Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Di Indonesia sekarang, kalau saya perhatikan segmen pemakai motor terbesar terbagi menjadi 3. Saya sebutkan berdasarkan urutan pemakai terbanyak dulu ya, dimulai dari; pemakai motor matic, pemakai motor bebek, dan pemakai motor kopling.

Dari ketiganya motor koplinglah sepertinya penjualannya terkecil dibanding matic dan bebek yang penjualannya selalu bersinar dan disambut hangat oleh pecintanya dan selalu ditunggu kehadirannya mulai anak bocil baru bisa naik motor, pekerja, emak-emak, sampai kakek nenek.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa pasar motor kopling the real mogehingga detik ini seolah tidak tergerus oleh matic dan bebek? Padahal kita tahu belajar dan naik motor kopling itu termasuk susah dan "lebih tidak praktis" dibanding motor lain.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

FAKTA. Yang jarang orang sadari adalah naik motor kopling untuk melatih dan menguji kesabaran untuk tidak ngebut secara instant, tapi begitu melesat akan meninggalkan semua.

Sekarang kita lihat peminat motor bebek yang semakin sedikit, penjualan mulai lesu karena menurut saya sudah tidak seramai dulu, konsumen sudah bosan dan bebek semakin minim inovasi. Melihat ada tawaran yang lebih fresh dan praktis tinggal gas dan rem maka matic kini menjadi idola baru.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kembali ke motor kopling atau batangan, semua pasti setuju akselerasinya motor kopling berbeda. Semua motor memang bisa diajak ngebut, tapi ngebut pake motor kopling itu asiknya beda, sensasinya beda, kalau lagi iseng bisa 'bleyer-bleyer' mainin knalpot dan bergaya ala pebalap internasional.

Soal perawatan dan keawetan motor kopling harian lebih minim perawatan dan partnya murah, karena diameter ban yang lebih besar, profil ban lebih lebar maka ketika melibas jalan keriting lebih nyaman akan lebih tahan lama juga karena rotasi ban dan rantai jadi lebih sedikit, engine brake dan spontanitas gas yang mantap, minim getaran dan badak. Kalau motor bebek atau matic pasti bergetar semuanya, harus pelan saat melewati jalan rusak ataupun polisi tidur.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Kelebihan motor kopling dibanding motor lain semakin kencang akan semakin enak di kecepatan tinggi, tampilan sangat manly dan sporty, karena profil bannya lebih lebar dengan body lebih besar maka akan lebih stabil meski bertemu di jalan basah dan di tikungan, untuk perjalanan jauh pastinya lebih menyenangkan.

Dari banyaknya kelebihan dimotor kopling tantangan dan kesulitan yang dihadapi adalah kita tidak bisa memakai motor kopling hanya dengan satu tangan, harus oper gigi untuk mendapat akselerasi lebih baik, karena berbobot dan berdimensi lebih besar ketika bertemu kemacetan membuat pengemudinya cepat lelah (tangan kiri cepat pegal karena jadi sering memainkan kopling, sulit manuver di celah sempit, jalan yang sering stop and go membuat kaki terasa panas karena berada di dekat mesin), ekstra sabar karena sering didahului motor lain yang dimensinya lebih kecil dan lincah ditempat sempit.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Menurut saya orang yang membeli motor kopling biasanya memang pecinta motor sejati dan kemungkinan dia juga punya motor kedua, entah motor bebek atau motor matic sebagai pemakaian hariannya. Jadi sepertinya kehadiran motor kopling masih lebih panjang dari keberadaan motor bebek yang sempat menjadi idola era 90an seperti halnya motor matic sekarang ini.

Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Dimasa depan mungkin motor kopling akan tetap ada dan diproduksi meski secara angka tidak besar, tujuannya adalah untuk menjaga pasar, menunjukkan produsen pernah dan bisa membuat motor kopling yang modern dimasanya dan kelak menjadi barang koleksi pecinta motor batangan sejati. Setuju?


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!

