• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • AWAS.!!! SUPER SELLER BUKALAPAK Juga Banyak PENIPU, BL Menjual Rating Kepada PENIPU.!

sering.gilaAvatar border
TS
sering.gila
AWAS.!!! SUPER SELLER BUKALAPAK Juga Banyak PENIPU, BL Menjual Rating Kepada PENIPU.!
Kejadian Tidak Menyenangkan ini terjadi tanggal 6 September 2021, setelah sekitar 4 tahun menjadi User Langganan BUKALAPAK, bahkan sudah langganan investasi reksa dana dan emas nya di platform ini, jujur saya menjadi pengguna setia BL karena ada produk investasinya yang lebih banyak pilihan dari platform lain waktu itu (3 tahun lalu).

Tapi kepercayaan selama itu, harus berakhir karena satu masalah transaksi yang bermasalah dengan seller ( dengan badge SUPER SELLER ). Seperti kita ketahui, jika Level / Reputasi Penjual dimanapun eS E N S O Rmerce pasti ada, misal:

- Shopee = Star Seller
- Toko Pedia = SIlver - Gold - Diamond
- Lazada = Level 1-7

Jadi, jika kita ingin berbelanja di eS E N S O Rmerce, hanya dengan melihat Reputasi toko kita sudah bisa tau atau yakin, bahwa itu toko bagus atau jelek, terpercaya atau tidak, uang kita akan hilang atau tidak, dan barang kita dikirim sesuai pesanan atau tidak. 

Tapi Teori Tentang Reputasi toko Online tidak berlaku untuk BUKALAPAK, masalahnya, walau lapak sudah di beri emblem besar SUPER SELLER, tapi saya sebagai user lama BUKALAPAK, Masih bisa kena TIPU.

ini bukti bahwa badge SUPER SELLER di bukalapak di jual bebas, bahkan untuk penipu.


Dan ini toko yang saya beli produknya dengan label besar SUPER SELLER

Disitu Terlihat, Badge Super Seller dan juga histori penjualan toko, cukup meyakinkan untuk di beli bukan produknya.?

Tapi masalah muncul saat saya ingin melakukan cekout bembelian, muncul peringatan merah seperti ini.


Ada notice tulisan merah "Lokasi Lapak Terlalu Jauh", padahal saya menggunakan jasa pengiriman reguler.

"Bukannya semua expedisi online shop bisa dari dan ke seluruh indonesia" pikir saya waktu itu, jadi saya mencoba untuk menghubungi CS bukalapak, tapi gagal menemukan letak fitur live chat dengan CS ( silahkan cek aplikasi bukalapak anda, fitur livechat CS bukalapak lokasinya sangat tersembunyi, dan harus mengisi beberapa kuisioner terlebih dahulu ). Saya tau letak livechat dengan CS BL setelah dapat masalah ini (sebelumnya saya tidak pernah mendapat masalah di bukalapak).


Jadi saat itu, saya berinisiatif chat dengan penjual saja ("masalah lokasi lapak yang terlalu jauh"), karena lebih mudah dan juga melihat reputasi toko yang meyakinkan. Tapi itu juga membawa petaka bagi saya, dan harus kehilangan jutaan rupiah.


Lewat chat, penjual mengarahkan saya seperti SS dibawah ini:




Diakhir chat, saya sertakan bukti transfer, awalnya saya tidak merasa curiga karena tujuan transfer ke BUKALAPAK.

Tapi beberapa menit kemudian saya cek histori transaksi saya di aplikasi tidak berubah, dan barang yang saya masukkan keranjang belanja juga tidak berubah status. Saat itu saya cek lagi chat dengan penjual, dan saya mendapat kenyataan bahwa nomor Virtual Account Tagihan bukan atas nomor VA saya. Saat itu juga saya sudah mulai yakin bahwa penjual dengan status SUPER SELLER ini penipu.


Saat itu juga saya mencoba mencari fitur livechat dengan CS Bukalapak yang tersembunyi itu, tapi saya tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Akhirnya Selasa pagi tgl 7 September 2021 saya mendatangi kantor bukalapak di di jalan Ampera, Jakarta Selatan. Dengan kondisi PPKM, kantornya kosong hanya ada security, untung masih bisa di hubungkan dengan CS lewat video call.


