Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Keputusan Tokopedia yang terkesan buru - buru dalam kendala produk bergaransi resmi

fairway5gAvatar border
TS
fairway5g
Keputusan Tokopedia yang terkesan buru - buru dalam kendala produk bergaransi resmi
pertama - tama ijinkan saya untuk menulis uneg2 yang terjadi hari ini. sebenarnya sudah lama saya bergerak di bidang jual beli online, sejak fjb kaskus kemudian ke lapak merah, oren, biru dan pastinya tokopedia juga. namun setelah berkutat hampir beberapa tahun sejak pembuatan toko online di platform tersebut, kasus kali ini dapat dibilang cukup menarik dan membuat risau sehingga saya membuat SP ini, dimana seharusnya untuk orang yang berkecimpung di dunia online sudah menjadi makanan sehari-hari. terlebih reseller elektronik khususnya HP

garis besarnya user membeli hp dan menemukan kendala hp tersebut buram untuk foto, dan mengajukan penukaran unit. detail screenshoot adalah sebagai berikut

terlampir percakapan dengan pembeli sebelum komplain:

Spoiler for Chat:



foto berikut adalah hasil foto xiaomi redmi note 10 pro yang dikomplain

Spoiler for foto:



diskusi setelah komplain dibuat

Spoiler for diskusi:



keputusan yang langsung menyetujui pengembalian produk.

Spoiler for keputusan:



sebenarnya agak kecewa dengan keputusan tersebut, adapun uneg2 saya adalah:

1. pengembalian sudah pasti buka segel, belum lagi bila diterima mentah2 maka akan susah dipasarkan kembali dan jelas harga jatuh sekitar 200rb

2. kendala autofocus seharusnya hanya masalah setting/software, mungkin dari agan2 ada yang pernah ingat redmi note 9 pro ada batch tertentu yang hasil fotonya tidak jelas juga, namun setelah beberapa saat ada update dan kembali bagus.

3. sebagai analogi, ketika membeli indomie dan tidak ada bumbu minyak di dalam, apakah iya kita boleh langsung menukar ke toko penjualnya?ok lah mie instan murah, pasti penjual tidak mau pusing dan pembeli juga males repot2 ribut karena bumbu saja dan memilih diam saja. tapi bagaimana dengan poin 1 diatas untuk elektronik yang harganya jutaan?

4. yang paling membebani adalah untuk alasan ambigu hasil foto, produk baru dapat serta merta dikembalikan, walaupun produk tersebut sudah ada garansi resmi, tapi kali ini saya baru sadar, ternyata kedepannya akan cape apabila berurusan dengan user yang tidak mau repot dan toped yang langsung ingin cepat selesaikan masalah. tiap bulan ada 1 kendala saja seperti itu, maka habislah semangat berjualan.

saya tidak tau apakah SP kali ini akan berfaedah, sudah jelas keputusan tidak akan berubah, sebab pembeli sendiri sudah tidak mau repot2 untuk mengecek produknya ke sc terdekat, padahal kemungkinan besar teknisi xiaomi bisa dengan mudah memperbaiki, atau hanya set sedikit kendala selesai.

kalau ada pembahasan,saya lebih tertarik kalau ada agan yang reply untuk share pengalamannya, yang ingin saya tahu, apakah memang benar semudah itu retur ke toko walau garansi resmi?sebab baru kali ini mendapat pembeli yang seperti tersebut, diluar pikiran itu hanya akal2an saja. pembeli lainnya ada yang memang pernah kendala hardware tapi mau untuk gerak ke SC terdekat, sehingga tidak pernah ada komplain serupa.

hal lainnya.apakah ada yang punya info kenapa tipe redmi note 10 pro bisa bermasalah foto buram?sebab tanya mbah google sama sekali tidak ada rujukannya.

terima kasih untuk yang membaca, akan terbantu apabila ada agan yang berpengalaman juga perihal ini untuk reply.
0
4.1K
21
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13.1KThread2KAnggota
Tampilkan semua post
fairway5gAvatar border
TS
fairway5g
#5
Update. Permasalahan dengan pembeli sp ini sudah selesai. Dan tambahan info, per hari ini ada update keluhan pelanggan lainnya untuk produk 9a. Walau tanpa komplain via toped, tapi info nya produk tidak dapat reboot dan dibawa ke sc xiaomi daan mogot, dan tidak dapat tukar baru. Sehingga ingin mencoba ganti baru ke pihak kami selaku toko dengan dasar akan dibuatkan surat dari sc tersebut.

Hancurlah. Dengan 2 kejadian yg berturut2 sangat disayangkan kualitas pabrikan xiaomi akhir2 ini. Reseller yang seharusnya tidak pusing dengan klaim dan cacat produk harus was was dengan produk yang dipasarkan. Sepertinya akan susah untuk xiaomi menjadi no.1 lagi apabila tidak memperhatikan kualitas perakitannya sendiri.
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.