjaan tp kerjanya ky gitu. Kl udah dipecat dan susah cari kerjaan. Lalu ngamuk2 menyalahkan sana sini. Minta ganti ini itu.
Sedikit cerita, gw barusan beli onlen part PC. Barangnya kebetulan kecil dan tipis. Udah khawatir duluan pas beli. Untung tokonya emang udah pro urusan pengiriman onlen. Jd dikasih bubble wrap cukup tebel. Walau gt gw gk mau ambil resiko. Jd bayar tambahan asuransi yg bakal dibalikin duit 100% kl barang tiba dlm keadaan rusak. Untungnya, barang datang dlm 2 hari (padahal pake pengiriman reguler) dan dalam keadaan baik2.
Quote:
Original Posted By Tanzmania89►Yah mungkin itu bukan barang pecah belah atau rawan punya
Beginian mah uda bukan makanan baru lagi
Kondisi lapangan mah cust memang sulit untuk di cerna
Quote:
Original Posted By PrinceArthur►nanti diganti mesin demoo...
Quote:
Original Posted By Meta.Cooler►dan yg apes tu seller yg jual tu barang dapet rating bintang satu karena barang rusak dsb...padahal yg salah ekspedisinya
Quote:
Original Posted By aliensia►Harusnya kalo emang bener2 dijalanin, paket yg fragile dan rawan rusak gk bakal di lempar karena udah di sortir dari paket2 biasa. Jadi gk terlalu masalah di lempar (bagi gw)... tapi ya banyak juga yg dah fragile bahkan di bikin peti kayu tetep ancur .
Ini karena pegawainya gk ngikut SOP soal barang fragile, entah di tumpuk lebih dari batas wajar, pengantaran paket yg barbar, dsb... selain itu sudah pasti gara2 kejer tayang.
Quote:
Original Posted By sontoloyo81►Malah gosipnya
Di airport
Kalau tas/bungkusan dipasang
Stiker fragile
Pas masuk pesawat
Sengaja dibanting2
Quote:
Original Posted By diknab►Mau dimaklumi ga? Klo gw sih maklumi.. yg salah perusahaan ekspedisinya. Ngasih target tinggi yg ga masuk akal dgn jumlah karyawan terbatas.
Quote:
Original Posted By fox.render►Ya kalo maunya di perlakukan baik. Sdmnya juga harus nambah.
Quote:
Original Posted By hatta.karo►Seperti nya itu dari si cepet, gk dimana2 memang gitu, dah sering lihat main lempar aja, ane tau karena ane jualan online juga setelah beberapa kali barang ane penyok ane putuskan gk pake doi lagi, aman Tiki lah walau berbayar bukan free ongkir
Quote:
Original Posted By adyjoan►ane ada di dua posisi sebagai konsumen dan pekerja logistic bre
dan kerja di logistic bre, hal semacam itu udah lumrah dan udah biasa, dan mereka bodo amat.
presure dari manager untuk unloading truck dan loading truck dengan waktu yg sedikit dan terus menerus,
klau gak gitu barang pesana konsument bisa sampai berbulan bulan ke tangan konsumen,
bagi yg koment, biadab dan bancat untuk pekerja di bagian itu, pikir lagi, apalagi belanja yg pengen nya grartis onkir.
nah ini pas posisi gw di konsumen, yg gw lakuin kalau barang pesanan gw ancur, gw komplain minta ganti rugi dan kirim minta yg baru, klau gak di kasih, tinggal dispute aja ke credit card, minta balikin duit gw, simple bre,
gak mau debat, apalagi sampe ada yg bilang, "" eh kalau loe gak suka gawe di situ dan cape, tinggal berhenti ajha dan atau cuti "" gw bilangin, mau orang nya beda atau ganti ganti juga, bakalan sama, toh sistem nya udah kayak gitu. , perbudakan jaman modern
selamat berbelanja online
Quote:
Original Posted By maverixasli►Gue dulu 7 tahun di ekspedisi
Bukan si merah ya
Ada lah pindah2, tapi gak pernah di bagian gudang / checker..
Dan gak pernah di simerah 2 itu..
Karena 2 merah itu kan itungannya masih baru di indo..
Yaaa emang gitu semua rata2 kalo yg bagian gudang..
Lu pikir di ekspedisi gaji nya sesuai sm tingkat stress dan kelelahan bekerja?
Ada lemburan?
Ada asuransi?
Ada BPJS TK?
Kagaaaaa..
Ngimpiiiiiiii..
Wong barang ilang 1 biji aja bisa langsung dipecat kok..
Itu dilempar karena tuntutan biar bongkar cepet selesai..
