Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
Lapor Hansip
23-09-2021 08:39

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

[ HT# 798 ]

Definisi iri kalau menurut KBBI adalah sifat seseorang yang tidak suka melihat orang senang, terlihat lebih baik darinya. Sifat iri memang menjadi bagian dari hati manusia, tinggal bagaimana kita menyikapi dan meredamnya dengan akal sehat.

Teorinya sih memang begitu mudah, terutama tapi bagi kaum mendang-mending khususnya para kaum hawa sifat ini itu sudah seperti mendarah daging. Mungkin bagi kelompok ini iri adalah bagian dari gibah yang kalau digosok semakin panas dan mengkilat, muehehe.

Sifat iri tidak mengenal usia, gender, dan strata ekonomi. Iri adalah universal sampai belahan dunia manapun. Itulah mengapa guru saya pernah berpesan ; "Kamu boleh iri pada seseorang, tapi iri dalam berlomba berbuat kebaikan adalah iri yang di cari,".

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

Situasi hati yang cemburu hingga memanas akibat di kompori teman se 'frekwensi' membuat seseorang bisa jadi berubah tabiatnya, perasaannya menjadi berlebihan, hilang akal sehat sehingga hidupnya selalu gelisah. Salah gaul dan kurang referensi, kah?

Tapi pernahkah kita yang antara tahu atau tidak pernah menjadi objek 'iri' mereka? Bagaimana kalau dibalik, kita diposisi mereka? Dan bagaimana reaksi mereka?

Tentu bukan sulap, bukan sihir... apa yang mereka lihat hanyalah hasil akhir yang kita capai. Mereka tidak tahu bagaimana berdarah-darahnya kita berjuang agar lebih baik dari kebanyakan orang.

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

Kalau kita diposisi mereka yang 'tukang iri' yang tidak senang melihat kekayaan kita, ketampanan- kecantikan kita, atau sesukses karir atau usaha kita seharusnya malah menjadi bahan bakar untuk bangkit dan menjadikan orang sukses itu sebagai panutan. Bukan di jauhi.

Sayangnya orang iri biasanya malas untuk belajar dan berusaha, mereka cenderung lebih nyaman dengan kehidupannya sekarang, tapi tidak ingin dikatakan orang pemalas, orang kelas rata-rata.

Saya teringat sebuah quote penuh makna dalam agama saya yang kurang lebih mengatakan "Tuhan tidak akan merubah nasibnya kaum itu jika mereka tidak ada usaha untuk merubah nasibnya".

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

Semoga saja siapapun mereka yang mempunyai sifat iri terhadap seseorang segera terbuka fikirannya. Menjadikan objek iri tersbut bukan sebagai musuhnya tapi sebagai contoh batu loncatan hidupnya agar lebih baik, bahkan mungkin justru lebih beruntung hidupnya. Who knows. TAMAT.


Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?
Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?
Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 

Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
Sering Ketemu Orang Ini, Gimana Kalau Kita Di Posisi Mereka? Berani Jawab?
24-09-2021 22:32
Ane sering nih om kayak gini.

Pernah sewaktu-waktu temen saya bilang "Enak banget hidup lo jalan jalan mulu."
Lah ane balikin aja "Enak banget hidup lo pegang duit tiap hari."
Nah posisinya dia kerja di perusahaan otomotif, kerjanya juga enak. Sementara saya kerjaannya di hutan naik turun gunung. Yang jadi masalah dia juga maniac gunung sama kayak saya, cuma sekarang waktunya terbentur sama kerjaan, jadi ya dia suka iri tiap saya maen ke gunung.

Belum tau aja dia, saya maen ke gunung itu bukan sekedar maen tapi kerja juga. Gak saya pungkiri juga sih, saya dulu juga pernah mikir enak ya jadi dia duit ada terus. Sementara saya gak pasti, kalo ada tamu ya berangkat, kalo lagi sepi ya nganggur.

Cuma saya udah sadar, belum tentu pas saya kerja diposisinya dia, saya mampu. Pun dengan dia, belum tentu juga tiap hari naik turun gunung dia mampu. Jadi apa yang saya jalani ya saya sukuri. Yang tau kapasitas diri kita ya kita sendiri. Dan mulai sekarang saya gak pernah gitu berandai² "Enak ya jadi mereka, kayaknya enak ya hidup mereka, bla bla bla." Karena yang bisa jadi mereka ya mereka sendiri dan yang bisa jadi diri saya ya saya sendiriemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
Made In Kaskus
25-09-2021 06:19


Nice oom, gan... intinya nyadar kapasitas dirisendiri ya, kalau mau ada perubahan tanya lagi apakah kita mampu atau gak, kalau ragu mending tinggalin.

Tapi jangan terjebak di zona nyaman juga kadang kita perlu pengorbanan buat mengalahkan rasa khawatir dan tumbuh besar diatas kekhawatiran itu sendiri...
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Jokes & Cartoon
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia