Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
Lapor Hansip
21-09-2021 21:27

HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL

Gw sangat amat pemalu, tertutup, dan kesusahandalam bersosialisi.


 

Balik ke zaman SD-SMP gw punya pengalaman dipermalukan di depan umum, ditertawakan, dipandang remeh dan lain-lain. Akibatnya sekarang gw jadi pribadi yang gak pede, insecure, dan menutup diri. Gara-gara trauma masa lalu juga, cara gw bersosialisasi pun berubah.

Dulu (mungkin SD/SMP) gw inget, walaupun gw pendiem (memang dasarnya gw introvert) tapi gw masih bisa main sama yang lain, dan gw bisa ngomong. I mean, gw bisa mengutarakan pendapat gw secara bebas ke orang-orang tanpa rasa takut. Tapi sekarang? Nope,gw gak pernah mengutarakan pendapat gw ke orang/lingkungan baru. Gw diem aja. Gw baru berani terbuka kalau ke orang/lingkungan yang udah dekat.

Gw takut kalau gw “berbicara” gw bakal mempermalukan diri gw, gw bakal ditertawakan atau dianggep aneh, gw takut orang berpikiran aneh tentang gw. Makanya gw menarik diri dari lingkungan, gw menghindariinteraksi sosial.

Gw juga menghindari yang Namanya ngomong di depan umum. Kayak presentasi atau semacamnya. Gw bakal cemas, deg-degan, ketakutan, trus ada perasaan ingin menghilang tiba-tiba dari dunia ini.Makanya gw jarang banget ikut acara-acara semacam lomba, UKM, kegiatan sosial, dll.

Dengan adanya pandemic ini, sifat menutup diri gw semakin parah. Tambah parah karena kampus gw memberlakukan kuliah online sampai 4 semester. Jadi gw kuliah offline itu pas semester 1 dan semester 2 awal.

Di semester 1, gw gak ikut UKM apapun. Yg gw lakukan hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Kebanyakan hal yg gw lakukan pada saat itu maen hape doang (bahkan sampai sekarang). Dan di semester 3 gw mulai sadar, gw harus berubah. Gw harus ketemu orang, ngobrol, dll. Karena apa jadinya kalau gw gini terus. Maksud gw, ntar kalo gw kerja gimana? Kalau gw hidup di kosan baru gimana? Kalau gw gak bisa mengandalkan ortu lagi gimana? Ntar pas KKN? Pas sidang skripsi? Dan lain-lain.

Akhirnya gw join UKM yang sesuai minat gw. Tapi… walaupun gw udah masuk UKM itu, gw Cuma jadi pengamat di grup chatnya aja. Gw ga pernah nimbrung. Dan gw pun ga bisa nimbrung, karena GW GAK TAU GIMANA CARANYA NIMBRUNG OBROLAN??

It means, sama aja boong.

Gw sedih banget gan/sis, gw sedih banget. Gw pengen berubah! Karena itu pas ada lowongan untuk jadi pengurus UKM tersebut, gw ikut daftar. Tapi kecemasan ini gak hilang. Gw malah makin takut. Gw takut dengan apa yang terjadi nanti. Gimana nanti pas interview, gw harus jawab apa? Gimana gw bisa memecahkan suasana interview yang tadinya kaku jadi lebih luwes? Atau gimana caranya gw biar gak salah ngomong? Gak keselipet bicaranya?

Lalu kalaupun gw diterima jadi pengurus, gw kepikiran lagi gimana NIMBRUNGNYA? Dan bisa gak mereka-mereka itu jadi temen gw? Temen yang beneran temen bukan hanya say hidoang…

Dan gw pun kepikiran situasi yang paling buruk dari itu semua. Gw gak diterima jadi pengurus. Gw gak punya kesempatan lagi untuk aktif. Gw udah semester segini lagi aduh.

 

 

Ya gan/sis disini gw mau curhat sekaligus minta pendapat kalian semua. Pertanyaan gw adalah..

pertanyaan

 

BTW, tentang konseling ke psikolog, gw sebenernya mau nyoba konseling online lewat aplikasi riliv. Tapi ternyata harganya lumayan. Sekali konseling 100 ribu. Buat ane itu mahal ya, heheh. Menurut gan/sis, konseling online worthga sih? Kalo beneran bagus gw mau nyoba emoticon-Big Grin

 

Oke sekian dari ane. Makasih banget buat gan/sis yang udah nyempetin waktu buat baca. Dengan gan/sis baca aja pun gw merasa diperhatikan (senang rasanya kalau curhat kita didengar orang lain, seperti dapat perhatian ahahah emoticon-Big Grin).