Karena masih buanyak lagi kontener antri yg mau masuk..
Kalo kerja lelet dan tiap barang diliat diraba diterawang isi nya apa, barang2 orderan online lu semua gak bakal nyampe sesuai estimasi..
Yg mereka tangani itu sehari bukan cuma 3000 5000 paket, tapi udah puluhan ribu paket, bahkan ratusan ribu kalo lagi rame..
Makanya itu seller suruh packing yg aman, dan buyer juga minta seller packing yg aman..
Kalo bisa berlapis2 tuh bubble nya..
Antisipasi kalo digudang ketemu checker yg kaya gitu..
Kalo bisa, barang berharga itu di packing kayu dan sebisa mungkin kalo ada pengiriman instan, pakai instan..
Cari seller yg dekat..
Sekedar ngasih tau aja di ekspedisi tuh handling barang nya kaya gimana.. dan biar pada antisipasi..
Quote:
Original Posted By dnu2104►tidak berlaku prinsip ada harga ada rupa, semua sama mau cepet mau lambat jadi peyek semua,.. jadi pengen kirim paket hewan berbisa ke ekspedisinya
Quote:
Original Posted By shandzz►Udah ga heran, walaupun para Seller e-commerce minta add on bubble wrap ke buyer tetep aja pas sampai dirumah dus pada penyok.
Intinya kalau beli barang yg 'fragile' jgn di online
Quote:
Original Posted By fishmanish►serba salah sih mereka ngejar waktu jg,, cape juga bongkar satu kontainer dateng kontainer lagi gitu terus,,
jumlah kurir brp, dibandingkan dengan ribuan paket per hari,,
ditambah lagi jam kerja ampe brp lama, dan gaji seberapa.
bener2 ga balance.
kalo dibikin selow diambilin satu2 ditaroh pelan2 ya ga bakal keturutan itu sameday/next day. Sedangkan konsumen maunya cepat.
klo dilempar masi ok lah, asal packing bener bubble wrap dll, ane kira masih aman. Asal ga keinjek, klo keinjek udah bubar,, mau packing kaya gmn jg remuk nanti dalem nya,
Quote:
Original Posted By vaantw88►Sudah dari dulu kayak gitu. Ekspedisi kerjanya harus cepat, kalau ga mencapai target bakal kena semprot dari pimpinan. Makanya ane belanja online selalu cek ada bubble wrap & kardus ga.
Karyawan ekspedisi cuti?? Misal sakit atau ada keluarga yg meninggal & ga masuk sehari aja bakal dimarahi bos. Belum lagi kerjanya banyak lembur. Ane tau ini dari teman² ane yg bekerja di ekspedisi.
Quote:
Original Posted By anyelire►Akibatnya kalau orderan dg SDM kurang balance
Quote:
Original Posted By anti.suap►Semua kerjaan ya cape.
Nganggur aja cape.
Alesan bodoh yang bilang boleh nglempar karena capek
Quote:
Original Posted By gikogaza► yg oon pasti salahin penjual
Padahal penjual kalo kirim paket dlm keadaan rusak / sobek pasti di tolak
Quote:
Original Posted By rachmansdk►Karna saking banyak nya paket, mereka tinggal lempar" aja sudah. Makanya ane sering hati" kalo belanja online, ane selalu minta tambahan bubble warp. Karna sering banget ane dapet paket dus penyok, sobek bahkan basah, bahkan patah atau pecah.
Quote:
Original Posted By uki49►Ga kebayang kalo barangnya gede2 kayak kulkas, mesin cuci, ac, dll.
Auto jd hulk tuh orang tiap hari work out.
Quote:
Original Posted By alderlake►Kalau masih ada yg ngeluh, kerja jadi bongkar muat gudang gajinya kecil kerjanya berat, ya jangan kerja dsitu bego!! cari kerjaan lain yg menurut lu enak. Gaji yg selalu lu kambing hitamkan. Harusnya lu mikir kalau lu punya ilmu dan pengalaman lu kgag bakal kerja di gudang.
Quote:
Original Posted By dimashardi►gw udah pernah kejadian bluray disk retak, padahal udah dibungkus BW. rugi 150rbu, mau minta ganti rugi gabisa karna ga pakekin asuransi
Quote:
Original Posted By highbenefit►klo pengalaman ane jualan barang pecah belah, mending tes banting sendiri gan. tapi jarak 1 meter aja lah cukup. jangan dibanting kaya orang maen WWE yak. soalnya ya pasti udah tau lah itu paket entah posisinya paling bawah atau dimana kita ga tau.
wanti2 kejadian, aman nyaman ya pasti packing kayu kata abangnya. sebenernya mah yang bener packaging.