Dan setelah melalui proses panjang dan penjelasan yang rumit, akhirnya uang yang sudah saya transfer dibekukan dan bisa kembali kepada saya walau hanya SETENGAH nya. karena setengah dari total uang yang saya transfer sudah di cairkan oleh penjual yang brengsek itu.


Surat Keterangan dari pihak Bukalapak

Untung saya tinggal di jakarta, jadi dekat dengan kantor Bukalapak, bagaimana jika pembeli yang tertipu tinggal di daerah yang jauh dengan kantor Bukalapak.? Sedangkan komplain masalah penipuan yang seperti saya tidak bisa di selesaikan hanya dengan Chat dengan Customer Care Bukalapak.?

Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi pelajaran atau pencerahan bagi calon User atau User aktif bukalapak saat ini. Bahwa transaksi di bukalapak sudah tidak seaman dahulu.

Status SUPER SELLER dan RATING Toko sudah tidak bisa lagi di jadikan acuan untuk yakin bahwa transaksi anda akan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Jujur saya sendiri tidak tau lagi apa harus di jadikan patokan bahwa toko A lebih bagus dari  toko B di Bukalapak. Yang ada di benak saya adalah, bahwa toko A dan toko B, semua jelek. karena memang sudah tidak bisa di bedakan.

Sekali lagi saya ingatkan melalui tulisan ini, untuk selalu berhati-hati untuk transaksi online, terutama di BUKALAPAK. Karena BUKALAPAK sudah tidak berwarna Merah-Putih lagi, tapi sekarang berwarna Abu-Abu ( Warna MERAH nya sudah pudar emoticon-Ngacir Tubrukan), Baik Buruk nya disana sudah tidak bisa di bedakan lagi.

Terima kasih untuk agan-agan sekalian yang sudah mau membaca curhat saya, berat rasanya untuk memendam perasaan dan kekecewaan ini untuk diri sendiri, jadi lewat kaskus yang kita banggakan ini saya ingin membaginya. 




Diubah oleh sering.gila 07-09-2021 15:05
mr.buky
aine.yennni
ashrose
ashrose dan 22 lainnya memberi reputasi
23
8.2K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Tampilkan semua post
jaejaeAvatar border
jaejae
#46
Sedikit mau share aja n bagi2 pengalaman, tapi ini kejadian via olx bukan bukalapak dan posisi aye sebagai seller, jadi aye jual barang via olx kemudian ada yg langsung wa aye nanya barang masih ready dsbnya, karena screenshoot nya uda aye hapus jadi aye coba reka ulang percakapannya :

p : penipu a:aye

p : barang masih ready gan?
a : ready gan
p : besok bisa langsung kirim gan?
p : saya posisi di bekasi
p : uangnya langsung saya transfer sekarang
a : wadu bekasi ya, mau cod atau lwt ecommerce aja gan?
p : ngk usa gan, saya langsung transfer aja sekarang
p : barang ok kan
a : barang ok gan mulus, ini serius mau langsung transfer ?
p : iya gan serius, minta nomor reknya
a : BCA a/n *************** itu reknya gan
p : ok gan, biar saya bisa percaya sama agan, bisa tolong fotoin kartu atmnya?
p : ini saya fotoin punya saya biar sama2 percaya
a : lah buat apa gan foto atm, saya ngk mau, kalo mau via toped aja (disini aye uda mulai curiga karena minta foto atm, dan setelah searching2 ternyata ada juga kasus kyk gini)

sampai sini aye kerjain tu seller kirim foto kartu timezone, trus tu pembeli ngamuk2 kagak jelas dan akhirnya aye blok n hapus tu chat, setelah aye cek di olx yg liat nomor hp aye ternyata akun yang baru dibuat.

tips dari aye, jangan perna kirim foto ktp dan atm keorang tidak dikenal, pastikan sistem cod ditempat keramaian atau ngk via ecommerce, tetap fokus ketika ada chat dr penjual/pembeli buat menghindari jebakan betmen, mungkin agan yang lain bisa tambahin.
BIKErs.LiFe
99tata99
jiresh
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.