Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
Lapor Hansip
14-06-2021 05:19

Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat

Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Mereka penasaran sehingga sering bertanya kepada orang tua. Satu pertanyaan yang sering membuat orang tua atau orang dewasa bingung adalah pertanyaan tentang seks!
 
Salah Tingkah
 
Sebagian orang tua salah tingkah apabila mendapat pertanyaan “Seks itu apa?” Om, Tante, Paman, Bibi juga mengalami kebingungan saat keponakan bertanya seperti itu. Hal ini dapat dimaklumi karena orang dewasa yang ditanya tumbuh besar pada era informasi terbatas, tidak sederas saat ini.
 
Saat anak bertanya tentang seks, ada orang tua yang balik bertanya dengan nada tinggi: “Stttt... kamu dengar dari mana soal itu?” Reaksi orang tua seperti ini malah membuat anak takut dan enggan mempertanyakan soal seks lagi.
 
Mereka kemudian bertanya pada mesin pencari di internet. Mesin memberikan rekomendasi laman berdasarkan algoritma tertentu. Padahal isinya belum tentu valid. Anak membaca dan percaya begitu saja. Dampaknya bisa lebih berbahaya daripada jawaban dari orang tua.  
 
Dokter Aisah Dahlan pada satu tayangan Youtube Rumil Al Hilya memberikan saran tentang pertanyaan anak tentang seks. Berdasarkan pengalamannya memberikan pendidikan seks pada anak-anak, sebagian besar anak-anak dan juga orang dewasa memaknai seks sebagai hubungan intim suami istri. Padahal menjelaskan persoalan hubungan suami istri kepada anak-anak belum tepat.
 

Penjelasan Sederhana

Orang tua sebenarnya tidak perlu bingung. Tanggapi singkat saja dengan memberikan jawaban berdasarkan asal katanya.
 
Jelaskan saja seks kepada anak secara harfiah: seks berasal dari bahasa latin sexus, artinya jenis kelamin. Seperti itu sudah cukup.
 
Kongkritnya bisa ambil paspor, lihat kolom bioadata. Di bawah name biasanya ada sex. Apabila anak tidak bertanya lagi, berarti rasa ingin tahunya sudah terpenuhi. Jika anak lanjut bertanya, orang tua dapat menjelaskan sesuai usia perkembangan anak.
 Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat

Misalnya saja, pertanyaan anak berlanjut ke soal seksualitas dan hubungan seks. Berikan saja jawaban seperti ini.
 
Seksualitas adalah masalah yang berhubungan dengan jenis kelamin. Termasuk soal pertumbuhan jenis kelamin dan pubertas. Hubungan seks artinya hubungan jenis kelamin. Hubungan antara laki-laki dan perempuan.
 
Sikap tenang dan serius yang menyertai penjelasan orang tua, membuat anak percaya. Orang tua tidak main-main dengan penjelasannya. Anak puas dengan jawaban orang tua. Kepuasan jawaban dari orang tua ini penting sehingga anak menjadikan orang tua sebagai pemuas rasa ingin tahunya. Bukan lari ke internet.

Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat

Satu hal yang penting juga, orang tua harus selalu up date. Membekali diri dengan berbagai pengetahuan, sehingga selalu siap dengan jawaban bijak saat anak bertanya. Bukan sekadar asal menjawab saja.
 
Semoga bermanfaat bagi Agan dan Sista yang sudah memiliki anak. Buat happy jomblo bisa terapkan jawaban di atas kepada keponakan atau anak tetangga juga. Ingatlah, anak-anak belum berpikir komplek seperti kita orang dewasa.  




emoticon-Ultah

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Sumber 123
Foto : Freepik







Boleh Baca Juga



Orang Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum


Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat






Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat

Diubah oleh Kokonata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat
17-06-2021 11:09
seks itu alami
tak perlu diajarkan pada anak-anak
anak-anak itu kalau mau dewasa otomatis bisa tahu sendiri tentang seks

kalau kita anak-anak zaman dulu sebelum internet
pertama kenal seks waktu SD baca buku enny arrow
waktu SMP baru mulai lihat video kaset porno
dan SMA udah praktek main seks dengan pacar
emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia