Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Kuy Kita Pahami "Customer Journey", Berikut Case Nyata Sederhananya ‼️

onee643Avatar border
TS
onee643
Kuy Kita Pahami "Customer Journey", Berikut Case Nyata Sederhananya ‼️
◦•●◉✿ Hai Sohib reader sekalian ✿◉●•◦

Berjumpa lagi dengan thread ane, di platform tercinta ini.

Mengenal berbagai peristilahan beken di dunia bisnis itu paling enak dengan contoh yang simple, sederhana, agar bisa dipahami dengan baik.

Pada kesempatan kali ini kami mencoba memberikan contoh sederhana gimana Customer Journey itu.

Kuy Kita Pahami "Customer Journey", Berikut Case Nyata Sederhananya ‼️
Gambaran customer journey. Sumber gambar

Kali ini tokoh yang kita pakai sebut saja Bunga.

↤↤↤↤↤ __________ ↦↦↦↦↦

Suatu ketika bunga sedang berjalan di trotoar, menempuh perjalanan dari kantornya ke rumah.

Ketika di suatu ruas jalan perkotaan, secara tidak sengaja dia melihat banner besar di sebuah gedung, yang memperlihatkan sebuah handphone keluaran terbaru. Katakanlah mereknya Fur seri 643.

Saat melihatnya pertama kali, untuk sesaat si Bunga yang suka ke ingat mantannya cukup tertarik sama banner tersebut. Karena gambarnya menarik ada artis gantengnya. Lalu dia pun melanjutkan perjalanan dan lupa apa yang dia lihat siang itu karena sedang asyik dengan aktivitas sehari-hari.

Beberapa hari kemudian saat dia melihat konten dan membaca berbagai thread di Kaskus, sebuah platform fenomenal yang nggak tergerus waktu dan dicintai banyak orang, secara enggak sengaja dia melihat lagi sebuah iklan yang memperlihatkan smartphone Fur seri 643 dengan berbagai fiturnya yang ternyata menarik.

Dia pun teringat pernah melihat banner serupa beberapa hari yang lalu. Hatinya pun berdecak kagum. Jangan-jangan smartphone inilah pengganti mantan kemarin yang udah masuk ke laut tenggelam ke palung terdalam, hancur tubuhnya gara-gara tekanan dalam air laut.

Kuy Kita Pahami "Customer Journey", Berikut Case Nyata Sederhananya ‼️
Amggap aja mantannya jahat, sumber gambar

Dengan semangat si Bunga yang memang menyadari saldonya ada beberapa milyar dollar, mencoba kepo lebih lanjut tentang HP keluaran baru dengan merk + seri tersebut di website official brand nya.

Selain bertanya ke beberapa teman dan sahabatnya serta ke beberapa Kaskuser enaknya beli handphone apa.

Setelah membaca berbagai fitur dan semakin ingin membelinya, dia berlanjut ke ulasan-ulasan di beberapa website lainnya yang berangkat dari para konsumen yang memilikinya.

Akhirnya dia menetapkan pilihan membeli smartphone tersebut sebagai pengganti mantan kemarin yang rese. Lalu dia beralih ke Kaskus jual beli untuk menemukan orang yang menjual handphone tersebut.

Begitu menemukan, dia pun segera melakukan order, membayar, sang penjual online mengirimkannya ke rumah si Bunga. Si wanita berbau harum ini pun merasa senang dan nyaman dengan smartphone barunya.

↤↤↤↤↤ __________ ↦↦↦↦↦

Gambaran real nyatanya udah sekarang kita tinggal mengulasnya pelan-pelan.

Customer journey arti simple-nya perjalanan pelanggan mulai dia enggak tahu sama sekali sebuah produk, mulai tahu, tertarik & mulai kepo, kemudian melakukan closing (pembelian).

Touch point

Ketika kita melihat si Bunga sebagai orang yang awalnya belum tahu ama sebuah produk, awal touch point nya ada di iklan banner yang tanpa sengaja dia lihat saat berjalan di trotoar perkotaan.

Touch point kedua terjadi saat dia melihat sebuah ads ketika sedang memandangi layar handphone.

Sedangkan getaran hati dia yang kesekian kali terjadi saat dia mulai kepo dan bertengger ke website official brand tersebut.

Kuy Kita Pahami "Customer Journey", Berikut Case Nyata Sederhananya ‼️
Banyaknya iklan di jalanan, berjajar berjubel di dunia nyata maupun dunia online merupakan usaha dari para pebisnis agar meraih touch point di benak banyak orang, sumber gambar

Mari sekarang kita beranjak ke fase customer journey alias tahapan perjalanan customer.

Awareness

Tahap paling awal ini adalah fase dimana seseorang yang awalnya belum tahu sama sekali mengenai sebuah produk akhirnya jadi tahu. Kita istilahkan impresi awal.

Quote:


Consideration

Fase ini di mana si customer mulai tertarik kemudian mulai membandingkan antara smartphone yang satu dengan yang lainnya, dalam artian global mulai membandingkan fitur dan lain-lain sebuah produk sebelum menjatuhkan pilihan dan beranjak ke closing alias pembelian.

Quote:


Riset

Si customer mulai kepo abis dengan produk. Lalu tergerak untuk menganalisa sebelum menjatuhkan pilihan.

Quote:


Purchase

Merupakan tahap di mana customer telah menjatuhkan pilihan kemudian melakukan pembelian produk terkait.

Quote:


Begitulah contoh case nyata bagaimana customer journey alias perjalanan pelanggan mulai nggak tahu, jadi tahu, mulai tertarik, kepo, akhirnya melakukan pembelian.

Semoga dengan ulasan singkat diatas cukup bisa memberi gambaran sehingga dari Agan dan Sista semua ketika hendak melangka/merintis dunia bisnis bisa menjadikannya acuan dasaran untuk meraih cuan yang tak terhingga dan continue.

Pernahkah merasakan alur demikian dalam mengenal sebuah produk? Nanti kita bisa diskusi bersama di kolom komentar.

Selamat beraktifitas, semoga dijaga Tuhan selalu dimanapun kapanpun.

Amin.




Furqon643
meri09
nelise08
nelise08 dan meri09 memberi reputasi
2
1K
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
Tampilkan semua post
meri09Avatar border
meri09
#3
bagus buat tambahan ilmunya gan makasih gan
onee643
onee643 memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.