Sebuah opini
Img. Gugel


Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Inilah Alasan, Motor Kopling Masih Diterima Masyarakat, Matic Moge Minggir Dulu!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-06-2022 09:11
rassakhiy
rassakhiy memberi reputasi
28
10.5K
221
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Tampilkan semua post
KyraAltairAvatar border
KyraAltair
#12
Quote:


Suhu Otomotif @jlamp komen donk om

nambahin aja sebagai pengguna motor seprot buat harian

alasan gw kenapa pilih motor kopling

1. Full/Total Control, tidak seperti matic yang "pasrah" bae

2. Banyak sistem remnya, enggak sekadar dua rem depan dan belakang, Kopling dan Engine Break itu juga bisa berfungsi sebagai rem sebelum benar2 pakai remnya, ditambah lagi di beberapa motor juga dilengkapi ABS

3. Double Throttle atau apalah namanya gw lupa, gak seperti motor2 metic kebanyakan, motor seprot biasanya sudah punya Throttle 2 arah, jadi masih terkait nomor 2, membantu sistem pengereman, selain bisa ditarik untuk jalan, bisa juga didorong untuk menurunkan putaran mesin yang artinya juga menurunkan kecepatan

jadi kalau ngerem mendadak, enggak nyungsep macam metic, sekali ngerem mendadak itu udah kayak ngeluarin combo di game fighting

engine break dengan throttle down, gear shift, teken kopling, injak rem belakang, pencet rem depan, dan terakhir ABS kalau ada (CMIIW ya, ini combo gw, kalau salah mohon para suhu koreksi)

kalau metic biasanya ciwi2 kaget langsung pencet rem kanan kiri ala naik sepeda, dalam kecepatan menengah dan kencang udah auto ndlosor di aspal, gak ada angin ga ada ujan aja bisa ndlosor

4. Body Motor lebih besar, beserta Bannya juga lebih lebar, menghasilkan kestabilan yang lebih tinggi dibanding motor2 matic krempeng macam embit, tp klo sekelas NMax & XMax ya gk begitu beda jauh lah ya soal kestabilan

pengalaman gw pakai motor bebek yg gak jauh beda dengan matic ukurannya, itu entah sudah berapa banyak celana gw robek dan luka permanen yang membekas di tangan dan lutut gw hahaha

setelah gw ganti ke motor seprot, alhamdulillah motor gw banyak lecetnya tp bukan karena jatoh, dilecetin sama orang di berbagai parkiran -_-

karena gw gk pernah jatoh, meskipun secara fisik gw lagi menderita skoliosis dan pelvic tilts alias "cacat fisik", jadi ngendarain motornya miring2 geje, tp selama gw berkendara di jalan yang penuh dinamika orang2 bodoh dan kontur jalanan yang nyaris bikin gw celaka, gw tetap bisa ngontrol jauh lebih baik dibanding saat gw mengendarai bebek/moped, apalagi kalau semua tulang2 di badan gw masih sehat dan normal

terutama saat pengereman, salah satu alasan gw berkali2 jatoh saat naik bebek itu karena sering banget terjadi brake lock dan slip

meanwhile motor seprot gw sekarang meskipun blom dilengkapi ABS enggak pernah terjadi brake lock, pernah terjadi sekali itupun gw rasa karena kurang maintenance aja tapi gk jatuh tuh, masih bisa gw kontrol

nah, motor bebek atau metic krempeng itu juga pasti lebih oleng ketika di tikungan, apalagi klo ada pasir beuh, makanya gw beberapa kali slip dan jatoh ketika belok


jadi kalau kata TS yang make motor kopling itu karena pecinta motor itu benar, tapi kalau saya sendiri bukan cuma itu, selain pecinta motor saya juga pecinta keselamatan dan ketertiban dalam berkendara

karena faktanya banyak pemakai motor kopling terutama yang seprot2 itu bodoh, mereka beli motor itu simply karena hobi atau pingin keren semata, makanya penampilannya dan gaya berkendaranya enggak mencerminkan sebagai orang yg peduli keselamatan,

yang gak pakai helm atau pakai tapi helm abal tp motornya dimodif + knalpot aftermarket kw

yang spion dilipet atau bahkan dicopot seperti yang baru viral

yang sign lamp depan diganti model tempel, yang sign lamp belakang diganti tipe mini atau bahkan dicopot beserta dudukan platnya juga

yang boro2 pake riding gear lengkap dan berkualitas seperti jaket dengan windshield, shoulder, chest, back dan elbow protector dan sarung tangan dengan protector, ini malah pake sendal jepit, celana pendek sama kaos doank tp motoran ke jalan besar
Diubah oleh KyraAltair 29-06-2022 10:03
hojosenpai861
hojosenpai861 memberi reputasi
6
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.