• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Tips Beli Mobil (Pemula) Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Silau Dengan Model Terbarunya

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Beli Mobil (Pemula) Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Silau Dengan Model Terbarunya


[ HT# 883 ]

Ketika pemula berniat membeli sebuah mobil umumnya berpatokan pada harga, model, interior, dan teknologi yang tersemat pada mobil impiannya. Tentu saja kelebihan yang ada harus berbanding lurus dengan harga sebuah mobil.

Sekarang yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan 'masyarakat mendang-mending' dengan budget terbatas (tapi banyak maunya) saat ini adalah membicarakan mesin mobil terbaik versi penggerak roda depan (FWD) ataukah roda belakang (RWD). Sampai melupakan apa itu torsi dan tenaga (keduanya disebut satuan ukur) yang ada pada mesin mobil tersebut.

Secara umum, konsumen awam hanya melihat dan menilai sebuah mobil yang secara diatas kertas jika 2000 cc tenaganya lebih besar dan kencang dibanding yang 1.500 cc apalagi 1.000 cc. Memang benar, tapi ada hal lain yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik mobil pertama kali, yaitu kebutuhan pemakaian mobil harus sesuai medan dan peruntukkannya. Maka apa yang disebut torsi dan kecepatan harus jadi salah satu penentu dalam memilih mobil impian.



Torsi (Newton Meter), jika disederhanakan adalah sebuah karakter mesin yang lebih mengoptimalkan putaran bawah mesin (biasanya bermesin diesel). Mobil dengan torsi tinggi umumnya kecepatannya sedikit lebih rendah karena mobil bertorsi tinggi tidak berfokus pada kecepatan mobil, tapi pada kekuatan, putaran mesin, bergerak lebih cepat saat start, lebih tahan panas ketika posisi kendaraan (mobil, bus, truk) harus melintasi jalan menanjak, melewati rintangan yang membutuhkan daya dorong besar.

Mobil bertorsi lebih tinggi biasanya diperuntunkkan di daerah pegunungan, pantai, jalan rusak dan penyuka off road, jalan sering macet, Dibutuhkan torsi atau gaya dorong lebih besar untuk bisa melalui medan dimaksud, maka ketika berada di jalan mulus start awal mobil ini melaju lebih cepat, tapi kurang 'greget' dikecepatan tinggi.

Karena kaki tidak perlu injak gas dalam (sehingga putaran mesin tinggi) jarang panas berlebih, efeknya usia mesin lebih awet dan usia pakainya lebih panjang bahan bakarpun jadi lebih irit, sangat nyaman untuk jalan stop and go perkotaan yang sering macet, karena tenaga terisi terus, enak untuk manuver dan menyalip.



Sedangkan karakter mobil berkecepatan lebih tinggi (Horse Power) mampu berjalan lebih cepat saat diputaran atas, tapi untuk bergerak cepat itu membutuhkan kehadiran torsi lebih dulu, itulah mengapa mobil yang melaju cepat umumnya bertorsi rendah tapi akan melesat ketika mulai mendekati puncak putaran tertingginya .

Mobil berkecepatan atau bertenaga besar (biasanya berbahan bakar bensin) umumnya dipakai juga di perkotaaan tapi akan terasa 'mubazir' karena kinerjanya tidak maksimal sesuai peruntukkannya (kecuali bermesinkan diesel). Jika kamu tertarik dengan pilihan ini maka jika di brosur misalkan tertulis 110 HP, tetapi rpm-nya berbeda seperti mobil A 4.000rpm dan mobil B 6.000rpm maka pilihan jatuh di mobil B karena nafasnya lebih panjang di puncak tenaga maksimum 110 HP. 

Dan jenis mobil berkecepatan tinggi bisa dengan mudah kita temukan di balapan, jalan perkotaan, jalan tol dan aktifitas angkut barang (yang tidak terlalu berat) tapi ternyata juga digunakan pada mesin kapal laut.

Tapi apakah torsi dan kecepatan bisa bekerja menjadi satu kesatuan dalam sebuah mobil? Jawabannya adalah bisa. Lihat saja mobil balap F1, ternyata untuk menjadi siapa yang star nya paling cepat dan melesat bagai kilat saat on fire ternyata di mesinnya tergabung Torsi dan Horse Power (HP).

Sekarang pertanyaan terbesarnya adalah; untuk beli mobil kelas harian harus pilih yang mana, mau torsinya yang besar atau fokus pada kecepatan saja? Maka jawabannya sangatlah simpel; menurut Iwan Abdurahman, Section Head Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menyarankan untuk memilih mobil dengan torsi besar jika aktifitas sehari-hari berada di dalam kota, tapi kalau sering jarak jauh, luar kota, yang jalannya cenderung aspal maka pilihan mobil bertenaga besar adalah pilihan yang tepat.

Dari kedua pilihan tadi tentu kita jadi paham mobil mana yang dibutuhkan untuk dipakai sehari-hari. Tapi untuk mendapatkan kekuatan keduanya pilihlah mobil keluaran Eropa karena rata-rata didesain menghasilkan torsi dengan rpm rendah flat. Misal torsi maksimal 300 Nm mulai 1.800 - 4.900rpm. Tenaga tidak akan pernah kosong mulai dari tarikan bawah sampai atas.




Sebuah opini
Reff. tkp
Img. Gugel



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 18-12-2021 23:23
screamo37
g4zza
provocator3301
provocator3301 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
7.1K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Tampilkan semua post
AnkaKalistaAvatar border
AnkaKalista
#12
emangnya innova lbh kenceng drpd pajero sport? emoticon-Bingung
iskrim
satnussakti
satnussakti dan iskrim memberi reputasi
2
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.