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldirules1205 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk untuk memberikan balasan
HELP! KESULITAN DALAM INTERAKSI SOSIAL
22-09-2021 08:43
Aku juga dulu ngerasa kaya gitu. Susah sama yang namanya bergaul dengan orang lain. Bahkan sama keluarga sendiri pun ada rasa malu untuk berkomunikasi. Tapi, mau gak mau harus bisa bergaul dengan orang.

Dan yang aku lakuin pertama ya harus ada kemauan untuk berani dan mencoba untuk masa bodoh. Kadang yang buat diri tertutup itu karena takut tanggapan orang lain terhadap kita. Jadi, coba aja untuk cuek.

Coba untuk beraniin presentasi juga, hitung-hitung belajar PD ngomong di depan orang. Kalau emang kesulitan dalam ngomong di depan banyak orang, sebelum presentasi sudah disiapkan kata-kata yang mau diomongin. Belajar ala-ala ngomong di depan orang, walaupun sebenarnya gak ada orang. Buatku hal kaya gitu lumayan membantu sih. Siapkan juga jawaban dari pertanyaan yang "kemungkinan" bakal ditanya. Karena bagi orang yang sulit berinteraksi kemungkinan juga susah menyusun kata-kata (menurutku ya).

Kalau untuk bisa nimbrung dengan orang, aku juga masih bingung gimana caranya untuk langsung nimbrung. Karena selama ini punya teman pun kaya cuma kenal doang gitu, gak dekat. Susah memang bagi yang introvert untuk berubah jadi orang yang SKSD gitu.

Btw, itu cuma pendapatku ya.
0 0
0
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 08:58
"Karena bagi orang yang sulit berinteraksi kemungkinan juga susah menyusun kata-kata (menurutku ya)."

Gan bener ini ane banget. Mungkin karena gak dibiasain ya gan jadinya begini emoticon-Mewek.
0
profile picture
kaskus addict
22-09-2021 09:11
@tadakuni.eru Bisa jadi sih emang karena gak terbiasa ngomong ya. Makanya sebelum ngomong, aku suka nyusun kata-kata dulu di otak baru diucapin secara perlahan tanpa terburu-buru.
Bahkan sebelum masuk ke lingkungan yang baru pun suka kaya nyiapin "skenario" di otak, karena emang gak bisa langsung spontanitas gitu.
0
profile picture
kaskus holic
22-09-2021 17:42
@lupaterfamily sama ane juga suka begitu gan. Tapi kadang realita suka gak sesuai skenario, nah udah tuh, buyar semua. Pikiran langsung blankemoticon-Hammer
0
profile picture
kaskus addict
23-09-2021 14:08
@tadakuni.eru Kalau emang gak sesuai skenario, ya jalanin aja dulu. Sambil berharap ada orang ramah yang ngajak ngomong emoticon-Big Grin
Walaupun belum tentu ada orang ngajak ngobrol. Tapi ya percaya aja bakal ada waktunya nemuin orang yang enak diajak ngobrol. Apalagi dunia orang "dewasa" kayanya gak seseram "abege" yang kalau kita dijauhi satu orang, yang lain bisa ikut jauhin kita.
Berdasarkan pengalamanku sih gitu.
1
profile picture
26-09-2021 08:27
Kenapa sama banget sama kondisi hidup saya sekarang bang
Bedanya saya baru masuk kuliah dan tinggal di kosan terus susah banget gue berinteraksi dengan mereka
0
profile picture
kaskus addict
26-09-2021 10:03
@ndolugeohasm848 Gak paham dah kalau masalah dunia kostan. Karena emamg gak pernah ngekost 😁

Kalau interaksi dengan teman kuliah, kalau aku sih let it flow aja. Kadang ada masanya dimana aku bisa nimbrung sama obrolan teman, disitulah aku ikut nimbrung. Sambil sedikit demi sedikit mendekatkan diri ke teman. Karena kalau gak pernah coba ikut nimbrung ya bakal stuck di situ-situ aja.

Mumpung masih kuliah, coba belajar interaksi. Karena kalau sudah masuk dunia kerja bakal lebih sulit.
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
Stories from the Heart
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia