Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rai2022Avatar border
TS
rai2022
CARA CANTIK MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE
CARA CANTIK MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE

Tak sedikit ditemukan penjual yang pelayanannya tidak memuaskan. Entah itu sengaja dilakukan dengan curang, entah memang tidak disengaja karena pesanannya sedang overload, atau entah karena kesalahan dari jasa ekspedisi yang mengantarkan barang pesanan.

Namun, sebagai pihak pembeli pastinya tidak ingin dikecewakan atau tidak ingin benar-benar kecewa karena barang pesanannya ternyata dikirim tak sesuai harapan.

Pun, sebagai pihak penjual, tentu tidak ingin dirugikan.

Lantas harus bagaimana jika ternyata barang yang datang kenyataannya cacat, rusak, kurang, maupun salah ukuran atau sama sekali malah tidak diterima, tetapi dalam laporannya barang sudah sampai?


CARA CANTIK MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE
Tentu saja harus melakukan komplain, 'kan?
Dan tentunya komplainnya harus disesuaikan dengan permasalahan yang diterima juga, 'kan?


INILAH CARA CANTIK DALAM MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE


KASUS 1

DALAM LAPORAN BARANG SUDAH SAMPAI, TETAPI KENYATAANNYA BELUM DITERIMA SAMA SEKALI


CARA CANTIK MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE
Dalam kasus ini, tentu saja pihak pembeli maupun penjual sama-sama di posisi dirugikan, karena kesalahan bukan pada penjual melainkan pada pihak ekspedisi atau kurir yang mengantarkan barang pesanannya.

Lalu bagaimana mengajukan claim atas kasus ini?

*) Hubungi pihak penjual, lalu bicarakan kalau barang belum diterima, tetapi dalam laporan barang sudah sampai. Ajukan dulu pengajuan pengembalian dana untuk sementara, sampai diketahui faktor penyebab timbulnya kasus ini dan jangan menekan kolom penerimaan barang, karena barangnya kan belum diterima sama sekali.


CARA CANTIK MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE
*) Hubungi customer service di aplikasinya. Kalau misalnya menggunakan aplikasi Shopee, maka silakan hubungi customer service Shopee-nya. Bisa melalui pembicaraan telepon langsung, maupun lewat chat khusus yang disediakan di dalam aplikasinya.

*) Ungkapan keluhan kepada customer service. Sebutkan nomor resi pengiriman dan nomor pesanannya, lalu sebutkan barang yang dipesannya. Biasanya customer service akan bertanya siapa kita, pihak pembelikah atau pihak penjualkah? Lalu akan bertanya juga nama akun dan nomor telepon. Kemudian akan diminta untuk menyebutkan nomor pesanan, nomor resi pengiriman, lalu nama barang yang dipesan dan alamat. Jawab semua pertanyaannya dengan jelas.

*) Tunggu dan ikuti intruksinya. Jika dalam waktu yang ditentukan ternyata barang masih juga belum sampai, maka tak perlu khawatir, karena dananya akan dikembalikan, dengan catatan sudah melakukan pengajuan pengembalian dana.

*) Cara lainnya telepon pihak ekspedisinya, lalu sebutkan nomor resi dan tanyakan di mana barang pesanan kita.


KASUS 2

BARANG YANG DITERIMA TERNYATA CACAT, RUSAK, KURANG KIRIM ATAU UKURAN TAK SESUAI

Untuk kasus yang kedua ini, hal yang perlu dilakukan adalah :

*) Biasakan sebelum membuka paket, lakukan video unboxingnya. Dari paket masih terbungkus utuh hingga selesai dibuka. Perlihatkan resinya, keutuhan packingnya hingga selesai dibuka dan diperiksa isinya. Jangan ada jeda, ya. Pokoknya harus full dari awal sampai selesai videonya.

*) Jika ternyata isinya tak sesuai harapan, maka setelah divideo silakan difoto juga isi paketnya.

*) Ajukan pengembalian dana, lalu sebutkan alasannya dan penyelesaiannya. Sertakan foto dan videonya. Jika ukuran videonya terlalu panjang, edit dulu kecepatannya, supaya durasinya jadi singkat kalau dipercepat. Video unboxing adalah bukti yang tak akan bisa disangkal oleh penjual jika penjualnya nakal.

*) Diskusikan dengan penjual untuk mencapai kesepakatan. Jika ingin melakukan retur maka silakan barangnya diretur.

*) Retur barang tentunya akan mengeluarkan biaya kirim. Tetapi, pihak aplikasi biasanya menyediakan fasilitas ongkir gratis untuk biaya pengiriman retur barang dengan ekspedisi yang telah ditunjuknya. Jika menggunakan ekspedisi selain itu, maka ongkir retur ditanggung sendiri. Kalau ingin pake fasilitas yang ada, Ini tentunya mesti mengikuti prosedur yang ada. Ambillah resi pengembalian barang yang telah disediakan oleh pihak aplikasi. Biasanya kalau shopee resinya dari J&T, selain yang itu harus bayar sendiri.

*) Kirimkan barang yang akan diretur dengan menyematkan alamat dan nomor resinya. Jika menggunakan fasilitas dari aplikasi. Kalau perlu diprint saja biar langsung tempel. Jika memang tidak bisa diprint, maka tulis tangan saja alamat toko pengembalian barang dan nomor resinya.

*) Tunggu barang hingga sampai ke tangan penjual, maka proses pengembalian dana akan dilakukan segera. Jika misalnya returnya tukar barang, ya nanti tunggu saja barang penggantinya. Biasanya pihak penjual enggan membayar ongkos kirim baliknya. Penjual biasanya membebankannya kepada pembeli. Dalam hal ini silakan dipikirkan kembali. Mau tukar barang atau tidak? Ini harus dibicarakan sebelumnya dengan penjual di ruang diskusi.


CARA CANTIK MENGAJUKAN KOMPLAIN DI TRANSAKSI ONLINE
"Jual beli yang baik adalah yang disepakati bersama tanpa ada pihak yang dirugikan atau terbebani. Agar semuanya menjadi berkah."




ushirota
ushirota memberi reputasi
1
676
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Tampilkan semua post
anoezarAvatar border
anoezar
#3
Gw mau komplain karena barang g sesuai mlh langsung di blok emoticon-No Hope
rai2022
rai2022 memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.