manusiagatek
TS
manusiagatek
Apa yang Orang Korea Pikirkan tentang Operasi Plastik di Negaranya?
Apa yang terbesit di pikiranmu saat mendengar kata korea selatan? K-Pop atau Drama korea? K-pop dan drama korea memang sedang melanda hampir seluruh dunia. Para penggemar drama pasti tahu drama korea yang sedang hits serta artis-artis yang terlibat di dalamnya. Tapi, korea selatan punya hal lainnya yang sangat mendunia, yaitu operasi plastik.

Hal ini bisa jadi karena orang korea sangat memperhatikan penampilan, sehingga mereka memiliki standar cantik atau tampan versi rakyat korea. Standar cantik atau tampan bagi rakyat korea, yaitu hidung kecil nan mancung, mata besar, bentuk muka v dan berkulit putih. Jika mereka terlahir dengan bentuk wajah yang bertolak belakang dengan standar kecantikan rakyat korea, ini akan menjadi motivasi pribadi untuk melakukan operasi plastik.

Tapi, apa tak penasaran apa yang orang Korea pikirkan tentang operasi plastik?

1. Operasi plastik bukan hal tabu



Bagi orang korea, operasi plastik adalah hal yang biasa dan karenanya tidak usah merasa malu. Hal ini tentu bertolak belakang dengan kondisi di beberapa negara lainnya. Di beberapa negara lainnya, pasien yang melakukan operasi plastik cenderung merasa malu karena dianggap tabu oleh masyarakat sekitarnya. Sehingga, para pelaku oplas ini cenderung tidak mau mengakui jika telah melakukan oplas. Lain halnya dengan Korea Selatan. Para orang tua bahkan bangga Jika anaknya menjadi cantik atau tampan setelah melakukan operasi plastik.

2.Biaya Operasi plastik di Korea hanya 37 juta, murah kan?



Tindakan operasi plastik memang tidak akan memakan biaya yang sedikit. Setidaknya, jika dibandingkan biaya operasi plastik di Amerika yang menghabiskan sekitar Rp.137 juta, biaya oplas di Korea jauh lebih murah. Di Korea pasien cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp.37 juta untuk mendapatkan wajah sempurna.

3. Operasi kelopak mata sebagai hadiah ulang tahun ke 17



Aneh tapi nyata!! Para remaja di korea selatan umumnya lebih suka hadiah ulang tahun berupa ijin operasi wajah daripada barang-barang mewah lainnya.
Juga, operasi wajah sebagai hadiah kelulusan SMA menjadi hal yang lumrah di Korea sebagai penghargaan atas kerja keras mereka.

Umumnya, untuk usia remaja, tindakan operasi yang dilakukan berupa operasi kelopak mata. Memiliki mata besar merupakan impian sebagian rakyat korea. Karena mata besar merupakan salah satu standar cantik atau tampan rakyat korea.

4. Operasi plastik sebagai syarat mencari pekerjaan



Banyak orang Korea percaya penampilan fisik yang menarik akan membawa keberuntungan dalam mencari pekerjaan. Oleh karenanya banyak juga para calon karyawan kantoran yang menjalankan prosedur operasi plastik demi mendapat pekerjaan.

Jadi, di Korea selatan berpenampilan menarik berlaku untuk semua kalangan dari berbagai profesi. Berlaku untuk profesi pegawai kantoran, karena banyak perusahaan di korea yang menjadikan penampilan sebagai salah satu poin penting syarat diterimanya lamaran kerja seseorang. Juga berlaku untuk profesi yang bergerak di bidang seni seperti artis, penyanyi, dll.

5. Pria maskulin berarti menarik dan muda



Jika pada umumnya yang menggemari operasi plastik adalah kaum hawa, maka tidak demikian dengan Korea Selatan. Bagi rakyat korea selatan, berpenampilan menarik berlaku untuk semua kalangan termasuk pria. Menurut pandangan umum, pria yang maskulin adalah yang berdada bidang, berotot, tinggi, perkasa, hal ini tidak berlaku di Korea. Bagi umumnya masyarakat Korea, maskulin dapat diartikan penampilan yang menarik dan muda.

Tidak heran banyak pria korea yang menjalankan prosedur operasi plastik demi menunjang penampilan sehingga memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan apa saja. Tidak heran juga  banyak pria Korea menggunakan krim wajah, pelembab wajah, eye shadow hingga lipstik ketika wawancara kerja. Namun, make up pria jika dibandingkan wanita jauh lebih tipis sehingga hanya akan memberi kesan wajah lebih segar dan muda.

6.Oprasi kelopak mata yang paling diminati remaja



Oprasi kelopak mata merupakan operasi yang paling banyak diminati orang Korea, terutama remaja sebagai hadiah dari orang tuanya pasca lulus SMA atau hadiah ulang tahun. Pasalnya, operasi ini cenderung lebih murah, pasien bisa langsung pulang ke rumah pasca operasi dan luka lebam pasca operasi relatif singkat, hanya 1 minggu.

Operasi kelopak mata di Korea yang digandrungi remaja pasca lulus SMA bukan tanpa alasan. Biasanya mereka ingin terlihat rupawan saat mulai duduk di bangku kuliah. Selain itu, operasi kelopak mata merupakan tindakan yang paling relevan untuk untuk usia remaja. Usia remaja merupakan usia yang sedang dalam masa pertumbuhan, oleh karenanya tindakan seperti operasi hidung, rahang dan operasi lainnya yang melibatkan tulang sangat dihindari.

7. Saking banyaknya permintaan operasi plastik dokter bedah plastik jadi kurang



Wah kok bisa ya, Korea Selatan yang terkenal dengan Operasi plastik dan bahkan mendunia masih kekurangan dokter bedah plastik. Bahkan, di Korea seorang dokter spesial di bidang lain diperbolehkan secara resmi berpindah ke bidang operasi plastik.
Asal tahu saja, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan  Operasi Plastik di Korea. Tidak hanya permintaan dari Korea Selatan itu sendiri loh. Banyak juga permintaan operasi plastik yang berdatangan dari negara lainnya.

Referensi tulisan

https://www.liputan6.com/citizen6/re...-korea-selatan

https://m.kumparan.com/kumparanwoman...ya-1tVGAdJqdjv

Referensi gambar

https://www.idntimes.com/health/fitn...orea-selatan/1
https://finance.detik.com/moneter/d-...um-jadi-rupiah
https://www.infia.co/news/wow-orang-...n-ini-Vp0MjWTy
https://cewekbanget.grid.id/read/061...minat?page=all
https://www.idntimes.com/hype/entert...k-daun/full/10
https://www.boombastis.com/sekolah-k...-selatan/48792
https://medan.tribunnews.com/2018/10...nding?page=all
Diubah oleh manusiagatek 10-07-2021 23:54
risman88jireshKaurika2004
Kaurika2004 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
8.6K
113
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Korea Selatan
Korea Selatan
Korea Selatan
icon
833Thread325Anggota
Tampilkan semua post
daisukeasakura
daisukeasakura
#1
harusnya kalo demand bedah plastik tinggi, tarif naik, gaji dokter alih spesialisasi juga naik mestinya.

dan banyak yg ga paham tentang bedah kecantikan ini, gw ga paham sih kenapa ada kata plastiknya, pastinya bedah kecantikan ga selalu plastik/silikon. contohnya rhinoplasty, bedah ringan tulang rawan hidung biar ga pesek2 amat lah, bermanfaat jg buat kesehatan pernapasan krn rongga pernapasan agak legaan dikit.

yamemang ada yg ngeri jg, ada yg sampe bedah rahang, lu bayangin aja tulang rahang dipotong, au dah itu dipotongnya pake apaan dan gimana caranya emoticon-Takut
Diubah oleh daisukeasakura 15-07-2021 22:50
putwooEriksaRizkiMjiresh
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tutup
Hot Threads
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.