- Beranda
- The Lounge
Truk ODOL Sumber Petaka di Jalan
...
TS
traffic.lights
Truk ODOL Sumber Petaka di Jalan
Akhir-akhir ini mungkin sering terdengar di media masa membahas tentang permasalahan ODOL. ODOL disini bukan merk pasta gigi ya, tetapi kepanjangan dari Over Dimension and Over Loading, dimana ODOL ini merupakan Truk yang melebihi ketentuan dimensi kendaraan dan melebihi muatan kendaraan.
Truk ODOL ini menjadi sumber petaka dalam Lalu Lintas Jalan karena sering menimbulkan permasalahan di jalan. Untuk lebih lengkapnya dapat kalian simak melalui Video di Bawah:
Bila Odol pasta gigi dapat mencegah gigi berlubang, berbeda dengan truk ODOL merupakan biang dari banyaknya lubang-lubang di jalan karena dengan barang yang di angkut melebihi muatannya berdampak pula dengan kerusakan jalan karena Muatan Kendaraan melebihi kekuatan jalan yang dilalui.
Selain Itu Truk ODOL Juga berpotensi menimbulkan kemacetan karena truk bisa terguling di jalan dan terkadang ada kerusakan berupa patahnya sumbu roda karena beban muatan yang berlebih.
Bahkan Truk ODOL dapat menimbulkan kecelakaan yang merenggut korban jiwa karena Truk ODOL dapat berpotensi menyebabkan Rem Blong karena sistem pengereman tidak mampu menahan laju truk karena beban yang berlebih.
Oleh karena itu, truk yang ODOL ini perlu dilakukan Normalisasi, yaitu pengembalian Truk sesuai dengan dimensi yang disyaratkan sesuai dengan SK rancang bangun kendaraan tersebut.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penulis : Traffic Lights
dcmatrix21 dan provocator3301 memberi reputasi
3
1.1K
12
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.3KThread•87.9KAnggota
Tampilkan semua post
bataraismoyo
#2
Cobalah TS sekali² berpikir dengan memposisikan diri sebagai pemilik truk atau pengusaha yg membutuhkan transportasi memakai truk.
Sekedar contoh, truk seperti Mitsubishi canter itu muatan maksimal harusnya sekitar 4,5 ton. Sedangkan realisasinya untuk muatan pasir 8 kubik itu 11-12 ton. Jika dipaksa hanya boleh mengangkut 4,5 ton kira² cuma dapat berapa kubik? Sedangkan biaya operasionalnya juga gak terlalu signifikan turunnya. Apa kira² orang mau dan tidak keberatan membeli pasir yg hanya 3 kubik dengan harga 2 juta?
Sekedar contoh, truk seperti Mitsubishi canter itu muatan maksimal harusnya sekitar 4,5 ton. Sedangkan realisasinya untuk muatan pasir 8 kubik itu 11-12 ton. Jika dipaksa hanya boleh mengangkut 4,5 ton kira² cuma dapat berapa kubik? Sedangkan biaya operasionalnya juga gak terlalu signifikan turunnya. Apa kira² orang mau dan tidak keberatan membeli pasir yg hanya 3 kubik dengan harga 2 juta?
kottatoki57971 dan traffic.lights memberi reputasi
2
Tutup