Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mx667Avatar border
TS
mx667
Share Pengalaman Dapat Pekerjaan Sebagai Programmer
Ada yang tanya mengenai pengalaman saya bisa dapat pekerjaan sebagai programmer, gimana ceritanya saya dapat pekerjaan sebagai programmer. Barangkali dengan adanya pengalaman saya ini bisa menjawab rasa penasaran atau membantu kamu yang mau jadi programmer. Mungkin juga ada teman - teman lain atau agan - agan disini mau share pengalaman (darimana dapat lowongan, proses apa saja yang dilalui sampai bekerja).

Share Pengalaman Dapat Pekerjaan Sebagai Programmer




Apa saja yang diperlukan

Seperti yang sudah saya ceritakan di beberapa konten saya sebelumnya, untuk jadi programmer pastinya perlu belajar dulu mengenai bahasa pemrogramannya, framework-nya, kemudian buat project pribadi untuk mengisi portfolio kita. Setelah semua proses itu selesai, yang saya kerjakan yaitu mulai mencari lowongan kerja. Saya cari lowongan kerja itu biasanya gak susah sih, cukup dengan lihat - lihat di media sosial seperti Instagramdan grup Facebook saja.

Sebelum jadi programmer, udah beberapa kali saya melamar berbagai pekerjaan, dan udah beberapa kali juga saya mendapat beberapa pekerjaan dari media sosial seperti IG dan FB. Makanya saya putuskan untuk mencari pekerjaan programmer ini dari media sosial juga.



Tempat cari lowongan

Saya gabung di beberapa grup Facebook. Topik atau nama grup Facebook yang saya masuki adalah sebagai berikut:

  1. Grup FB Lowongan Kerja Semarang (karena kebetulan saya tinggal di kota Semarang)
  2. Grup FB JavaScript Indonesia
  3. Grup FB React JS Indonesia (karena kebetulan waktu itu saya belajarnya React JS)
  4. Grup FB bahasa pemrograman lain seperti PHP
  5. Grup FB framework lain seperti CodeIgniter, dll
  6. Grup FB Kami Kerja Remote


Kalau saya lihat di media sosial itu lowongan pekerjaan untuk programmer ada sangat banyak, begitu juga dengan lowongan untuk desainer dan content creator.



Cara nyari kerja

Kadang saya juga menulis sesuatu di kotak pencarian Facebook, misalnya "lowongan kerja React JS". Saya biasanya filter ke postingan 1 bulan terakhir. Karena saya pikir kalau ada lowongan kerja yang diposting tahun lalu, pastinya udah terlalu lama dan kemungkinan besar udah tutup lowongannya. Waktu itu karena saya butuh duit, orangtua juga udah di-PHK gara - gara Corona. Saya pikir saya harus dapat kerjaan secepatnya. Kebetulan ketemu satu job sebagai React JS Developer di salah satu grup Facebook, waktu itu saya ingat ada di grup React JS Indonesia, postingannya masih saya simpan sampai sekarang, untuk kenang - kenangan, hehe.

Share Pengalaman Dapat Pekerjaan Sebagai Programmer


Kerjanya diminta untuk onsitedi Bandung, saya tertarik dengan kata - kata "Lokasi Bandung, akan difasilitasi tempat untuk tinggal bila lokasi di luar Bandung dan siap melakukan onsite di luar Bandung" pada lowongan kerja tersebut. Akhirnya saya berpikir: "Ah gak apa - apa kerja di Bandung merantau, kan disana dikasih tempat tinggal, jadi lebih hemat biaya. Toh saya juga perlu pekerjaan secepatnya, jadi saya ikut kirim email saja."

Saya lupa waktu itu kirim berapa email ke berapa perusahaan, tapi yang jelas keesokan harinya langsung ada 3 email balasan yang masuk. Email pertama dari lowongan yang saya kasih tunjuk tadi, langsung bertanya ke saya bisa interview jam sekian gak, dan saya iyakan.

Waktu itu saya masih ingat, karena sangking barunya dapat pekerjaan sebagai programmer, atau belum pernah kerja di bidang ini, saya berdoa dulu, atau lebih tepatnya minta didoakan dulu sama teman saya atau sahabat saya yang jadi teman seperjuangan belajar pemrograman. Akhirnya kita berdoa bersama.

Proses interview berjalan sangat santai, saya cuma lakukan sedikit persiapan lihat dulu di YouTube dan baca - baca artikel di internet mengenai interview kerja sebagai programmer. Ternyata semua yang saya pelajari sia - sia karena interview berjalan terlalu santai, dan saya bersyukur karena itu. Pengen rasanya baca buku dulu mengenai coding interview ini, tapi mungkin nanti.



Pertanyaan - pertanyaan saat interview

Kalau gak salah, yang saya ingat, pertanyaan - pertanyaan pada saat interview sebagai berikut:

Quote:


Kebetulan posisinya saya sedang kuliah, maka saya bilang apa adanya di CV bahwa saat ini statusnya masih mahasiswa. Terus di lowongan kerja itu kan di bagian paling atas ada tulisan "Front End Developer - Experienced React JS Developer", saya berasumsi kalau mereka sedang cari orang yang udah berpengalaman, padahal saya masih baru (belum pernah kerja jadi Front-end sebelumnya), tapi saya nekat ajukan lamaran karena saya pikir: "Siapa tahu diterima."



Hati - hati pas cari kerja

Quote:


Jadi sebenarnya itu saja pengalaman saya bisa dapat pekerjaan sebagai programmer. Masalah gimana caranya, gimana proses belajarnya, itu sudah pernah saya bikin konten. Boleh dicari tahu sendiri di profil Kaskus saya ini atau di YouTube channel saya.



Terimakasih sudah mau membaca. Jangan sungkan untuk bertanya dan ngobrol dengan saya lewat PM Kaskus atau sosmed lain seperti Instagram saya:
https://www.instagram.com/anggakswr

Baca juga:

  1. Kuliah dan Sekolah Gak Efektif untuk Belajar Pemrograman HT
  2. Akhirnya Bisa Ngobrol dengan Pak Sandhika Galih HT
  3. Tips Belajar Pemrograman Secara Otodidak HT
  4. Sentimen Negatif Tentang Programmer HT
  5. Pernah Ada Project yang Gagal Gak? HT
  6. Enaknya Jadi Programmer Menurut Agan Ini HT
  7. Seberapa Penting Ngetik Cepat untuk Programmer? HT
  8. Cara Jadi Front-end Web Developer Modal Youtube HT
  9. Cara Jadi Web Developer Otodidak HT
  10. Mengenal title Attribute di HTML HT
  11. Saya Pilih Tailwind CSS HT
...ventisca...
RyuDan2255
qamancunian
qamancunian dan 24 lainnya memberi reputasi
25
8.3K
117
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.4KAnggota
Tampilkan semua post
benichajarAvatar border
benichajar
#39
Ane lulusan pesantren dan mau jadi pogrammer mustahilkah? Gan
mx667
mx667 memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.