News
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
Lapor Hansip
30-07-2021 17:09

Rusia Berhasil Docking Modul Naoka ke ISS, Cina: Boleh Juga Rusia

Rusia Berhasil Docking Modul Naoka ke ISS, Cina: Boleh Juga Rusia
Foto ilustrasi modul Naoka | middleest.in-24.com


Sebuah laporan yang disampaikan pada hari Kamis, 29 Juli 2021, yang mengungkapkan jika Badan Antariksa Rusia atau lebih dikenal dengan nama Roscosmos, telah berhasil meluncurkan dan menghubungkan modul "Naoka" secara langsung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Atas keberhasilan tersebut, pihak manajemen Roscosmos sudah mengumumkan keberhasilan tersebut. Pihak Roscosmos juga menyampaikan jika misi ini adalah misi yang luar biasa, dimana sebelumnya misi ini sempat tertunda selama 15 tahun akibat beberapa faktor teknis.



Melalui akun Twitter resminya Roscosmos menyatakan, bahwa proses docking Naoka + unit layanan + Svezda + dari Stasiun Luar Angkasa Internasional berjalan dengan mulus.

Dan Badan Antariksa Rusia tersebut mengatakan, jika data pengukuran menunjukkan bahwa sistem modul Naoka berjalan secara normal dan data mencatat bahwa proses docking berlangsung pada pukul 16:29 waktu Moskow, Rusia.

Rusia Berhasil Docking Modul Naoka ke ISS, Cina: Boleh Juga Rusia
Foto ilustrasi peluncuran roket Proton-M | pakistanchristian.tv


Modul Naoka beroperasi penuh dengan terintegrasi ke dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional, Roscosmos mengatakan untuk pengangkatan Modul Naoka menggunakan roket "Proton-M", pada 21 Juli 2021, dari landasan roket Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan.

Roscosmos juga menjelaskan bahwa nama Naoka memiliki arti "sains" jika dalam bahasa Rusia. Peluncuran modul ini bertujuan untuk menjadi laboratorium utama Rusia di ISS, disamping itu Naoka juga akan menjadi tempat penyimpanan kargo yang diantaranya untuk peralatan pengisian air dan oksigen. Naoka juga akan menjadi tempat tinggal para astronot karena sudah menyediakan toilet tambahan dan tempat tidur untuk astronot Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Rusia Berhasil Docking Modul Naoka ke ISS, Cina: Boleh Juga Rusia
Foto ilustrasi ISS | bgr.com


Naoka merupakan modul pengganti modul Pierce yang sebelumnya terbakar di atmosfer Bumi di atas Samudra Pasifik setelah 20 tahun beroperasi. Modul Pierce bergabung dengan stasiun luar angkasa International pada tahun 2011.

Menurut laporan perakitan Naoka ini seberat 20 ton yang dimulai pada 1990-an, tetapi peluncurannya tertunda yang semula dijadwalkan pada 2007. Modul Naoka memiliki volume 70 m2 yang membuat Naoka menjadi salah satu modul terbesar yang tergabung dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Luar biasa, sepertinya negara maju berlomba-lomba ingin eksplorasi luar angkasa dengan menggunakan teknologi canggih negara masing-masing.

Catatan: Nama Nauka digunakan di Rusia dan Naoka digunakan di luar Rusia.



Referensi: newsbeezer.com - Russia’s Naoka docks at the International Space Station
Diubah oleh Sambelterasi052
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Benyamin90 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
Rusia Berhasil Docking Modul Naoka ke ISS, Cina: Boleh Juga Rusia
03-08-2021 13:25
Rusia mah udah ahli soal ginianemoticon-Cool
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia