Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
Lapor Hansip
16-09-2021 14:47

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Huh… sudah seminggu ini air keran di rumah saya tidak jalan. Bukan hanya di rumah saya tapi di rumah sebelah dan rumah sebelahnya lagi juga tidak jalan. Tentunya air yang macet atau pemadaman listrik bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia karna setiap bulannya masalah yang sama bisa ditemui dari rumah ke rumah.

Di Indonesia sendiri air bersih amatlah diperlukan oleh setiap orang dan karnanya negara mengambil (memonopoli) sumber daya ini dengan PDAM, Perusahaan Daerah Air Minum. Tujuan utama dari monopoli usaha ini adalah untuk menjaga harga air tetap terjangkau karna menyangkut hajat hidup banyak orang. Meski demikian monopoli usaha seperti ini memiliki kerugiannya tersendiri, salah satu contohnya adalah kurangnya inovasi karna tidak adanya pesaing.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Mari ambil perusahaan sabun mandi sebagai contoh. Ada berbagai macam merek sabun di negara ini dan setiap merek haruslah bersaing untuk menarik perhatian pelanggan dan persaingan itu harus dilakukan dengan cara apapun. jika perusahaan lawan mengklaim bisa membunuh 99% kuman maka perusahaan lain akan mengklaim bisa membunuh 99,99% kuman. Jika perusahaan lawan mengklaim bisa menghasilkan busa sampai memenuhi bak mandi maka perusahaan lain harus mengklaim bisa menghasilkan busa yang cukup tebal untuk mengangkat manusia.

Singkatnya, persaingan itu ada untuk membuat sebuah produk terus berkembang namun dalam perusahaan monopoli tidak ada yang namanya pesaing sehingga meski pelayanannya buruk konsumen tetap tidak punya pilihan lain selain terus menggunakannya. Memang pemerintah memiliki layanan untuk komplain namun seberapa sering komplain kita dilirik? Toh meski air keran yang mengalir di rumah adalah air lumpur suara kita tidak akan didengarkan, kecuali sudah viral.

Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya

Hajat hidup banyak orang bergantung pada aspek aspek yang dimonopoli oleh pemerintah namun anehnya pemerintah seolah tak ingin memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Sungguh, saya sangat penasaran apa yang akan terjadi jika PLN atau PDAM punya saingan. Kerugian di pihak pemerintah memang sudah jelas namun mungkin masyarakat bisa lebih puas.

Sekian dari saya dan mandilah sebelum air di rumah kalian ikut macet seperti di rumah saya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nekoyashikki dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
Monopoli Bisnis Dan Segala Keburukannya
16-09-2021 18:40
Coba ane tanya sama TS... Kira2... Klo listrik diswasta kan...
1. Apakah mereka mau membuat infrastruktur aliran listrik ke pelosok yg sedikit org?
2. Apakah mereka mau memberi subsidi kepada rakyat miskin?
3. Apakah mereka mau kasih listrik gratisan ke rakyat super miskin?
4. Apakah mereka mau ngasih harga wajar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus geek
16-09-2021 19:04
Maybe not. Tapi kalo mereka swasta artinya bakalan ada pesaing yang mau melakukan semua itu demi mendapat lebih banyak pelanggan.
1
profile picture
Auto Banned
16-09-2021 19:48
@ih.sul atas dasar apa swasta pesaing melakukan itu? bakal kalah saing dg swasta yg tdk melakukan itu... Secara itu tindakan tdk menguntungkan... Menguras uang...otomatis.. Utk menutup biaya... Harga listrik dia lebih tinggi...
Pertanyaam berikutnya...pelanggan mana yg mau bayar tinggi?
2
profile picture
kaskus maniac
16-09-2021 20:15
Kalah saing lah sama pln , kalo mau pln dihilangkan baru para swasta bisa survive
1
profile picture
kaskus geek
16-09-2021 23:21
@TERA.SERVO emang dana awal pasti mahal tapi pasti bakal balik modal. Emang siapa sih yg pake listrik tiap hari?
1
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 05:58
Kalau mikirin subsidinya doang ya pasti kalah lah swasta. Mereka sokong pendapatan dari mana kalau di subsidi kyk pemerintah. Kalau pemerintah sektor pendapatannya lebih banyak makanya ada namanya subsidi buat nutupin.
2
profile picture
Auto Banned
17-09-2021 07:23
@awixcool
@kelikir12
klo PLN dihilangkan... Apakah ada swasta yg mau melakukan 4 hal itu?
2
profile picture
Auto Banned
17-09-2021 07:27
@ih.sul balik modal dr mana klo kalah harga sama swasta lain yg tdk melakukan 4 hal tsb?
swasta yg tdk melakukan 4 hal tsb... Mampu beri harga listrik murah. Krn ga ngeluarin modal banyak. Otomatis pelanggan nyari yg murah donk...
1
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 08:01
Sebenernya dah ada di kawasan industri pt listrik swasta khusus untuk perusahaan, Krena mreka tidak mau byarpet kaya pln walaupun hrg agak mahal dikit
1
profile picture
Auto Banned
17-09-2021 08:39
@awixcool tentu saja... Mrk cuma mau bikin listrik yg secara ekonomis menguntngkan... Mana mau bikin 4 hal yg ane tulis...itu merugikan... Cuma PLN yg mau.
1
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 09:05
Pantesan Wajar kalo merugi y PLN
1
profile picture
kaskus maniac
17-09-2021 16:01
Kalau negara mau, negara bisa bikin klausul narik kabel listrik ke daerah terpencil buat perusahaan swasta atau seperti yg banyak dilakuin negara lain, perusahaan negara yg bikin infrastruktur, kalau yg dipilih swasta sama pelanggan, perusahaan swasta tinggal bayar sewa.

Subsidi ke masyarakat bisa dilakuin langsung, bisa dilakuin secara umum, bisa pemberian dana langsung, bisa pembayaran langsung ke tagihan dari negara, macem2 lah.....kalau negara mau.
1
profile picture
kaskus addict
18-09-2021 17:49
Kalau diwajibkan oleh pemerintah sih bisa aja. Kalau gak mau ya ijinnya dicabut. Kan begitu emoticon-Big Grin

1
profile picture
kaskus maniac
18-09-2021 19:59
Yang penting itu peratutan jelas, adil, pemimpin pro rakyat. Mau siapa saja yang pegang hajat hidup orang banyak percuma kalo masih ga jelas hukumnya.


Contoh... Motor sekarang dominasi 2 merek honda yamaha coba lihat apakah harganya bisa murah tapi kualitas baik? Karena kartel dagang praktik kongkalikong sesama untuk kepentingan perut mereka.
1
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia